Inilah 10 Tahap Mudah Cara Membuat Bonsai Kelapa Mini

Bonsai merupakan tanaman yang sering kali dijadikan sebuah hiasan yang unik sehingga dapat menjadikan rumah Anda terlihat tambah indah.

Karena dari tumbuhan bonsai yang kita miliki ini dapat memberikan sebuah kesan yang sangat mewah dan klasik di dalam rumah kita.

Tanaman bonsai ini dapat saja terbentuk dari berbagai tumbuhan apa saja asalkan dapat memunculkan sebuah nilai estetika yang unik indah dan kreatif pada setiap bahan-bahannya.

Pada kesempatan kali ini kami ingin menyampaikan salah satu jenis atau sebuah karya bonsai yang patut untuk kita buat dan kita rawat sendiri, yaitu sebuah cara membuat bonsai kelapa.

Tanaman Bonsai Kelapa

Bonsai yang satu ini adalah bonsai kelapa yang sekarang ini sangat di gemari oleh para penggemar tanaman bonsai. baca : cara membuat bonsai bercabang

Bonsai kelapa ini mempunyai nilai estetika yang tinggi dari struktur dan juga bentuknya yang sangat elegan serta menarik hati kalau kita pandangi. apa lagi jika nantinya sudah selesai kita buat, pastinya sangat indah dan menawan.

Selain nilai estetika, kelapa ini tergolong bonsai yang sangat praktis dalam proses pembuatannya, karena itulah samapai saat ini banyak sekali yang menggemari tanaman bonsai kelapa ini.

Cara Membuat Bonsai Kelapa Mini

Hal yang utama Anda perlu siapkan untuk menciptakan bonsai kelapa mini ini adalah siapkanlah bahan bonsai kelapa yang standar yang berkualitas, yaitu tunas kelapa yang telah tumbuh tunasnya kira-kira tinggi tunas masih 5 cm.

Ada aneka macam jenis kelapa yang sering untuk dijadikan bahan bonsai kelapa yang berkualitas bagus dan baik. Kami sarankan agar Anda pilih kelapa yang sudah tumbuh tunasnya dan tentunya sehat dan segar (fresh).

1. Sebaiknya sebelum Anda memulai mengupas sabut kelapa tersebut, Anda dapat merendam tunas kelapa tadi di air tapi dengan catatan jangan sampai merendam tunasnya karena bahaya dapat menyebabkan tunas kelapa tadi mati.

2. Anda bisa merendamnya kira-kira 1-2 jam. Fungsi dari perendaman ini supaya sabut kelapa dapat terbuka atau dapat merenggangkan sabut kelapa dari semula padat dan keras insya allah  kalau sudah di rendam pasti mudah.

3. Bukalah sabut kelapa dari bahan kelapa yang telah kita siapkan tadi secara perlahan-lahan dan usahakan jangan sampai melukai  akar yang telah tumbuh ya, kira-kira 3-4cm.

Untuk membuka sabut kelapa ini banyak cara kok, Anda bisa coba menggunakan alat seperti gunting, sendok , pisau Cutter, dan juga golok.

4. Langkah selanjutnya, untuk membentuk sebuah bonsai kelapa ,kita bisa membersihkan setiap serabut kecil yang sudah melekat di batok kelapa.

Dengan menggunakan pisau Cutter tadi  kita dapat mengerok batok kelapa yang sudah kita buka sabut kelapanya dengan hati-hati agar jangan sampai tunas dan akar kecil yang baru tumbuh terluka dan bahkan patah.

5. Biasanya setelah dilakukan pembersihan dengan Cutter, permukaan batok kelapa masih agak sedikit kasar. Untuk memperhalusnya Anda dapat menggunakan amplas, gosoklah batok kelapa atau tempurung kelapa tersebut sampai mengkilap.

6. Anda dapat memberikan sentuhan api secara perlahan-lahan supaya merata agar dapat lebih mengkilapkan si tempurung kelapa tadi. Namun perlu di ingat, jangan terlalu lama membakarnya karena nanti malah mengakibatkan tunas mati.

7. Selanjutnya adalah kita diwajibkan untuk menjaga dan merawat bonsai kelapa dengan selalu menyayat 2-3 helai kuncup pada tunas yang tumbuh tadi terutama yang bagian bawah atau yang sudah tua dengan sangat berhati-hati.

8. Sekarang Anda sudah bisa untuk menanam tunas yang sudah Anda sayat tadi ke dalam media dan pot yang telah kita sediakan.

9. Jika tunas ini telah tumbuh sampai dengan ketinggian 15-20cm Anda harus memulai menyayat tunas kembali yang paling bawah agar terbentuknya batang dari kelapa ini.

10. Anda harus melakukan hal yang sama setiap 2-3 hari sekali. Sistem ini wajib Anda terapkan jikalau bonsai kelapa yang Anda miliki ingin selalu terawat dan terlihat menawan dan memanjakan mata.

Demikian sedikit penjelasan mengenai cara membuat bonsai kelapa. Jika Anda mempunyai pengalaman menarik tentang bonsai ini, jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ya.