Cara Membuka Cabang Bisnis Tanpa Modal Besar. Ini Caranya!

Persaingan bisnis sekarang ini semakin ketat, banyak cara dilakukan agar dapat memasarkan produk atau jasa kepada konsumen. Salah satu cara memasarkan produk atau jasa tersebut yaitu dengan membuka cabang bisnis. Dengan membuka cabang maka bisnis Anda juga akan mudah dikenal dan dijangkau oleh oleh masyarakat.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika ingin membuka cabang bisnis.

Pertama, mana lokasi cabang baru akan dibuka, dan apakah masyarakat sekitar akan tertarik dengan dengan produk atau jasa bisnis Anda. Selain dua pertanyaan di atas, juga perlu diperhatikan adalah soal modal untuk membuka cabang baru.

Solusi paling tepat untuk semua itu adalah dengan membuka cabang bisnis secara online.

Kenapa harus secara online? Karena dengan membuka cabang secara online, bisnis Anda dapat dijangkau dari seluruh wilayah. Anda juga tidak perlu memikirkan ketertarikan atau animo masyarakat sekitar. Yang perlu Anda perhatikan hanyalah bagaimana cara promosi yang akan Anda lakukan.

Selain itu modal yang perlu Anda keluarkan juga tidaklah sebesar membuka cabang baru secara offline, seperti tidak perlu menyewa dan membayar pajak tempat, dan membayar karyawan.

Buatlah website untuk memasarkan bisnis Anda.  Jika anda tidak mengerti dalam mengelola sebuah website, cukup banyak penyedia jasa pembuatan website, banyak pula yang menyediakan template website yang bisa langsung Anda gunakan dengan budget tidak terlalu mahal.

Anda juga dapat memasarkan bisnis melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram atau Twitter. Buatlah akun baru atau Fanspage jika menggunakan Facebook lalu mulailah mempromosikan bisnis anda. Dengan mencantumkan nomor kontak, calon pembeli dapat dengan mudah untuk menghubungi anda.

Apabila bisnis anda bergerak dalam penjualan produk? Anda juga dapat membuka cabang bisnis secara online dengan memanfaatkan marketplace seperti BukaLapak dan Tokopedia. Melalui marketplace Anda dapat memiliki toko online tanpa harus membangun website sendiri dari nol, dan hebatnya lagi, itu bisa Anda dapatkan secara gratis.

Marketplace juga umumnya menawarkan sistem promosi agar produk Anda cepat laku, tapi biasanya untuk itu Anda harus mengeluarkan biaya tambahan. Tapi itu sepadan dengan ekspos produk Anda yang semakin bagus.

Itulah cara membuka cabang bisnis tanpa modal besar yang dapat Anda terapkan untuk memperluas dan memperkenalkan bisnis Anda kepada konsumen.

Kunci sukses berbisnis secara online adalah bagaimana Anda memaksimalkan promosi bisnis Anda agar lebih dikenal, mendapat kepercayaan dan menghasilkan penjualan.

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.