Cara Streaming Tanpa Buffering

Sekarang ini menonton tidak hanya bisa dilakukan menggunakan tv tapi juga bisa menggunakan smartphone atau pc yang tersambung dengan jaringan internet. Menonton dengan cara seperti ini disebut dengan streaming. Kekurangan dari streaming adalah seringnya buffering atau loading yang lama.

Jika anda streaming menggunakan smartphone ada beberapa tips agar streaming tanpa buffering.

1. Gunakan jaringan internet super cepat

Seperti diketahui bahwa streaming menggunakan jaringan internet jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan jaringan super cepat. Sekarang ini jaringan super cepat seperti 4G LTE. Tapi kendalanya di Indonesia jaringan 4G LTE baru tahap pengembangan dan hanya beberapa kota saja yang bisa menggunakan jaringan ini. Selain itu juga harus menggunakan smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE.

2. Bersihkan cache data

Cache merupakan penyimpanan data sementara dari aplikasi yang pernah atau sedang digunakan. Dengan adanya cache anda dapat dengan cepat membuka aplikasi yang pernah digunakan.

Walaupun demikian dengan adanya cache yang menumpuk akan membuat kinerja aplikasi lain menjadi lambat. Cara membersihkan cache, masuk ke menu setting → manager aplikasi → pilih aplikasi yang ingin dihapus → lalu pilih clear cache.

3. Matikan aplikasi yang tidak dipakai

Selain dengan membersihkan cache mematikan aplikasi yang tidak dipakai terutama aplikasi yang menggunakan jaringan internet juga dapat membantu agar streaming anda tidak buffering. Karena aplikasi yang berjalan akan memakan quota internet anda dan membagi jaringan anda. Untuk mematikan aplikasi yang tidak dipakai, masuk ke menu setting → manager aplikasi → pilih aplikasi yang ingin diberhentikan → pilih force stop.

4. Gunakan aplikasi streaming

Kelebihan menggunakan aplikasi adalah quota yang diperlukan lebih sedikit daripada menggunakan website. Jadi akan membuat akses lebih cepat.

Aplikasi martphone yang digunakan untuk streaming seperti Mivo Tv, UseeTv, Indo Streamix Tv dan masih banyak lagi.

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here