6 Hal yang Membuat HP Anda Lambat dan Cara Mengatasinya

Memiliki HP yang cepat menjadi idaman setiap pemilik gadget. Tetapi, seiring berjalannya waktu, biasanya HP mulai melambat kinerjanya, tidak segegas saat masih baru digunakan dulu. Terutama untuk handset yang memiliki RAM di bawah 1GB, akan terasa sekali perbedaannya.

Ada beberapa penyebab yang memperlambat kinerja HP, dan sebenarnya kita bisa menanganinya dengan mudah. Berikut beberapa penyebab hp menjadi lambat dan cara mengatasinya.

1. Terlalu banyak aplikasi

Untuk Anda yang menggunakan HP dengan RAM di bawah 1GB, sebaiknya memilih dan menyortir aplikasi mana yang benar-benar anda butuhkan dan menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang terpakai atau tidak benar-benar diperlukan. Karena setiap aplikasi yang terpasang akan memakan ruang RAM. Jika ruang RAM semakin sedikit, maka kecepatan HP pun akan berkurang secara signifikan.

2. Mengikuti terlalu banyak grup BBM

Mengikuti terlalu banyak grup BBM yang aktif, membuat kinerja HP jadi semakin melambat, karena terjadi proses transfer data yang berlangsung terus-menerus pada aplikasi BBM. Sebaiknya anda keluar dari grup-grup tersebut.

3. Mengikuti terlalu banyak grup WhatsApp

Sama halnya dengan grup BBM, begitu pula dengan WhatsApp. Karena itu, sebaiknya anda tidak mengikuti terlalu banyak grup WhatsApp. Cobalah, dan Anda bisa membandingkan saat mengikuti grup dengan setelah keluar dari grup tersebut.

4. Terlalu banyak berkas sampah dan riwayat peramban

Sampah ponsel bisa menumpuk karena riwayat gerak HP anda, dari kunjungan web browser dan lainnya. Setiap kali Anda browsing, ia menyimpan cache atau berkas riwayat yang tersembunyi. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan aplikasi seperti Clean Master atau Security Lite 360 dan aplikasi penghapus berkas sampah lainnya.

5. Menyimpan data dalam memori internal

Bila memori internal penuh berisi data-data, seperti foto, video, dan data-data lainnya, maka kinerja HP pun akan melambat. Tidak berbeda dengan komputer, jika anda mengisi terlalu banyak data pada harddisk C, maka komputer anda pun akan melambat.

Sebaiknya untuk data atau file berupa gambar, video dan file lainnya yang tidak terkait dengan aplikasi, Anda pindahkan ke memori eksternal atau kartu SD.

6. Terlalu banyak menyimpan file dalam memori eksternal

Jika RAM HP Anda kecil, hal ini akan terasa sekali. Terlebih jika Anda memasang antivirus maupun aplikasi pengaman lainnya. Karena aplikasi-aplikasi ini akan memindai (scan) seluruh isi dari memori yang ada dalam HP. Ini membuat RAM akan bekerja ekstra untuk memberi ruang kepada aplikasi tersebut, yang ujungnya kinerja HP menjadi lemot.

Sebaiknya Anda menghapus foto-foto yang sudah tidak anda butuhkan lagi dan mengurangi jumlah video yang ada di dalam memori eksternal.

Demikianlah beberapa hal yang bisa anda lakukan agar kinerja HP anda semakin optimal. Menggunakan HP yang gegas, tanpa lemot, tentu jauh lebih menyenangkan! 🙂