9 Tips Cara Memilih dan Membeli Ponsel Bekas Dengan Benar

Memilah-milah pada saat kita hendak membeli ponsel bekas bukanlah hal yang mudah, selain ponsel tersebut sudah terpakai juga ponsel tersebut juga sudah termakan usia dan dalam hal ini kita harus lebih berhati-hati dalam memilih.

Ada beberapa kasus yang dimana ketika seseorang membeli ponsel bekas awalnya ponsel tersebut saat baru pertama kali dibeli dari tangan pertama atau kedua kondisi ponsel tersebut baik baik saja, namun baru beberapa waktu ponsel tersebut mulai mengalami masalah yang tidak bisa kita duga.

Kasus lain yang biasa terjadi adalah masalah merk, pada saat ini sangat banyak ponsel terutama android yang desainnya meng-copy ponsel lain yang sudah mendapat nama dimasyarakat.

Hal ini juga penting karena beda perusahaan maka berbeda pula performa yang dihasilkan meskipun spesifikasi ponsel tersebut sama persis.

Saya coba akan sedikit membantu bagaimana cara memilih yang benar agar dikemudian hari kita tidak menyesal membeli ponsel bekas atau Second tersebut.

1.Perhatikan Umur Ponsel Second Tersebut

umur ponsel bekasJika ponsel berkualitas bagus biasanya 3 tahun digunakan secara wajar maka akan baik-baik saja, namun sayangnya untuk ponsel saat ini bisa bertahan 3 tahun saja sudah bagus dan berbeda dengan ponsel-ponsel terdahulu.

Jika ponsel pendahulunya mengutamakan kualitas, meski dipakai sampai dengan 5 tahun maka biasanya ponsel tersebut masih bisa dipakai mungkin sampai dengan 10 tahun. Itu karena ponsel terdahulu hanya dipakai untuk komunikasi saja, maka dari itu ponsel tersebut tidak setiap detik beroprasi.

Untuk ponsel pada saat ini penggunaan yang berlebihan seperti bermain Game Online, Video Call dll, hal ini pemicu dimana ponsel tersebut cepat habis masa pakainya serta ponsel-ponsel pada saat ini kebanyakan adalah bukan kualitas yang diutamakan namun spesifkasi dan tampilan yang indah seperti ponsel-ponsel tipis pada bodinya dan itu tidak menjamin kualitas ponsel tersebut bagus.

Sebelum membeli ponsel bekas tersebut lebih baik kita cari tahu terdahulu kapan ponsel tersebut diproduksi, jika ponsel tersebut sudah melebihi umur 3 sampai 5 tahun lebih baik cari ponsel yang masih berusia muda karena disisa waktu usia ponsel tersebut kita masih bisa menggunakannya secara maksimal.

2. Bandingkan harga ponsel tersebut

Cara mudah untuk menghitung harga ponsel tersebut adalah dengan cara kita terlebih dahulu tahu berapa harga baru ponsel tersebut. Jika semisal harga ponsel tersebut baru sekitar 1 juta rupiah maka dalam jangka waktu hanya beberapa bulan, maka ponsel tersebut sudah bisa didapat dengan harga mulai 5 ratus ribu sampai 8 ratus ribu rupiah tergantung usia dan kondisi ponsel tersebut.

3. Cek Komponen yang ada pada ponsel

komponen androidPertama kali yang harus dicek adalah wadah baut dan segel, jika di wadah baut tersebut sudah banyak sekali goresan atau baut tersebut banyak cacat bisa dipastikan ponsel tersebut sudah sering dibuka bagian perangkat kerasnya. Segel pun jika sudah terkelupas berarti pertanda bahwa ponsel tersebut sudah pernah di reparasi atau hanya sekedar dibuka.

Cek bodi jika terdapat banyak goresan maka ponsel tersebut bisa dipastikan sering terjatuh dan jika ponsel sering terjatuh dan terguncang maka sasaran utamanya adalah pada LCD dan hal yang lebih parah adalah terjadi hubungan singkat arus antara papan rangkaian digital yang terdapat didalam ponsel.

Cek terminal USB dan terminal Headset, lebih baik dicoba terdahulu dengan cara ponsel tersebut bisa dikoneksikan dengan Charger atau Power Bank. lalu pada bagian headset juga wajib di coba dahulu karena banyak dari kita enggan mencoba bagian ini. pastikan semua berjalan dengan normal.

4.Test Microphone Pada Ponsel Bekas Tersebut

Jalankan aplikasi perekam dan mulailah merekam dengan suara kamu atau dengan suara lain dan dengarkan suara hasil rekaman tadi, jika suara yang dihasilkan bagus maka microphone ponsel tersebut masih dalam kondisi bagus. Jangan lupa untuk cek Microphone dari headset juga ya.

5.Test Speaker dan LoudSpeaker

Cara terbaik menguji speaker adalah dengan melakukan panggilan ke sebuah nomor, jika posisi posel sudah terhubung coba dengarkan dengan cara dekatkan speaker bagian atas dengan telinga kita. Suara yang dihasilkan harus benar-benar bersih, jika tidak maka bisa dipastikan speaker tersebut rusak. Percayalah, ini akan menyulitkan kita nantinya jika ada kerusakan.

Cara menguji Loudspeaker/Buzzer yaitu dengan cara memutar sebuah lagu atau bisa juga dengan menelpon seseorang dan pembicaraan alihkan ke loudspeaker lalu dengarkan baik baik apakah loudspeaker tersebut masih normal atau tidak. Suara yang dihasilkan dari Speaker maupun Loadspeaker harus terdengar jelas karena 2 komponen ini Vital.

6.Cek Slot Sim dan SD card

Cek kembali slot kartu sim dan slot kartu SD, apakah kedua slot tersebut masih berfungsi dengan baik. Jika slot sim dan kartu SD tersebut masih bagus, maka jika kita coba masukan kartu sim maupun kartu SD atau memori eksternal seharusnya ponsel mampu membaca ke 2 chip tersebut.

7.Cek LCD

LCD ponselCara mengecek LCD yaitu dengan mencari gambar berwarna putih lalu perhatikan pada panel LCD tersebut ada atau tidak titik hitam atau warna selain putih? Jika ada, berarti LCD tersebut sudah cacat yang disebabkan oleh banyak sebab seperti terjatuh atau tertekan berlebihan pada ponsel tersebut.

Lalu mengapa harus berwarna putih sebagai tester? Karena warna putih pada LCD menandakan semua warna yang ada bekerja secara optimal. Didunia elektronika, warna Merah+Biru+Hijau hasilnya adalah Putih bersih. Jika tidak putih bersih? dipastikan ada masalah pada LCD tersebut dan hal ini berlaku untuk semua jenis layar.

8. Cek Getaran

Cara mudah menguji getaran pada pada ponsel tersebut dengan cara memutar nada dering asli bawaan ponsel tersebut dan jangan lupa hidupkan mode getar. Jika kita sudah memutar nada dering dan ponsel terasa bergetar, maka mesin peggetar pada ponsel tersebut masih normal.

9. Minta Garansi

Garansi bukan hanya didapat pada ponsel baru saja namun pada ponsel bekaspun ada garansi asalkan kita membuat perjanjian terlebih dahulu kepada si penjual. Garansi yang diberikan pada ponsel bekas tidak berwaktu lama seperti ponsel baru, jika ponsel baru bergaransi bisa sampai 1 tahun maka ponsel bekas biasanya bergansi antara 1 minggu sampai satu bulan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here