9 Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi yang Super Boros!

Bagi pengguna Xiaomi mungkin sebagian pernah mengalami baterai ponselnya menjadi cepat habis. Berkurangnya baterai dengan cepat disebabkan oleh banyak faktor, contohnya adalah terlalu banyak aplikasi. Lantas, bagaimana cara menghemat baterai hp Xiaomi?

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Secara Efektif

1. Menggunakan Charger Originial

Satu hal penting yang tidak boleh kamu sepelekan adalah gunakan charger xiaomi yang originial. Ini berlaku untuk seluruh pengguna Xiaomi maupun ponsel lain. Dengan menggunakan charger original tentunya akan mengisi daya baterai yang sesuai.

Namun, apabila menggunakan charger lain, daya yang masuk ke baterai akan berbeda dan bisa mempengaruhi kondisi baterai. Salah satu dampaknya adalah usia baterai menjadi lebih pendek.

2. Mengatur Kecerahan Display Layar

Jika kamu memperhatikan statistik daya baterai dari 100% hingga hampir habis, dapat disimpulkan bahwa kecerahan display layar memiliki pengaruh yang besar. Logikanya adalah semakin cerah display layarnya, maka daya baterai yang digunakan juga semakin banyak. Menurunkan kecerahan pada layar bisa kamu terapkan sebagai cara menghemat baterai hp xiaomi 4a.

3. Membersihkan Cache Secara Teratur

Terkadang tanpa kita sadari dalam ponsel yang digunakan sudah menimbun banyak sekali cache dari aplikasi. Kondisi ini tidak jarang membuat kinerja ponsel menjadi berlipat dan tentunya menguras daya baterai. Adapun cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membersihkan cache secara teratur.

Beberapa contoh file sampah yang dimaksud disini diantaranya adalah history browsing, cache aplikasi dan lain sebagainya. Jika pada ponsel Xiaomi milikmu sudah terdapat tools pembersih sampah bawaan, gunakan setidaknya 2 minggu sekali. Apabila tidak tersedia, kamu bisa mencoba tools seperti CCleaner di Google Play.

4. Menginstall Aplikasi yang Dibutuhkan

Meskipun beberapa hp Xiaomi menawarkan RAM yang cukup besar, namun ini tidak boleh digunakan hingga menyisakan sedikit ruang. Pasalnya semakin banyak aplikasi yang berada dalam ponsel tersebut akan membuat RAM bekerja lebih cepat dan tentunya daya baterai ikut habis dengan cepat.

Selain itu, banyaknya aplikasi juga akan menimbun banyak sampah dan aplikasi yang berjalan di latar belakang ikut bertambah pula. Oleh karena itu, salah satu cara menghemat baterai Xiaomi Note 5A adalah dengan menginstall aplikasi yang memang dibutuhkan saja. Jangan tergiur dengan RAM yang besar sehingga kamu bisa bebas menginstall aplikasi saja.

5. Menonaktifkan Fitur yang Tidak Digunakan

Fitur seperti GPS, Bluetooth dan Wifi atau Data seringkali membuat baterai ponsel menjadi cepat habis. Maka dari itu, untuk melakukan optimasi pada baterai Xiaomi agar tidak cepat habis adalah dengan menonaktifkan fitur tersebut apabila tidak digunakan. Gunakanlah fitur tadi apabila memang dibutuhkan saja, jangan sampai stand by dalam jangka waktu yang lama.

6. Membatasi Aktivitas Aplikasi di Latar Belakang

Setelah melakukan optimasi dalam bentuk menginstall aplikasi yang dibutuhkan saja. Cara menghemat baterai hp Xiaomi selanjutnya adalah membatasi aktivitas aplikasi yang bekerja di latar belakang. Caranya cukup mudah:

  • Buka menu Setelan
  • Masuk menu Aplikasi
  • Cari aplikasi yang ingin dihentikan
  • Klik aplikasi tersebut, kemudian pilih berhenti paksa

Dengan menerapkan cara di atas, nantinya aplikasi terpilih tadi tidak akan berjalan di latar belakang. Namun perlu diingat bahwa jika kamu membuka aplikasi tadi maka akan berjalan di latar belakang lagi.

7. Jangan Gunakan Screensaver

Penggunaan screensaver mungkin disukai oleh beberapa orang. Namun, perlu kamu ketahui bahwa dengan menggunakan screensaver, baterai ponsel menjadi lebih cepat habis. Tips dan cara menghemat baterai hp Xiaomi adalah dengan mengganti screensaver dengan wallpaper biasa. Usahakan wallpapernya memiliki kesan yang gelap dan jangan terlalu terang karena mempengaruhi penggunaan baterai.

8. Setting Sleep Monitor Otomatis

Pengaturan sleep monitor otomatis adalah sebuah countdown pada ponsel yang tidak digunakan agar otomatis sleep atau lock. Cara ini cukup efektif dalam menghemat baterai hingga 50% tergantung dari penggunaan.

Untuk mengaktifkan fitur ini kamu tinggal masuk Display kemudian pilih Sleep dalam waktu 15 detik. Menu ini pada setiap HP Xiaomi terkadang berbeda, jadi bisa dicari di menu display.

9. Hindari Kebiasaan Menggunakan HP Ketika Pengisian Daya

Memainkan ponsel ketika sedang diisi daya mungkin sudah menjadi kebiasaan banyak. Namun, kebiasaan inilah yang membuat usia baterai menjadi cepat menurun. Memang bukan hal yang mudah ketika menerapkan cara ini. Gunakanlah ketika dalam keadaan terdesak saja, jangan sampai digunakan untuk bermain game ketika di cas.

Penutup

Pada dasarnya hemat atau boros dalam penggunaan baterai ponsel tergantung dari aktivitas user tersebut. Semakin sering penggunaannya dan aplikasinya juga banyak, maka akan semakin cepat habisnya. Maka dari itu, cobalah untuk menerapkan cara menghemat baterai hp Xiaomi di atas.