Ciri Ciri Anak Sehat

Pertumbuhan dan perkembangan seorang anak bisa tergantung dari nutrisi yang diterimanya. Namun seorang anak yang masih belum bisa berkomunikasi dengan baik tidak bisa menceritakan kondisinya, apakah sehat atau sedang mengalami masalah. Ada ciri ciri anak sehat yang bisa Anda ketahui dengan perilaku ataupun aktivitas yang dijalani setiap hari.

Pada beberapa kasus yang terjadi, seringkali dijumpai anak yang terlihat sehat, padahal sedang tidak sehat. Kondisi seperti ini seringkali tidak disadari oleh banyak orang tua, padahal hal seperti ini harus diperhatikan dengan baik. Oleh karena itu, simak ciri-ciri anak yang sehat di bawah ini untuk mengetahui secara pasti.

Ciri Ciri Anak Sehat

1. Anak Lebih Ceria dan Aktif Bermain

Anak yang sehat biasanya lebih aktif bermain dibandingkan yang lainnya, disisi lain juga memiliki raut wajah yang ceria. Berbeda jika anak dalam kondisi kurang sehat, biasanya akan terlihat lebih murung, menyendiri dan kurang bersemangat dalam melakukan aktivitas. Hal seperti ini perlu disadari sebagai upaya agar anak terlihat sehat.

2. Memiliki Nafsu Makan Yang Baik

Ada beberapa anak anak yang memiliki nafsu makan rendah dan ini sudah menjadi hal yang umum terjadi. Umum terjadi jika memang anak tersebut pada dasarnya tidak bisa makan banyak, namun tetap aktif bermain. Apabila seorang anak memiliki nafsu makan yang baik, ia akan antusias dan memakan banyak makanan yang disukainya.

3. Mata Terlihat Berbinar dan Bersih

Ciri anak yang sehat selanjutnya bisa dilihat dari matanya. Cobalah untuk memperhatikan bola matanya ketika diajak berbicara atau bermain. Apabila bola matanya menunjukkan binar ceria dan bersih, artinya anak tersebut sehat. Sebaliknya, jika terlihat lesu dan tidak fokus, artinya ada sesuatu hal yang mengganggunya.

4. Bibir Terlihat Cerah

Biasanya anak-anak akan sulit jika diminta untuk mengkonsumsi minum sesuai dengan kebutuhannya. Dari sini bisa dilihat apakah anak tersebut sehat atau tidak sehat. Jika bibirnya terlihat merah cerah, tidak kering ataupun terdapat bercak, artinya anak itu sehat. Pastikan juga Anda mengajarinya menggosok gigi untuk menjaga kebersihan mulut dan lidahnya.

5. Perkembangannya Sesuai Dengan Usia

Perkembangan seorang anak memang bisa dilihat dari usianya, baik itu kemampuan sensorik, motorik ataupun kognitifnya. Apabila seorang anak terlambat atau melewati tahapan yang seharusnya dilakukan, alangkah baiknya dikonsultasikan ke dokter segera. Ini sebagai upaya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti munculnya kelainan atau gangguan perkembangan tertentu.

6. Rambut Bersih, Bersinar dan Tidak Rontok

Ciri ciri anak sehat selanjutnya bisa dilihat dari kondisi rambut yang dimiliki. Anak yang sehat biasanya memiliki rambut yang bersih, bersinar dan tidak mudah rontok. Apabila anak Anda mengalami masalah rambut rontok, kusam atau masalah lainnya, cobalah dianalisa terlebih dahulu faktor penyebabnya, baru nantinya mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.

7. Pernapasannya Tidak Bau

Tanpa disadari oleh banyak orang, pernapasan yang bau pada anak menunjukkan kondisinya. Ciri ciri anak yang sehat adalah memiliki pernapasan yang tidak bau. Apabila ditemukan bau, artinya ada yang bermasalah, terutama pada giginya. Anda perlu mengecek apakah terdapat gigi yang berlubang atau ada masalah lain seperti pada gusi, lidah atau lainnya.

8. Dapat Beradaptasi Dengan Baik

Sikap dan perilaku seorang anak ketika berada di rumah dan di lingkungan luar biasanya akan berbeda jauh. Setiap anak juga memiliki kemampuan adaptasi yang berbeda-beda. Disini bisa dilihat apakah anak tersebut sehat atau tidak.

Jika anak cepat dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya, artinya anak tersebut sehat dan memiliki perkembangan yang baik. Kondisi seperti ini tergantung dari bagaimana orang tua mengajarinya untuk beradaptasi dengan lingkungan.

9. Jarang Sakit

Anak yang jarang mengalami sakit sudah jelas termasuk dalam anak yang memiliki kondisi kesehatan yang baik. Jika ingin anak Anda sehat dan terbebas dari penyakit musim ataupun berbahaya, maka pemberian gizi dan nutrisi harus diperhatikan dengan baik. Semakin baik makanan dan minuman yang dikonsumsi, maka akan semakin baik untuk meningkatkan sistem imunitasnya.

Penutup

Selain ciri ciri anak sehat di atas, masih ada beberapa aspek yang bisa Anda lihat dari sudut pandang yang berbeda. Namun jika sudah memiliki sebagian besar kriteria di atas, artinya anak Anda memang sehat. Meskipun begitu, Anda harus tetap memperhatikannya agar dapat tumbuh dan berkembang lebih baik lagi.