Diet ekstrim yang aman
Source Images; killcliff

Diet Ekstrem, Apakah Aman Bagi Tubuh? Ini Jawabannya

ERUDISI.com ekstrem, apakah aman bagi tubuh? Pertanyaan ini tentu membutuhkan penjelasan yang sangat detail agar kita bisa menentukan apakah aman atau tidak.  Tahukah akibat diet yang tidak tepat bisa menggangu tubuh dan mental kita lho.

Diet Ekstrim, Apakah Diet Yang Aman ?

Perlu penjelasan lebih detail mengenai hal ini. Diet ekstrem atau diet yang ketat merupakan salah satu cara seseorang untuk fokus pada tujuannya menurunkan badan secara cepat. Dalam mewujudkan keinginan ini ada yang menerapkan diet secara ketat.

Selama diet ekstrem kita terapkan sesuai dengan panduan ahli gizi maka hal itu aman -aman saja. Tapi sebaliknya jika diet ketat yang kita lakukan bisa membahayakan tubuh ini baru tidak aman.

Jenis Diet Ekstrem yang Tidak Aman Bagi Tubuh

Banyak sekali diet jenis diet yang tidak baik bagi tubuh dan kesehatan kita diantaranya diet cacing pita, putri tidur, bayi, jahit lidah, serba cair, sup kol dan juga diet kapas.

Jenis diet ini sangat membahayakan tubuh karena kita tidak mendapatkan secara seimban bahkan membuat tubuh kita tersiksa dan secara tidak langsung diet ini tidak aman bagi tubuh.

Bahaya Diet Ekstrem Yang Tidak Aman Bagi Tubuh

Beberapa contoh diet ekstrem diatas sangat membahayakan tubuh kita. Berikut beberapa bahaya Diet ekstrem:

1. Kita Bisa Mengalami dehidrasi

Jika kita mengkonsumsi sesuatu yang tidak tepat maka kita akan kehilangan cairan dengan cepat pada tubuh. Hal ini akan membuat tubuh kita mengalami dehidrasi dan efek samping lainnya seperti sembelit, sakit kepala, kram otot, kurang bertenaga dan rasa haus yang berlebihan.

2. Kita Bisa Alami Malnutrisi

Diet yang tidak sesuai akan membuat tubuh akan kehilangan asupan nutrisi penting. Akibatnya tubuh mengalami penurunan energi, kelelahan yang berlebihan, sistem kekebalan terganggu, kerontokan pada rambut dan kuku yang rapuh. Ini semua akibat asupan nutrisi yang masuk tidak mendukung aktifitas kita.

3. Diet Ekstrem Tidak Aman Karena Kehilangan Masa Otot

Kita tidak hanya kehilangan lemak saat penurunan badan yang kita terapkan tapi juga kehilangan masa otot yang juga diikuti oleh menurunnya laku metabolisme tubuh.

4. Mengalami Ketidakseimbangan Elektrolit

Tentu saja diet ekstrem yang kita lakukan bisa membuat kejang dan detak tidak beraturan. Hal ini disebabkan kurangnya elektrolit yang masuk ke dalam tubuh.

Tahukah elektrolit tersebut berfungsi untuk mendukung aktifitas sel dan jaringan tubuh seperti saraf dan otot kita. Selain itu elektrolit juga berperan dalam menjaga kadar cairan dalam tubuh dan memelihara fungsi jantung agar bekerja secara maksimal.

5. Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Wah bahaya berikutnya adalah bisa menyebabkan kesehatan mental menjadi buruk akibat dari pola makan yang buruk. Ini terjadi karena kurangnya asupan nutrisi yang diserap oleh usus sehingga mempengaruhi produksi hormon serotonin pada otak. Tentu kita tidak ingin ini terjadi pada diri kita.

Menurunkan berat badan bukan saja hal mudah dengan kita mengurangi konsumsi makan saja tapi ada aturan yang jelas. Lebih baik berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi sebelum memilih menerapkan diet ekstrem. Cara ini adalah hal penting sebelum kita menerapkan diet.

Itulah beberapa penjelasan mengenai diet ekstrem, apakah aman bagi tubuh? Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa bagikan artikel ini ya. Selalu temukan jawaban dan inspirasi dimananapun dan kapanpun bersama Erudisi.