14 Makanan yang Penting untuk Kesehatan Tulang

Tulang Anda membutuhkan nutrisi tertentu untuk tetap kuat dan sehat. Kalsium dan vitamin D adalah dua nutrisi yang paling banyak dikenal orang, tapi magnesium, protein, asam lemak omega-3 dan vitamin A, C, dan K juga tidak kalah penting bagi kesehatan tulang.

Berikut adalah 14 makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi penting untuk kesehatan tulang.

1. Jeruk dan jus jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, yang diperlukan untuk pembentukan kolagen dan berperan pada kesehatan tulang. Buah jeruk juga merupakan sumber vitamin A yang penting untuk pertumbuhan tulang.

2. Susu

Susu adalah sumber kalsium yang sangat baik, yang membantu menjaga tulang tetap kuat. Dan memang, 1 gelas susu memenuhi hampir 1/3 dari kebutuhan kalsium harian Anda. Susu juga kaya akan vitamin D, untuk memastikan tubuh dapat menyerap kalsium dengan baik. Susu juga mengandung sejumlah vitamin A.

3. Keju

Keju juga kaya akan kalisum. 1 sendok makan keju mengandung 63 miligram kalsium, jumlah yang sangat tinggi untuk makanan sebanyak 1 sendok makan. Keju juga adalah sumber protein yang bagus dan mengandung sedikit vitamin A. Tapi keju juga mengandung kalori yang cukup tinggi pula, 1 sendok makan keju mengandung 21 kalori.

4. Bayam

Bayam termasuk salah satu sumber nutrisi yang hebat, hampir semua nutrisi terkandung di dalamnya. Bayam sangat baik untuk kesehatan tulang, karena ia tinggi kalsium dan vitamin A, C dan K. Bayam juga rasanya enak, serba guna (dapat dimasak dengan banyak cara), dan rendah kalori, sehingga ia sangat baik menjadi bagian dari diet sehat semua orang.

5. Kacang mete

Kacang mete mengandugn sedikit kalsium dan vitamin K, tapi yang membuat ia baik untuk tulang Anda adalah kandungan magnesium dan mineral lainnya yang tinggi, juga merupakan sumber protein nabati yang sangat baik.

6. Buah kiwi

Buah kiwi sangat baik untuk tulang, karena sangat banyak mengandung vitamin C, dan juga kaya akan magnesium. Buah kiwi juga menyumbang asupan kalsium dan vitamin A dan K. Rasanya enak manis namun rendah kalori, sehingga sangat baik dijadikan bagian dari diet sehat harian Anda.

7. Salmon

Salmon kaya akan vitamin D dan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan tulang untuk tetap kuat dan sehat. Ia juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Dan meski ia kaya lemak sehat, namun tidak mengandung kalori tinggi.

8. Susu kedelai

Susu kedelai adalah sumber yang lengkap dari protein dan asam lemak omega-3. Susu kedelai juga biasanya diperkaya dengan kalsium dan vitamin D, yang membuatnya sangat baik untuk kesehatan tulang.

9. Biji labu

Biji labu mengandung sejumlah kalsium dan protein, tapi ia sumber magnesium dan asam lemak omega-3 yang sangat bagus. Biji labu juga tinggi serat, sehingga sangat baik untuk ngemil.

10. Jus tomat

Jus tomat tinggi vitamin dan mineral, termasuk magnesium dan vitamin A dan C. Ia juga mengandung sejumlah kalsium dan sedikit vitamin K. Tomat segar juga baik, tentu saja, namun jus tomat memiliki konsentrasi nutrisi yang lebih tinggi.

11. Kubis

Kubis adalah sayuran dengan kandungan vitamin dan mineral yang lengkap. Sangat baik untuk tulang karena tinggi kalsium dan vitamin A, C dan K.

12. Sawi

Seperti sayuran hijau lainnya, sawi kaya akan vitamin dan mineral. Namun kandungan utama sawi adalah tinggi kalsium, dan mengandung sedikit magnesium. Sawi juga sangat kaya akan vitamin K dan A, dan sedikit vitamin C.

13. Kacang kenari

Kenari adalah sumber kalsium yang kaya, juga protein dan magnesium. Juga kandungan asam lemak esensial omega-3. Sama seperti kacang-kacangan lainnya, kenari juga cukup tinggi kalori, tapi mengonsumsi sejumlah kacang kenari sehari sangat berpengaruh pada kesehatan tulang.

14. Yogurt

Yogurt mengandung kalsium tinggi dan protein. Satu cangkir yogurt mengandung sekira 450 miligram kalsium dan lebih dari 12 gram protein. Yogurt hadir dengan beragam rasa dan kemasan, karena itu pilih yang tidak terlalu banyak mengandung gula tambahan.