Jokowi Berbicara Tentang Kasus Rohingya

Kita sudah mengetahui belakangan ini banyak sekali pengungsi yang berasal dari Rohingya,Myanmar mendaratkan kapal-kapalnya di Indonesia khususnya Aceh. Para pengungsi kebanyakan merupakan korban diskriminatif dari pemerintahan setempat dan mencoba keluar dari negaranya untuk hidup lebih bebas.

Kasus Rohingya tersebut mendapat perhatian tegas dari Presiden Joko Widodo agar negara-negara di dunia memperhatikan nasib warga Etnis Rohingya yang terrusir karena mengalami kekerasan di negara asalnya di Myanmar. Menurutnya, bantuan terhadap mereka adalah bagian dari solidaritas kemanusiaan.

Jokowi juga berharap pada PBB melalui UNHCR, ikut mendukung dan terlibat dalam penanganan pengungsi Rohingya. ‎”Bantuan kepada pengungsi adalah merupakan sebuah kegiatan kemanusiaan,” Kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengatakan, Indonesia telah proaktif terhadap para pengungsi yang datang ke Indonesia. Ia juga menambahkan bahwasanya telah membuat kesepakatan ke beberapa negara tetangga seperti Thailand, dan Malaysia agar bisa membantu terkait nasib warga Rohingya tersebut.

Pemerintah telah menyiapkan anggaran khusus guna membantu para pengungsi Rohingya. “Kami ‎sedang menghitung-hitung dan melakukan kalkulasi mengenai biaya yang dibutuhkan. Namun penanganannya tetap memerlukan dukungan dunia internasional,” kata Jokowi.

✔ Populer :  Jokowi Dibully Karena Salah Sebut Kelahiran Bung Karno

Kita apresiasi sekali kebijakan Jokowi dalam membantu saudara-saudara kita yang sedang kesulitan. Sebagai warga negara Indonesia kita wajib mendukung kebijakan tersebut dan siap membantu saudara-saudara kita agar bisa hidup dengan layak.

VIAagitwardhana
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.