Kehamilan Trimester Kedua

Pada masa kehamilan trimester kedua ini, banyak wanita hamil yang pada trimester pertama mengalami hal-hal kurang menyenangkan, mulai membaik keadaannya. Seperti rasa mual dan muntah-muntah akan mulai berkurang, dan energi yang sebelumnya seperti hilang sepertinya sudah kembali lagi.

Ini adalah kesempatan baik bagi Anda untuk mempersiapkan segala sesuatunya guna menyambut kehadiran si buah hati kelak.

Anda akan mengalami penambahan berat badan dengan cepat pada trimester kedua ini. Rata-rata sekitar 1,8 kg per bulan sampai akhir masa kehamilan. Ini berarti Anda mulai harus memakai baju hamil yang sudah Anda siapkan.

Kapan saya mulai merasakan gerakan si kecil?

Anda mulai merasakan gerakan-gerakan kecil di perut bagian bawah pada pertengahan trimester kedua ini. Sebenarnya bayi Anda sudah mulai gerakannya beberapa waktu sebelumya, namun mungkin Anda tidak begitu merasakannya, kecuali jika Anda sudah pernah hamil sebelumnya, karena Anda telah cukup familiar bagaimana rasa gerakan tersebut. Catatlah kapan Anda pertama kali merasakan gerakan calon buah hati, dan sampaikan kepada dokter Anda.

Apakah payudara saya akan terus bertambah besar?

Payudara Anda mungkin tidak terasa sakit lagi seperti pada trimester yang telah lewat, namun payudara Anda tetap terus berkembang sampai siap memberikan ASI. Perkembangan kelenjar air susu dan tumpukan lemak lah yang menyebabkan payudara Anda membesar.

Anda mungkin juga menemukan bahwa kulit sekitar puting payudara menjadi gelap warnanya dan muncul benjolan-benjolan berukuran kecil di sekitarnya. Benjolan tersebut adalah kelenjar yang menghasilkan sejenis lemak yang berguna mencegah area sekitar puting menjadi kering. Cairan kekuningan agak kental yang dinamakan colostrum, mungkin juga mulai keluar sedikit dari puting payudara Anda.

Apa itu stretch mark dan dapatkah saya mencegahnya?

Disebabkan kulit yang meregang karena perkembangan tubuh Anda, pada beberapa bagian, akan terlihat kulit mengencang dengan ketat. Lapisan elastis di bawah kulit dapat menjadi robek, menciptakan garis-garis yang tampak menjorok ke dalam, inilah yang disebut stetch marks (tanda peregangan kulit). Stretch mark ini biasanya muncul pada bagian perut dan dada.

Tidak setiap wanita hamil mengalami stretch mark, namun hal ini adalah hal yang sangat umum terjadi. Dan sayangnya, tidak ada hal yang bisa benar-benar dapat mencegahnya. Sebaiknya Anda terus mengontrol pertambahan berat badan, jangan sampai melebihi dari yang disarankan oleh dokter.

Memang, ada beberapa produk di pasaran yang mengklaim dapat mencegah terjadinya stretch mark, namun ini sama sekali belum dibuktikan secara luas. Namun demikian, dengan menjaga kelembaban kulit, akan dapat membantu mencegah keadaan yang lebih buruk dan bisa mengurangi rasa gatal yang mungkin timbul.

Berita baiknya, biasanya stretch mark akan memudar dengan sendirinya setelah melahirkan, meskipun mungkin tidak dapat mengembalikan 100% pada keadaan seperti sebelum terjadi kehamilan.

Perubahan kulit apalagi yang mungkin saya alami?

Tidak semua wanita hamil mengalami perubahan pada kulitnya, namun berikut ini adalah perubahan yang umum terjadi:

  • Kulit terasa kering dan gatal, terutama pada perut.
  • Sensitivitas meningkat terhadap sinar matahari. Ini berarti kulit Anda akan lebih mudah ‘terbakar’ akibat sengatan matahari. Ada baiknya Anda mengenakan pakaian yang lebih dapat melindungi dari sengatan matahari.
  • Muncul garis hitam dari pusar lurus kebawah sampe area kewanitaan.
  • Bercak-bercak ringan gelap pada wajah.
  • Terasa gatal pada telapak tangan dan tampak kemerahan.
Beberapa perubahan pada kulit di atas akan hilang setelah berlalu masa kehamilan.

Kapan hasrat seksual saya kembali bergairah?

Bila Anda mendapatkan morning sickness (mual dan muntah) pada trimester pertama, Anda mungkin merasa tidak terlalu bergairah untuk bercinta dengan suami. Namun, banyak wanita menuturkan bahwa pada trimester kedua ini, gairah seksual mereka kembali lagi seperti semula. Bercinta atau melakukan melakukan hubungan seksual adalah oke, kapan saja Anda mau selama menjalani kehamilan, kecuali bila dokter Anda mengatakan hal lain, karena sesuatu alasan.

Perubahan lainnya pada trimester kedua:

  • Rasa sakit pada kaki. Anda mungkin merasakan pegal dan sakit pada kaki, terutama pada saat Anda tidur. Ini disebabkan tekanan oleh pertumbuhan bayi terhadap saraf dan pembuluh darah yang menuju ke kaki. Tidur dengan posisi miring, mungkin dapat membantu.
  • Bengkak-bengkak. Pergelangan kaki, tangan dan wajah mungkin akan terlihat sedikit membengkak pada trimester kedua ini. Ini disebabkan oleh tertahannya cairan tubuh dan menurunnya sirkulasi darah Anda.
  • Sakit pada punggung dan pinggang. Untuk menahan beban perut yang terus membesar, menyebabkan punggung Anda bekerja keras dan meregang. Pinggang dan ronggal panggul mungkin juga terasa sakit, disebabkan oleh hormon kehamilan yang mengendurkan ikatan sendi yang mengikat antar tulang. Tulang-tulang tersebut mulai bergerak melebar untuk persiapan persalinan.
  • Nyeri pada perut. Otot dan persendian yang menopang rahim akan meregang akibat pertumbuhan bayi dan menyebabkan rasa nyeri.
  • Gigi goyah. Hormon kehamilan juga mempengaruhi sendi dan otot-otot pada bagian mulut, sehingga bisa menyebabkan gigi Anda goyah. Ini akan lenyap setelah kehamilan berlalu. Namun demikian, jika Anda mengalami sakit gigi, peradangan atau adanya infeksi pada gusi dan jaringan lunak sekitar gigi, segeralah menemui dokter.
  • Hidung tersumbat, mimisan dan gusi berdarah. Ini disebabkan oleh tekanan darah yang meningkat terhadap selaput lendir pada hidung dan mulut.
  • Mulas (rasa panas di bagian perut). Rasa ‘panas’ pada kerongkongan (esofagus: saluran antara mulut dan lambung) ini mungin mulai terasa sejak sebelumnya, dan pada awal trimester kedua kadaannya bisa jadi bertambah buruk. Perut Anda yang membesar menekan lambung, menekan makanan dan zat asam lambung ke atas, yaitu ke kerongkongan dan menyebabkan rasa ‘panas’ yang tidak nyaman.
  • Infeksi saluran kencing. Anda mungkin mengalami infeksi karena perubahan hormon  yang memperlambat aliran air kencing, serta rahim yang membesar menekan kandung kemih. Infeksi ini bisa menyebabkan terjadinya persalinan prematur, karenanya konsultasikan segera dengan dokter jika Anda merasa perih pada saat buang air kecil, terlalu sering buang air kecil, melihat ada darah pada air kencing atau mencium aroma ‘tidak biasa’ pada air kencing. Jangan anggap remeh keadaan ini.
  • Kontraksi palsu. Biasa disebut dengan istilah Braxton Hicks. Braxton Hicks adalah terjadinya peregangan pada otot-otot rahim. Ini hanya salah satu cara bagi rahim untuk mempersiapkan proses kelahiran secara alami. Pada saat Anda mengalami kontraksi palsu ini, perut Anda terasa sangat kencang dan keras, disertai atau tanpa rasa sakit. Kontraksi ini harusnya hilang dalam beberapa menit dan tidak kembali lagi dengan jeda yang teratur. Jika kontraksi dialami dengan jeda atau ritme yang teratur, disertai rasa sakit tak tertahankan dan tak mereda meskipun Anda merubah posisi tubuh, duduk, atau pun berjalan, segera menghubungi dokter, ini bisa jadi tanda terjadinya persalinan prematur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here