Kekurangan Berjualan Online via Media Sosial

Banyak penjual online yang menjual produk atau jasanya hanya melalui media sosial. Selain gratis, media sosial juga memungkinkan Anda berinteraksi langsung dengan konsumen. Selain itu, pengguna medsos di Indonesia juga sangat berlimpah dan digunakan oleh hampir semua kalangan.

Terlepas dari itu, berjualan dengan hanya memanfaatkan media sosial, sebenarnya tidak begitu efektif. Pasalnya ada beberapa kekurangan berjualan online via media sosial. Berikut beberapa di antaranya:

1. Sulit terindeks Google

Konsumen biasanya lebih suka mencari produk lewat layanan mesin pencari seperti Google. Jika Anda berjualan hanya melalui media sosial, itu akan lebih sulit ditemukan calon pembeli dari mesin pencari, karena kalah dengan konten yang dibuat menggunakan platform blog, situs website resmi maupun forum. Jadi jangan terlalu berharap postingan medsos Anda akan masuk ke page one Google, apalagi di posisi teratas pada keyword dengan persaingan ketat.

2. Hanya menjangkau pengguna media sosial

Sebagai contoh misalnya, jika Anda berjualan melalui Facebook, maka tentu konsumen Anda hanya pengguna Facebook saja. Misalkan teman Facebook Anda hanya 2000 orang, berarti yang terjangkau postingan Anda hanya 2000 orang tersebut. Itupun jika kesemuanya aktif, dan sepertinya itu mustahil, karena selalu ada pengguna yang tidak aktif lagi. Memang mungkin masih bisa ditemukan melalui mesin pencari, tapi seperti yang disebutkan tadi, jangan terlalu berharap postingan Anda akan masuk ke page one Google.

3. Postingan mudah tenggelam

Kekurangan lain berjualan online hanya di media sosial yaitu postingan mudah tenggelam. Misalnya Anda mempromosikan produk di salah satu grup Facebook, seiring berjalannya waktu, postingan Anda akan terus tenggelam karena ada postingan yang baru. Walau demikian, hal ini masih sedikit bisa diatasi dengan berkomentar pada postingan tersebut. Tapi jelas itu bukan cara terbaik untuk memaksimalkan promosi.

4. Pencarian yang sulit

Ketika Anda mencari produk tertentu di media sosial, sepertinya masih sulit walaupun masih ada kemungkinan dapat dilakukan. Facebook tidak menyediakan fitur pencarian konten kata kunci, hanya menyediakan pencarian akun, grup dan halaman fanspage. Sementara Instagram hanya menyediakan pencarian konten dengan Hashtag, tanpa Hashtag tentu tidak akan muncul dalam pencarian. Kemungkinan hanya Twitter yang masih memberikan kelonggaran untuk pencarian konten tapi tidak seefektif mesin pencari seperti Google.

Itulah kekurangan berjualan online via media sosial. Jadi sebaiknya Anda juga menggunakan fasilitas lain seperti website toko online atau market place seperti Tokopedia, BukaLapak dan lainnya. Dengan demikian kekurangan pada media sosial bisa tertutupi oleh website atau blog, sebaliknya kekurangan website bisa ditutupi oleh media sosial.