Kode PHP Tidak Bisa Dilihat dari Kode Sumber Laman Dokumen

Ketika membuka sebuah halaman website, Anda bisa menggunakan browser untuk melihat sumber laman dari dokumen yang ditampilkan. Anda bisa melihat seluruh kode HTML yang membentuk halaman tersebut. (Bagi pengguna Chrome, Anda bisa klik kanan >> Lihat sumber laman, atau tekan Ctrl+U).

Padahal halaman saya adalah dokumen .php, kenapa saya tidak melihat kode PHP-nya?

Ya, meski jika Anda menginspeksi halaman .php, yang akan Anda lihat tetap adalah kode HTML. Anda tidak akan melihat kode PHP. Kenapa? Karena semua skrip PHP dijalankan oleh server sebelum dikirimkan ke pengguna. Begitu sampai ke pengunjung, yang ada hanyalah HTML.

Itu lah mengapa kita tidak bisa membuka sebuah halaman PHP, menyimpan file-nya, dan berharap ia bisa kita gunakan dan bekerja. Anda hanya bisa menyimpan format HTML yang dihasilkan oleh script PHP. Skrip PHP-nya sendiri tetap aman dan ‘rahasia’.

Berikut saya berikan contoh:

<?php
echo "Tes kode PHP";
?>

Kita tahu, bahwa halaman tersebut dihasilkan oleh dokumen .php, tapi begitu dibuka di browser kita hanya akan melihat: “Tes kode PHP”, karena teks selainnya hanya lah instruksi bagi server dan tidak dikirimkan ke pengguna. Pada contoh di atas, orang hanya akan melihat teks keluaran, mereka tidak akan melihat script PHP-nya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here