Mengenal Rakel Sablon dan Cara Penggunaannya

Rakel sablon atau sering disebut dengan soket sablon terdiri dari dua bagian dan dua lekukan. Bagian pertama rakel sablon terdiri dari kayu yang dibuat sesuai dengan genggaman tangan orang Indonesia yang memiliki dua lekukan dan satu cekungan. Anda bisa melihat pada gambar diatas, terdapat dua lekukan dan satu cekungan.

Cekungan ini berfungsi untuk meletakkan ujung jari-jari kita dan juga ibu jari kita agar mudah saat menggenggam rakel sablon ini. Bagian kedua dari rakel sablon ini terbuat dari karet dan plastik dengan panjang kurang lebih 2 cm dengan ujung karet berbentuk runcing.

Panjang rakel sablon ini disesuaikan dengan lebar frame atau screen yang akan kita gunakan untuk menyablon. Jika screen yang kita gunakan lebar maka kita bisa menggunakan rakel sablon yang panjang. Sedangkan untuk screen yang kecil misalkan jika kita ingin menyablon sticker kita bisa menggunakan rakel sablon yang pendek.

Rakel sablon atau sering juga disebut soket sablon bisa anda beli di toko peralatan sablon manual terdekat. Harga dari rakel sablon ini disesuaikan dengan panjang rakel yang anda butuhkan. hitungan harga dari rakel sablon ini adalah per centimeter.

Ketika menggunakan rakel sablon sebaiknya Anda langsung mencuci cat yang menempel pada bagian karet setelah selesai menyablon. Karena jika anda biarkan mengering akan susah nantinya ketika dibersihkan.

Selain itu Anda juga tidak boleh merendam rakel sablon ini terlalu lama di dalam air. karena bahan yang terbuat dari kayu akan menyerap air dan akan berat ketika anda gunakan untuk menyablon. Selain itu kayu yang terlalu lama direndam kedalam air akan meneteskan air ketika anda sablon. Sehingga membuat cat sablon anda menjadi encer dan kurang optimal ketika digunakan untuk menyablon.

Cara penggunaan rakel sablon ini pun sangatlah mudah. Anda tinggal menggowes rakel sablon ini diatas screen dan dengan sedikit tekanan maka gambar akan keluar dari pori-pori screen yang akan membentuk gambar pada kaos maupun baju yang anda sablon.

Iklan
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC