Langkah awal jadi penulis konten
Source Images: Freepik

Minat Menjadi Penulis Konten, Ini Modal yang Wajib Dimiliki

ERUDISI.com – Bercita-cita menjadi konten tak hanya bermodalkan dengkul saja. Tapi ada beberapa hal yang perlu dikuasai agar layak menjadi penulis konten..

Perkembangan tekhnologi telah menuntut kita menguasai dunia . Tapi tak sekedar menulis saja tentunya. Ada hal lain yang perlu diketahui.

5 Modal Wajib Dimiliki Penulis Konten

1. Punya Portofolio

Tentu saja jadi seorang penulis konten tidak selalu harus bermodalkan uang tapi juga nonfinansial salah satunya portofolio. Agar klien tahu kapasitas kita maka kita perlu memiliki portofolio yang meyakinkan.

Meskipun kita pemula banyak sekali tempat yang bisa kita jadikan ajang untuk memperkenalkan karya kita bisa melalui media yang memfasilitasi penulis lepas, membuat atau ikut lomba. Kompetisi ini bisa kita tambahkan pada portofolio.

2. Riset Penting Dalam

Perhatikan dengan tahap menulis biasa akan dimulai dengan riset. Jangan sampai malas melakukan riset. Karena research sebenarnya tulangnya tulisan kita. Dari riset ini kita bisa menghasilkan karya mendalam.

Tulisan akan disukai pembaca yang memiliki riset dan sebagai penulis konten kita perlu melakukan riset ini.

3. Menguasai SEO

Nah, seorang penulis konten wajib mengatasi SEO. Meskipun sekadar SEO dasar. SEO adalah modal dasar sebuah tulisan. Apalagi untuk tulisan website. Bagaimana tulisan kita ini enak dibaca dan ramah .

Jadi kita perlu menguasai cara mencari keyword, SEO On Page, SEO Off Page dan cara menulis yang sesuai standar SEO. Saat ini sudah banyak aplikasi yang memudahkan kita untuk menerapkan SEO ini kok.

4..Pintar Mengatur Waktu

Penulis konten kadang sering dikejar waktu ada dateline yang harus kita penuhi. Apalagi kita mendapatkan beberapa job sekaligus jadi kita perlu ahli dalam manajemen waktu.

Mulai buat skala prioritas kita dalam menulis. Semakin bagus kita mengatur maka kerja kita bisa maksimal dan disenangi klien.

5. Modal Jadi Penulis Konten: Memiliki Disiplin Yang Kuat

Disiplin modal paling penting setelah kita memilih menjadi seorang penulis konten. Tanpa disiplin yang kuat, percuma manajemen waktu yang kita buat. Percuma semua yang telah kita atur.

Bahkan target untuk memenuhi kebutuhan hidup bisa amblas karena tidak disiplin.

Setiap penulis konten apalagi yang memilih profesi lepas, maka dirinya sendiri yang aktif mencari job kerja sehingga penting menentukan target serta disiplin dengan target yang diinginkan.

Lalu sudah siapkan modal jadi penulis konten? Semoga dimudahkan ya bisa mewujudkan cita-cita menjadi penulis konten.

Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari di Erudisi.Jangan lupa bagikan -artikel kami ya.