Pengertian Wirausaha dan Wiraswasta No ratings yet.

Erudisi.com – Kita pasti sering mendengar istilah atau kata “wirausaha” dan “wiraswasta”. Tapi apakah kedua kata tersebut memiliki makna yang sama?

Untuk lebih memahami pengertian dua kata ini, mari kita bahas satu persatu.

Arti Wirausaha

Wirausaha, berasal dari dua kata yaitu wira dan usaha. Wira memiliki makna manusia atau orang, dan usaha adalah kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan sesuatu. Berarti jika kita artikan secara bahasa, wirausaha adalah seseorang yang melakukan kegiatan usaha.

Sedangkan menurut Geoffrey G Meredith dalam bukunya “Kewirausahaan: Teori dan Praktek”,  menyebutkan bahwa, wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan mengambil tindakan yang tepat guna mencapai kesuksesan.

Arti Wiraswasta

Wiraswasta terdiri dari 3 kata yaitu, wira yang berarti manusia, swa artinya sendiri dan sta yang berarti berdiri. Jadi, jika kita artikan secara bahasa, wiraswasta adalah seseorang yang mampu berdiri sendiri. Kita maknakan di sini sebagai seseorang yang mampu mandiri yang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dengan usahanya sendiri.

✔ Populer :  Keyakinan, Usaha, Hasil: Lingkaran Malaikat

Dari penjelasan di atas, wiraswasta bisa dikatakan lebih general daripada wirausaha. Jika wirausaha adalah seseorang yang berusaha untuk sukses dalam bisnis dan usahanya, wiraswasta adalah seorang yang berusaha untuk berdiri dan mandiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik dengan berwirausaha maupun dengan kegiatan yang lainnya.

Beri Kami Bintang