Pentingkah Sebuah Aplikasi Penghemat Baterai pada Ponsel ?

Mungkin sempat terbesit pertanyaan di benak kita pentingkah aplikasi penghemat baterai pada ponsel ? Hal tersebut bisa kita bilang penting dan tidak penting, daripada kita bingung, mari kita bahas terlebih dahulu apa fungsi sebenarnya aplikasi tersebut.

Fungsi Secara Umum Aplikasi Penghemat Baterai

Fungsi sebenarnya aplikasi ini adalah meminimalisir penggunaan daya yang seharusnya tidak digunakan. Sebagai contoh, misal kita pada saat malam hari menggunakan pencahayaan layar hingga maksimal atau 100%.

Nah, sedangkan kita bisa saja mengurangi sampai 50 % karena pada malam hari keadaan mulai gelap maka pencahayaan 50% masih terlihat jelas gambar pada layar ponsel. Seperti itulah kurang lebih aplikasi tersebut berfungsi dan melakukan pengurangan daya lainnya.

aplikasi untuk menghemat bateraiTapi meski begitu, kita tidak bisa beranggapan bahwa hanya karena adanya aplikasi penghemat daya tersebut kita lalu menghamburkan daya seperti bermain Game berat. Game membutuhkan daya yang cukup besar untuk bisa beroprasi.

Maka dalam hal ini kita sama saja tidak menghemat daya meskipun aplikasi penghemat daya tersebut aktif terlebih saat kita diluar rumah dan pada saat itu kita jauh dari tempat pengisian ulang daya atau kita belum memiliki power bank.

Jadi disini bisa disimpulkan bahwa aplikasi tersebut hanya membantu mengatur alur lalu lintas daya yang mana yang harus diprioritaskan dan yang mana yang harus diberi daya sedikit.

Jika Bisa Mengatur Manual Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai?

Mengatur manual disini adalah kita akan melakukan pekerjaan aplikasi penghemat daya yaitu mengatur bagian bagian inti agar daya bisa diminalisir seperti dibawah ini:

1. Matikan Wifi dan Bluetooth Saat Tidak Digunakan

Pada saat selesai menggunakan wifi dan bluetooth, biasanya kebanyakan orang lupa untuk menonaktifkannya. Padahal jika kita menonaktifkannya pada saat tidak digunakan, Hal tersebut bisa menghemat daya yang seharusnya bisa digunakan untuk komponen lain yang ada pada ponsel tersebut.

2. Gunakan Secara Bijak Penerangan Layar

Jika kita dalam ruangan maka gunakan saja kontras layar 30% sampai 50% namun jika masih kurang terang kita bisa menambahnya 10 atau 20 %. Maka dengan begitu kita bisa menghemat daya yang digunakan backlight atau pencahayaan pada ponsel tersebut.

3. Siang Hari, Kamera Tak Perlu Lampu Led Flash

Tidak ada gunanya jik kita gunakan led flash saat kita memotret lapangan hijau yang dimana matahari jauh lebih terang daripada led flash, nonaktifkan sebelum menggunakan kamera dengan begitu kita bisa sedikit menghemat daya yang nantinya bisa digunakan pada saat darurat atau pada saat baterai mulai melemah.

4. Copot Pemasangan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Dengan mencopot pemasangan aplikasi yang tidak kita gunakan maka kita sudah banyak menghemat seperti penggunaan RAM, Memori penyimpanan dan daya.

Setiap aplikasi yang terpasang maka aplikasi tersebut akan aktif dan akan menghubungi sebuah situs website resmi milik aplikasi tersebut dan hal itu setiap waktu. Maka bisa dipastikan jika banyak aplikasi yang berjalan maka semakin banyak pula daya yang digunakan.

Jika kamu bisa mengatur seperti diatas, meski aplikasi pengemat daya tidak digunakan itu tidak akan jadi masalah. Lagi pula jika kita memasang aplikasi penghemat daya yang salah maka bukan daya hemat yang didapat melainkan tambah banyaknya penggunaan daya yang terpakai karena palikasi penghemat daya tersebut juga memakan ruang RAM, Memori dan koneksi internet yang jelas jelas cepat menguras daya baterai kita.