Sejarah Penemuan Manusia Purba di Indonesia

MANUSIA PURBA DI INDONESIA

Manusia purba adalah jenis manusia yang hidup pada zaman pleistosen yang memilikii ciri amat sederhana baik bentuk fisik maupun kecerdasan dan tingkat peradabannya. Zaman Pleistosen di Indonesia kira-kira telah ada 1,9 juta tahun yang lalu.Karena lamanya waktu, sisa-sisa manusia purba itu sudah menjadi batu-batu atau fosil.Oleh karena itu manusi purba disebut juga manusia fosil.Sedangkan dalam sejarah penemuan manusia purba yang pernah di temukan di Indonesia dibedakan menjadi 3 jenis yaitu :

1. MEGANTHROPUS
2. PHITECANTHROUPUS
3. HOMO

LOKASI PENEMUAN MANUSIA PURBA DI INDONESIA

Menurut para ahli dan dari hasil penelitian para ahli Arkeolog disimpulkan bahwa lembah sungai Bengawan Solo paling banyak ditemukan fosil manusia purba.Fosil manusia purba juga banyak ditemukan di daerah sungai brantas Mojoketo dan Wajak. Dari hasil penelitian manusia purba di Indonesia berasal dari Yunan, daerah sekitar China yang bergerak keselatan atau yang disebut nomaden ( berpindah pindah tempat sesuai kebutuhan hidup ) dan akhirnya sampai ke Nusantara.

✔ Populer :  4 Wisata Kota di Indonesia

JENIS FOSIL MANUSIA PURBA YANG DITEMUKAN DI INDONESIA

MEGANTHROPUS PALEOJAVANICUS 

Jenis manusia ini paling primitif, fosil ini ditemukan oleh Van Koeningswald di daerah Sangiran pada lapisan Pucangan ( pleistosen bawah ) pada tahun 1936 dan 1941.
Manusia purba ini memiliki tubuh besar , kekar  berahang besar dan di perkirakan merupakan manusia purba tertua.Manusia purba ini diperkirakan hidup antara 2 juta tahun sampai 1 juta tahun yang lalu.

PITHECANTHROPUS ( Manusia Kera )

Sejarah Penemuan Manusia Purba di IndonesiaPada tahun 1936, Tjokrohandoyo yang bekerja dibawah pimpinan ahli purbakala Duyfjes menemukan fosil tengkorak anak-anak di Kepuh klagen sebelah utara perning ( Mojokerto ). Fosil tersebut ditemukan pada lapisan pucangan ( Pleisthosen bawah )
Jenis Pithecanthropus mempunyai ciri antara lain :

1. Badan tegap , tapi tidak seperti Meganthropus.
2. Bertinggi badan 165 – 180 Cm.
3. Tulang rahang dan geraham kuat.
4. Wajah tak berdagu.
5. Volume otak belum sempurna. 750-1.300 cc.
6. Tulang atap tengkorak tebal.
7. Hidup diperkirakan 1 – 25 juta tahun yang lalu.

 

HOMO ( Manusia )

✔ Populer :  Alasan di Balik Terpilihnya Presiden Indonesia Pertama: Soekarno

Sejarah Penemuan Manusia Purba di IndonesiaFosil manusia purba jenis HOMO adalah jenis manusia purba yang mendekati manusia modern sekarang ini. Kemampuannya untuk mengolah tempat tinggalnya menjadikan manusia purba ini tidak lagi Nomaden atau berpindah-pindah tergantung kondisi alamnya dan persedian makanan. Jenis manusia purba ini memiliki beberapa ciri yaitu :

1. Ciri-ciri tubuh lebih maju daripada Pitecanthropus.
2. Volume otak lebih besar, berkisar 1.000-2,000cc.
3. Berjalan lebih tegak
4. Tinggi badan antara 130-210 cm dan berat badan 30-150 kg.

 

AKTUALITA
TEORI DARWIN

Dalam bukunya yang berjudul ‘ The Descent of Man ( Asal Usul manusia )’ yang terbit tahun 1871, Darwin menerapkan teorinya berupa  perkembangan binatang-binatang menuju manusia.Binatang yang paling maju adalah kera, dengan proses seleksi alam dan perjuangan bertahan hidup ‘STRUGGLE OF LIFE’

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.