Tingkatan Objek Biologi

Yang termasuk dalam objek biologi adalah seluruh makhluk hidup yang dapat tersentuh, dirasakan, dilihat oleh indera makhluk hidup satu sama lain. Dari tingkatan terkecil hingga terbesar. Dari yang terendah hingga terkompleks. Ini di sebut (komponen biotikada juga (komponen abiotik)  yang mencakup seluruh lingkungannya/makhluk tak hidup.

Ada beberapa tingkatan dalam objek biologi yaitu :

1. Individu 

Individu adalah suatu makluk hidup atau organisme tunggal. Misal seekor Semut, seekor Kuda, seekor Kelinci. Tidak berjumlah banyak hanya satu. Ini bisa juga disebut dengan objek tunggal.

2. Populasi

Populasi adalah kumpulan individu dari makluk hidup dalam jumlah kecil hingga terbesar. Dengan satu jenis dan dalam keadaan waktu tertentu yang saling berinteraksi satu sama lainnya. Contohnya, pada Populasi Semut berarti kumpulan seluruh semut dengan jenis yang sama. Ini dapat kita lihat pada sarang semut. Contoh lainya pada tumbuhan misalkan tumbuhan padi, semua tanaman padi pada sawah itu disebut populasi tanaman padi. Jadi saya ulangi lagi populasi adalah kumpulan individu dari makhluk hidup dalam jumlah kecil hingga terbesar. Dengan satu jenis dan waktu tertentu.

3. Komunitas

Komunitas adalah kumpulan dari populasi makhluk hidup pada suatu daerah tertentu yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Dengan adanya komunitas ini maka keseimbangan antar makhluk hidup akan tetap terjaga. Dikarenakan hukum  makan dan dimakan atau disebut juga rantai makanan akan sangat berlaku pada suatu komunitas makhluk hidup. Contoh, pada hutan tropis dimana terdapat banyak hewan dan tumbuhan. Maka, ini lah disebut komunitas makhluk hidup di hutan tropis.

4. Ekosistem

Dimana komponen biotik dan abiotik saling berinteraksi. Dimana interaksi ini akan menciptakan kesatuan ekologi yang disebut ekosistem. Contoh interaksi komponen abiotik (makluk hidup) dengan komponen abiotik (makluk tak hidup) adalah dimana hewan (biotik) memerlukan air (abiotik) untuk meminum. Dan cacing (biotik) memerlukan tanah (abiotik) untuk tempat mereka menetap. Semua abiotik memerlukan (abiotik) udara untuk bernafas.

Jadi itulah tingkatan-tingkatan objek yang harus kita ketahui karena ini merupakan dasar dari pelajaran biologi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here