Tips Aman Bermain Game Pokemon Go untuk Para Gamers

pokemon go

Dunia sekarang ini sedang dihebohkan dengan game terbaru yang bernama Pokemon Go. Game ini sudah dirilis di beberapa negara, dan meski di Indonesia belum dirilis, game ini sudah menuai banyak kontroversi, karena letak Pokemon terkadang berada di tempat-tempat yang “tidak semestinya”.

Letak monster Pokemon terkadang berada di lingkungan masjid, musholla dan terkadang di tempat yang rawan dengan tindakan kriminalitas. Selain diberitakan di media online dan di-review oleh puluhan bahkan ratusan blogger di Indonesia game ini sudah muncul di media televisi nasional.

Apa itu game Pokemon Go?

Pokemon Go adalah permainan yang dikembangkan oleh tiga perusahaan raksasa kelas dunia, yaitu Nintendo, Pokemon Company dan Ninatic. Di dalam game ini seorang pengguna dituntut untuk mencari monster Pokemon sebanyak-banyaknya. Bahkan di Jepang sendiri telah dirilis gelang Pokemon yang berguna untuk mendeteksi adanya Pokemon di dunia nyata.

Game Pokemon Go ini mengombinasikan antara dunia virtual dengan dunia nyata. Di mana penggunanya akan benar-benar mencari monster Pokemon di dunia nyata, karena game ini terintegrasi dengan smartphone yang terhubung dengan Google Maps. Kita bisa memainkan game ini melalui hp Android maupun iOS dengan spesifikasi tertentu.

Untuk menangkap monster Pokemon ini sendiri kita menggunakan kamera yang akan kita gunakan sebagai mata untuk melihat letak dan posisi Pokemon itu berada.

Jika Kita pernah melihat film Pokemon, para pengendali Pokemon melemparkan bola penangkap untuk menangkap monster Pokemon, di game ini juga sama, yaitu kita menggunakan bola yang kita lemparkan untuk menangkap monster Pokemon. Perbedaannya adalah kita menangkap Pokemon ini dengan bola virtual yang kita lemparkan melalui HP Android ataupun iOS.

Sehingga game Pokemon Go ini mengharuskan penggunanya untuk keluar rumah dan mencari di mana letak monster Pokemon itu berada.

Apa keunikan dari game Pokemon Go?

Game Pokemon Go datang dengan terobosan terbaru dengan banyak keunikan dan keunggulan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan game yang pernah ada. Selain terintegrasi dengan Google Maps yang membuat dunia nyata sebagai medan pertempuran, game ini juga memiliki keunggulan lain, beberapa di antaranya:

1. Mengharuskan penggunanya untuk bergerak dan keluar rumah

Game ini mengadopsi teknologi yang disebut dengan istilah augmented reality atau Realitas Tertambah. Pengguna game Pokemon Go harus bergerak dan keluar rumah untuk mencari titik di mana monster Pokemon itu berada. Letak monster Pokemon sendiri praktis bisa berada di seluruh dunia. Permainan ini menggunakan dunia nyata kita sebagai medan permainan, ini lah yang membuat permainan ini semakin unik dan menantang.

Dengan adanya terobosan ini, akan membuat permainan akan lebih menarik dan akan terasa lebih nyata. Karena kita memainkannya di kehidupan nyata atau dunia adalah sebagai medan pertempurannya.

2. Bersosialisasi dan mendapat teman baru

Hal luar biasa berikutnya yang kita dapatkan dari game Pokemon Go ini adalah bisa memperoleh teman atau beriteraksi dengan pemain lainnya.

Biasanya, sebuah game membuat kita jauh dari masyarakat, jauh dari teman-teman, kita hanya bermain di rumah, di kamar, dan praktis kita tidak banyak bergerak, kita hanya mengurung diri di kamar untuk memainkan sebuah game.

Di sini lah perbedaannya, Game Pokemon Go mengharuskan Anda keluar rumah dan benar-benar keluar, bergerak, mengejar di mana letak monster itu berada, sehingga kita akan bertemu dengan orang-orang baru, teman-teman baru, yang sama-sama memainkan game Pokemon Go.

3. Mengubah tempat sepi menjadi ramai

Game Pokemon ini akan membuat tempat yang jarang dikunjungi menjadi tempat yang ramai, karena terdapat pokstop atau monster Pokemon di situ. Sehingga orang-orang berbondong-bondong untuk menangkap monster Pokemon tersebut. Bahkan teman saya bercerita dia berhasil menangkap dua monster Pokemon di warung bakso (untung baget ya pedagangnya hehe…)

Itulah beberapa keunggulan atau kelebihan game Pokemon Go dibanding game-game lainnya. Semua pasti memiliki sisi kekurangan, lalu apa kekurangan dari game Pokemon Go?

Kelemahan game Pokemon go

Game ibarat pisau bermata dua, tergantung bagaimana cara kita memainkannya. Ketika sebuah game memiliki kelebihan tentunya dia juga memiliki kekurangan. Ada beberapa kelemahan dan bahaya dari memainkan game Pokemon Go ini, antara lain:

1. Boros baterai

Hal yang paling dibenci orang Indonesia adalah sinyal internet yang lelet dan juga HP yang lemot, serta baterai HP yang cepat habis. Game ini termasuk game yang paling boros sekali dalam penggunaan daya baterai, karena game ini terintegrasi dengan Google Maps online yang akan menunjukan letak Pokemon atau pokestop itu berada.

Berbeda di negaranya sendiri yaitu Jepang, di Jepang telahdirilis bersamaan dengan dirilisnya game ini, yaitu gelang Pokemon yang bisa mendeteksi keberadaan monster Pokemon, ketika seorang pengguna gelang Pokemon ini berjalan melewati suatu tempat yang terdapat monster pokemon, Sehingga dia tidak harus terus-menerus online membuka game di HP-nya yang membuat baterai HP cepat habis.

2. Belum support semua jenis HP

Game Pokemon ini adalah game berbasis mobile yang bisa dimainkan dengan HP Android maupun iOS, akan tetapi dengan syarat dan spesifikasi tertentu. Tidak semua jenis HP Android sama iPhone iOS bisa memainkan game Pokemon Go. Kita harus memiliki spesifikasi cukup tinggi untuk memainkan game Pokemon Go ini.

Apakah game Pokemon Go bisa didapatkan di PlayStore?

Sayang sekali sampai saat ini (saat membuat artikel ini) game Pokemon Go game ini, belum dirilis di Indonesia dan kita belum bisa mendapatkannya di playstore. Ketika kita melihat aplikasi Pokemon Go di dalam menu Playstore, kita hanya akan menemukan guide Pokemon Go atau tutorial-tutorial untuk memainkan game ini.

Tetapi kita tidak perlu berkecil hati karena kita bisa mendapatkan aplikasi ini dari teman kita, maupun kita bisa mendownload sendiri dari website maupun blog milik para gamers, karena sekarang sudah banyak sekali gamers yang menggunakan aplikasi Pokemon Go ini.

Bagaimana cara main game Pokemon Go?

Jika anda pernah main game Clash of Clans Anda tidak akan terlalu ambil pusing karena game ini seperti Clash of Clans yang di dalamnya terdapat war atau peperangan. Jika anda penyuka film Pokemon pasti akan lebih paham, yaitu tugas para pemilik Pokemon adalah mencari monster-monster Pokemon dan mengkoleksi Pokemon, kemudian kita akan bertarung dengan pemilik Pokemon lainnya.

Di sini lah unik dan asyiknya game ini karena kita akan mencari Pokemon di dunia nyata, di tempat-tempat yang real di kehidupan kita. Kita bisa menangkap Pokemon, kemudian kita bisa melatih Pokemon dan kita bisa bertanding dengan para pemilik Pokemon yang lainnya.

Kenapa game Pokemon Go ini menuai kontroversi?

Menurut analisa saya, kenapa game Pokemon Go ini menuai kontroversi karena beberapa hal:

1. Letak pokestop tidak strategis

Letak monster Pokemon yang terkadang terdapat pada tempat-tempat yang “tidak semestinya” menurut sebagian orang. Di tempat saya sendiri letak monster Pokemon biasanya terdapat di areal musholla, maupun masjid. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu orang-orang yang sedang melakukan ibadah dan jika kita tidak berhati-hati dalam bersikap dan memainkan game ini mungkin akan memicu hal-hal yang tidak kita inginkan.

2. Bisa menimbulkan kecelakaan

Karena monster Pokemon bisa berada pada tempat yang tidak strategis, ini bisa memicu kecelakaan. Teman saya yang bermain Pokemon ini bercerita bahwa ada sebuah kecelakaan beruntun yang terjadi di suatu tempat. Ketika Si sopir ditanya kenapa dia berhenti mendadak dia menjawab sedang menangkap Pokemon.

3. Bisa diputusin pacar

Informasi ini masih dari sahabat saya bahwa suatu hari seorang pecinta game Pokemon Go menangkap monster Pokemon yang berada di areal rumah mantannya, ketika dia akan menangkap monster Pokemon dia dipergoki oleh kekasihnya dan mulai saat itulah hubungan mereka putus (dikira ngapel kali ya hehe…)

4. Memicu tindak kriminalitas

Letak monster Pokemon yang berada pada tempat tempat-tertentu memang terkadang membuat game ini semakin menjadi kontroversi. Karena terkadang ada oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan tindakan kriminal. Terutama ketika Monster Pokemon berada pada tempat-tempat yang sepi dan jauh dari keramaian.

Tips aman bermain game Pokemon Go

1. Hati-hati ketika berjalan, karena ketika kita berjalan untuk menangkap monster, kita harus selalu menyalakan kamera kita untuk mencari di mana letak Pokemon itu berada, karena hanya dari kamera kita lah kita bisa mengetahui letak Monster Pokemon tersebut. Untuk itu, kita juga harus memperhatikan langkah kita, apakah di depan kita ada lubang, ada selokan atau hal-hal berbahaya lainnya.

2. Hindari tempat yang sunyi dan jauh dari keramaian. Bagi anda para pecinta game Pokemon, sebaiknya harus waspada dan berhati-hati ketika mendapatkan sebuah pokstop di areal yang anda rasa berbahaya, sunyi, gelap, dan jauh dari keramaian karena bisa jadi akan rawan terjadi tindakan kriminal.

3. Jangan menangkap Pokemon sambil berkendara. Ini yang paling penting, kita harus mengutamakan keselamatan, jangan sampai kita berkendara sambil bermain game ini. Karena misailnya, ketika tengah berkendara, lalu tiba-tiba Anda harus berhenti mendadak hanya demi menangkap Monster pokemon, ini bisa memicu terjadinya kecelakaan, tabrakan beruntun dan masalah lain yang tidak diinginkan.

3. Saling hormat menghormati di areal tempat suci. Masjid adalah tempat suci bagi umat Islam, kita harus beradab, kita harus menjaga kesucian ketika memasukinya. Hal ini juga berlaku juga areal tempat ibadah lainnya, baik gereja, wihara, kuil, dan lain sebagainya.

Kita boleh saja memainkan game ini tapi kita harus tetap mengutamakan sikap saling menghormati, saling menghargai antar sesama warga Indonesia terutama menghormati tempat suci ibadah mereka.

Kira-kira apakah Indonesia akan melarang Game Pokemon Go ini atau tidak? Mari kita nantikan kabar berikutnya.