Tips Bijak Mengelola THR Lebaran Agar Tidak Habis Percuma

ERUDISI.com – Tips Bijak Mengelola THR Lebaran. Jelang lebaran sebagian kita biasanya mendapatkan uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang jumlahnya berbeda pada tiap-tiap orang. Tapi

Juwita

Tips mengelola uang THR Lebaran
Tips Bijak Mengelola THR Lebaran | Source Image : iStockphoto (ilustrasi)

ERUDISI.com – Tips Bijak Mengelola THR . Jelang lebaran sebagian kita biasanya mendapatkan uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang jumlahnya berbeda pada tiap-tiap orang. Tapi berapapun jumlahnya yang penting dilakukan adalah mengelola THR tersebut secara bijak.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengelola agar tidak habis begitu saja tanpa kendali. Padahal uang THR bisa membantu pengeluaran kita yang membengkak pada saat menjelang hari raya idul Fitri.

Tips Bijak Mengelola THR Lebaran

1. Buatlah Perencanaan Pengeluaran Keuangan THR Secara Detail

Setelah uang THR Lebaran kita terima, tidak ada salahnya kita membuat perencanaan pengeluaran keuangan secara detail. Mulai dari kebutuhan keluarga, uang berbagi untuk keluarga, zakat fitrah, bingkisan lebaran, ditabung dan dana darurat.

Buatlah sedetail mungkin agar kita bisa mengatur dan mengelola uang THR secara bijak . Meskipun terkesan sepele, tapi dampaknya besar bagi kesehatan finansial kita selama lebaran.

2. Sisihkan Untuk Zakat Fitrah Terlebih Dahulu

Sebelum kita gunakan untuk hal lain, hal pertama yang wajib kita lakukan adalah menyisihkan uang yang nantinya bisa kita gunakan untuk membayar zakat fitrah berupaya beras kepada orang yang berhak menerimanya.

Seperti yang dicontohkan Rasulullah membayar zakat fitrah dengan bahan pokok di daerah tersebut sebanyak 2,5 kg per orang.

3. Belilah Kebutuhan Lebaran Keluarga

Uang THR Lebaran bisa kita alokasikan untuk membeli kebutuhan keluarga seperti baju, sepatu dan kebutuhan lainnya. Buatlah budget untuk pengeluaran ini agar kita bisa mengontrol diri saat membelanjakannya.

Misalnya budget baju dan kebutuhan lainnya hanya 40 persen dari uang yang ada. Maka kita harus komitmen dengan hal tersebut.

4. Pisahkan Uang THR Lebaran Untuk Keluarga dan Karyawan

Salah satu tradisi saat hari raya adalah berbagi THR kepada keluarga terutama kepada anak kecil dan orang tua. Pisahkan anggaran tersebut dan sesuaikan jumlah dengan uang yang kita miliki. Usahakan menukar uang agar kita tidak susah saat berbagi nantinya.

Uang tersebut jika berjumlah sangat besar kita bisa juga menyisihkan untuk karyawan..

5. Bijak Mengelola THR Lebaran: Sebagian Ditabung

Tidak ada salahnya sebagian alokasikan untuk menabung. Berapapun jumlahnya. Menabung sebagian anggaran tersebut akan bermanfaat nantinya.

6. Alokasikan Untuk Dana Darurat

Salah satu rahasia orang cerdas mengelola keuangan adalah selalu menyisihkan sebagian uangnya untuk mereka alokasikan ke dalam dana darurat. Bagi mereka dana darurat sangat penting bagi keberlangsungan hidup yang lebih tenang dan bebas dari hutang.

Jadi tidak adalah salahnya mengalokasikan sebagian atau minimal 10 persen dari dana yang ada.

Alasan Kita Perlu Mengelola THR Lebaran dengan Bijak

Tahukah realitanya banyak dari kita merasakan boros saat hari lebaran. Padahal uang pemasukan sangat banyak sekali bisa dari gaji, uang tunjangan hari lebaran, penjualan yang meningkat dan lainnya. Tapi tetap saja merasa kurang dengan uang yang sudah ada.
Sebenarnya ini semua karena kita tidak bisa mengelola dengan baik apa yang sudah ada.
Apalagi saat lebaran kita banyak agenda keluar rumah sehingga membutuhkan biaya seperti bensin, ongkos silaturahmi dan lainnya yang jarang kita pikirkan. Akhirnya uang yang kita punya habis begitu saja. Jadi inilah alasan kenapa perencanaan terhadap keuangan sangat penting sekali agar keuangan kita menjadi sehat dan menjadikan hidup kita lebih tenang serta tidak boros.

Semoga tips bijak mengelola THR Lebaran ini bisa memberikan pencerahan bagi para pembaca ERUDISI ya. Semoga bermanfaat dan selalu temukan jawaban serta inspirasi setiap hari bersama ERUDISI.

 

Related Post