Foto Instagram @tmii.official

Yuk Lihat Wajah Baru Taman Mini Indonesia Indah

ERUDISI.com- Tahukah Taman Mini Indah () tahun ini makin kekinian, indah dan makin rapi lho? Sejak dilakukan revitalisasi dan mulai uji coba terbatas pada 20 November 2022 lalu, kini TMII siap sambut pengunjung dari seluruh Indonesia. Penasaran seperti apa?

2023

Siapa yang tidak kenal dengan (TMII). ini sudah jadi salah satu icon wisata ibukota. Siapapun yang liburan ke Jakarta, wajib kesini.

Konsep baru dari destinasi wisata yang beralamat di Jakarta Timur ini adalah 70 persen ruang terbuka dan 30 persen bangunan. Artinya pengunjung memang diajak untuk menikmati segarnya alam Indonesia. Bahkan mulai tahun 2023 ini kendaraan tidak bisa bebas lagi berkeliling karena sudah disediakan mobil khusus ramah lingkungan. Berikut beberapa wajah baru TMII yang kekinian.

Plaza Tugu Api Pancasila

Ya, jika selama ini plaza Tugu Api Pancasila ini tidak terlalu viral, dengan wajah barunya. Ingatkah tempat ini dulu hanya beralaskan lantai keramik dengan kolam air pada bagian tengahnya. Kini berubah 360 derajat. Tempat ini jadi kian hijau. Sekeliling tugu dipenuhi rumput hijau yang indah.

Keong Mas

Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah
Foto Instagram @tmii.official

Masih ingatkah tempat ini juga sangat kita kenal tapi tentu saja bangunan lama dipenuhi oleh parkir mobil dimana-mana. Tapi kini berbeda, keong mas makin cantik dengan taman cantik dan pendopo luas untuk istirahat. Bahkan tempat ini ramah pejalan kaki.

Danau Archipelago

cara masuk ke taman mini Indonesia indah
Instagram @tmii.official

Berbeda dengan sebelumnya, kini danau ini kian estetik lho. Pada bagian tengah ada taman dengan peta Indonesia. Kemudian pada pinggirnya ada promenade yang bisa pengunjung gunakan untuk bersantai dan berolahraga.

Menara Pandang Saudjana Taman Mini Indonesia Indah

Menara pandang Saudjana terbaru di Taman Mini Indonesia Indah
Menara Pandang Saudjana TMII (Foto: Instagram @tmii.official)

Nah, ini termasuk bangunan baru banget dan terlihat sangat kekinian lho. Terletak pada sisi Barat Danau Archipelago. Menara setinggi 6 lantai ini bisa kita gunakan melihat keindahan TMII 360 derajat. Wow keren ya.

Cara Membeli dan Harga Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Tentu saja cara membeli tiket mulai tahun ini lebih kekinian lagi. Mereka hanya menjual tiket secara online. Kita bisa memesan di akun resmi mereka. Harga tiket masuk per orang Rp. 25.000. Diatas 2 tahun sudah wajib bayar.

Selain itu pengunjung yang ingin kesana harus sudah vaksin dan lolos screening ya. TMII ini buka mulai pukul 6 pagi hingga 5 sore. Jangan takut karena setiap harinya ada 60.000 kuota pengunjung.

Ada Apa Saja di Taman Mini Indonesia Indah?

TMII memang terkenal dengan Pusat Kebudayaan Indonesia, sehingga bisa jadi sarana budaya buat pengunjung. Berikut yang ada di TMII.

Wahana

1. Taman Burung
2. Dunia Air Tawar & Dunia Serangga
3. Taman Kaktus & Desa Seni
4. Taman Melati

Atraksi

1. Kereta Gantung
2. Skyworld
3. Electric Vehicle
4. Taman Legenda Keong Emas

1. Museum Fauna Indonesia Komodo & Taman Reptilia
2. Museum Asmat
3. Museum Transportasi
4. Museum Listrik dan Energi Baru
5. Museum Hakka
6. PP IPTEK
7. Museum Damkar DKI Jakarta
8. Museum Penerangan

Anjungan

Seluruh anjungan daerah beroperasional, kecuali Anjungan Maluku Utara, Sumatera Utara, Papua Barat, Sulawesi Barat dan Gorontalo karena sedang dalam renovasi.

Nah, tunggu apalagi yuk ajak keluarga. Jangan lupa artikel “Wajah Baru Taman Mini Indonesia Indah” di erudisi share ya yang lain agar makin banyak orang yang temukan jawaban dan inspirasi tentang banyak hal. []

Check Also

Harga tiket ke kawasan kota tua

Kawasan Kota Tua, Destinasi Penting Saat Berkunjung ke Jakarta

ERUDISI.com – Pasca revitalisasi wajah Kawasan Kota Tua menjadi lebih menawan dan lebih rapi. Kawasan …