Breaking News
10 Ciri-ciri Orang yang Rendah Hati foto:(pexels)
10 Ciri-ciri Orang yang Rendah Hati foto:(pexels)

10 Ciri-ciri Orang yang Rendah Hati

ERUDISI.com – adalah sikap yang dimiliki oleh seseorang namun tidak semua orang bisa bersikap rendah hati, biasanya orang yang memiliki tidak bersikap sombong dan angkuh kepada orang lain.

Tak jarang selalu dikelilingi oleh banyak orang baik, karena memang sikap rendah hatinya yang membuat orang nyaman dan semakin tertarik dengan nya.

Seseorang yang memiliki sikap rendah hati dapat kita lihat dari dia bersikap dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini ada beberapa ciri-ciri orang yang memiliki sikap rendah hati yang perlu kamu tau.

:

1. Selalu Tersenyum

Orang yang rendah hati dalam hatinya selalu merasakan kedamaian sehingga ketika ada masalah maupun sedang mengalami kesusahan yang sedang menimpanya, maka dia akan tetap tersenyum saat dihadapan orang lain karena dia tidak ingin masalah dan kesusahan yang sedang menimpanya merusak semua suasana hatinya.

2. Penyabar

Orang yang rendah hati tentu tidak suka emosi saat dikecewakan oleh orang lain sebenarnya dia juga merasakan kecewa, namun dalam kekecewaan dia selalu mencoba untuk mencari tahu dan mengerti tentang alasan mengapa orang lain bisa mengecewakan nya.

Seseorang yang rendah hati meskipun hatinya telah disakiti dan dikecewakan oleh orang lain, maka dia akan berusaha memaafkannya dan tidak menyimpan dendam sama sekali kepada orang yang telah menyakiti nya dan bisa dikatakan dia sabar dalam menghadapi segala sesuatu meskipun hal buruk sedang menimpanya.

3. Suka Menolong

Menolong orang lain tanpa menunggu disuruh terlebih dahulu juga merupakan salah satu sikap rendah hati yang dimiliki oleh seseorang, orang yang rendah hati paling tidak bisa jika melihat ada orang yang sedang kesusahan jadi dia langsung mempunyai inisiatif untuk membantu nya.

Tentu saat membantu orang lain dia melakukan nya dengan senang hati dan ikhlas, tidak ada maksud lain seperti untuk terlihat baik atau bisa dikatakan mencari muka hingga mengharapkan akan diberikan imbalan tentu orang yang rendah hati tidak mempunyai niatan seperti itu.

4. Suka Mengutamakan Orang Lain

Orang yang rendah hati tak jarang suka mengalah ataupun mengutamakan orang lain yang dirasanya memang patut untuk diutamakan, misalnya saja ketika sedang antri didepan kasir mau melakukan pembayaran dia melihat ibu hamil ataupun lansia yang juga mau melakukan transaksi pembayaran maka dia akan memberikan barisan antriannya untuk ibu hamil maupun lansia tersebut.

5. Sungkan Untuk Meminta Tolong

Biasanya orang yang rendah hati sangat takut meminta bantuan karena takut jika merepotkan orang lain, namun jika memang mendesak karena harus membutuhkan bantuan orang lain maka orang yang rendah hati akan meminta bantuan kepada seseorang.

Biasanya orang yang rendah hati kalau meminta bantuan dia selalu menggunakan kata minta tolong terlebih dahulu kepada orang lain, dan berharap dengan mengunakan kata minta tolong orang lain bisa membantunya.

6. Suka Memberi Dan Berbagi

Bagi orang yang rendah hati kebersamaan dengan orang lain merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan, tak jarang orang yang rendah hati jika mempunyai rezeki maka dia akan berbagi dengan orang lain.

Berbagi rezeki tidak selalu dalam bentuk saja terkadang juga dalam bentuk sembako seperti beras,gula,minyak dan telor maupun berupa masakan yang matang atau siap saji yang akan dibagikan.

7. Tidak Suka Bergosip

Karena sikapnya yang rendah hati dia tidak suka membicarakan tentang orang lain dan ketika ada temannya yang membicarakan orang lain , dia memilih untuk diam maupun memilih alasan agar bisa pergi untuk mencari kesibukan yang lain yang tentunya lebih bermanfaat daripada bergosip.

8. Meminta Maaf Dan Mengakui Kesalahan

Jika dia tidak sengaja melakukan kesalahan kepada orang lain maka dia tidak gengsi untuk meminta maaf dan mengakui kesalahannya, karena orang yang rendah hati memiliki hati yang lembut sehingga ketika dia menimbulkan sedikit masalah saja maka dia akan sangat merasa bersalah.

Untuk itu dia sebisa mungkin memberanikan diri untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada orang yang bersangkutan, dia juga akan bersedia menerima segala resiko maupun konsekuensi yang akan diberikan kepadanya dan dia siap untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi karenanya.

9. Menerima Kritik Dan Saran

Saat ada seseorang yang memberikan kritik dan saran untuknya maka dia akan merasa senang dan bisa menerima saran dan kritikan tersebut, meskipun kritikan dan saran orang lain menyakiti hatinya namun dia menganggap bahwa kritikan yang diberikan oleh orang lain dapat dia gunakan untuk memperbaiki diri.

Orang yang rendah hati tidak pernah menyalahkan saran dan kritikan dari orang lain.

10. Tidak Suka Pamer

Meskipun kehidupan nya berkecukupan dia tidak suka memamerkan harta yang dimilikinya kepada orang lain, tampilannya pun juga sederhana karena dia tau apa yang dipunyai adalah titipan jadi dia tidak ingin menyombongkan apa yang dia punya demi terlihat terpandang sehingga mendapatkan pengakuan dari orang lain.

Karena sikapnya yang rendah hati biasanya orang tersebut akan lebih dihargai dan dihormati oleh orang lain, karena orang yang rendah hati mampu membuat orang lain merasa dihargai sehingga sikap tersebut lah yang membuat orang lain merasa senang dan nyaman.

 

Check Also

cara kirim Dana ke Shopeepay 2023

5 Cara Kirim Dana ke Shopeepay 2023 yang Wajib Kamu Tahu!

ERUDISI.com – Cara kirim Dana ke Shopeepay 2023: Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang DANA …