10 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Orang Introvert

ERUDISI.com – Seseorang dengan kepribadian introvert seringkali dikenal sebagai orang yang pendiam dan suka menyendiri, meskipun pendiam dan suka menyendiri bukan berarti introvert hanya terdiam

Arga Fica

10 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Orang Introvert foto: (pexels)
10 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Orang Introvert foto: (pexels)

ERUDISI.com – Seseorang dengan kepribadian seringkali dikenal sebagai orang yang pendiam dan suka menyendiri, meskipun pendiam dan suka menyendiri bukan berarti introvert hanya terdiam dan seperti orang yang tidak peduli dengan siapapun.

Introvert memang terlihat tenang diluar namun di dalam pikirannya berisik, meskipun demikian orang dengan juga memiliki beberapa kelebihan yang jarang dimiliki oleh orang lain dan berikut penjelasannya.

Inilah :

1. Pengamat Yang Baik

Meskipun jarang berbicara dan kebanyakan diam ketika sedang berkumpul dengan keluarga maupun rekan kerjanya, dalam diamnya ternyata selalu mengamati setiap gerak-gerik dan pembicaraan orang lain loh sehingga ketika ada seseorang yang sedang berbohong pun dia bisa mengetahuinya.

2. Berpikir Positif

Kelebihan lainnya yang dimiliki introvert adalah orang introvert mampu berpikir secara positif meskipun dirinya sedang dalam masalah, karena dapat berpikir secara positif orang yang introvert cepat dalam menangani masalah yang sedang menimpanya.

3. Kreatif

Terkadang overthinking suka datang kepada mereka yang sedang sendirian namun introvert tidaklah demikian, orang yang introvert dalam kesendiriannya selalu memanfaatkan waktunya untuk belajar dan mencoba berbagai hal baru untuk menambah pengetahuan dan pengalamannya.

Orang yang introvert cenderung mempunyai pikiran yang kreatif dan positif sebab dia juga ingin berkembang dan ingin menjadi yang terbaik untuk dirinya dan orang yang disayanginya.

4.  Pendengar Yang Baik

Orang introvert juga dikenal sebagai salah satu pendengar yang baik karena dia mengetahui cara menghargai orang lain, misalnya saja ada seseorang yang sedang berbicara dengannya maka dia akan berusaha menyimak dan mendengarkan setiap pembicaraan orang tersebut dengan baik.

5. Teliti

Dalam mengerjakan tugas dan pekerjaannya orang introvert selalu berhati-hati atau bisa dikatakan teliti sehingga tindakan tersebut dapat meminimalisir terjadinya kesalahan, untuk itu tidak jarang orang introvert selalu diberikan kepercayaan untuk mengerjakan tugas maupun pekerjaan tertentu yang membutuhkan tingkat kesabaran dan pengamatan yang tinggi.

6. Bertanggung Jawab

Kepribadian Introvert mempunyai sifat mudah tidak enakan dan tidak mau merugikan orang lain sehingga ketika ada seseorang yang mempercayakan sesuatu padanya seperti tugas dan pekerjaan, maka sebagai bentuk rasa tanggung jawabnya dia akan berusaha untuk melakukan pekerjaan dan mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik.

7. Mudah Bersimpati

Introvert juga mempunyai tingkat kepekaan tinggi terutama pada soal perasaan, orang introvert mudah simpati pada orang lain seakan-akan introvert dapat ikut merasakan apa saja yang sedang dirasakan oleh orang lain walaupun hanya lewat cerita saja.

8. Suka Menolong

Saat melihat orang lain yang sedang kesusahan atau terlihat membutuhkan bantuan, maka tanpa disuruh introvert mempunyai rasa antusias dari dalam diri untuk membantu orang tersebut.

9. Bisa Menyimpan Rahasia

Introvert selain bisa menjadi pendengar yang baik juga pandai menyimpan rahasia orang lain, untuk itu orang lain senang mencurahkan isi hatinya maupun rahasianya pada orang introvert karena aman.

10. Suka Memberikan Nasehat

Saat melihat orang lain sedang kebingungan ataupun terlihat sedang membutuhkan saran maupun masukan dari seseorang, maka Introvert akan mencoba membantunya dengan memberikan nasehat dengan harapan nasehat darinya dapat membantu orang lain.

Meskipun jarang bersosialisasi dan berkumpul dengan orang lain namun orang dengan kepribadian introvert merupakan sosok orang yang berhati hangat, dalam diamnya introvert selalu memperhatikan dan mencoba mengenal setiap  orang yang ditemuinya.

Related Post