30 Istilah Internet untuk Pemula (Bagian 1)

Sebagai pengguna internet, tentu perlu mengetahui beberapa istilah-istilah yang sering digunakan di dunia internet. Dan jika Anda ingin mengetahui istilah-istilah internet paling lazim digunakan sehari-hari, berikut adalah 30 istilah internet yang saya bagi menjadi tidak bagian.

1. Internet dan Web

Internet adalah interkoneksi jaringan komputer yang sangat besar. Ia terdiri dari jutaan perangkat komputer yang saling bertukar informasi satu sama lain. Komputer desktop, server, unit GPS, telepon seluler, alarm mobil, konsol video games, bahkan sebuah lemari es, semua terkoneksi ke internet.

Internet (atau bisa disingkat ‘Net” saja) dimulai sekitar tahun 1960 dari sebuah proyek militar Amerika Serikat, lalu berkembang sedemikian masif ke seluruh penjuru dunia. Tidak ada satu organisasi tunggal manapun yang menguasai atau memegang kendali terhadap internet. Internet kini telah berkembang ke hampir segala sektor, pendidikan, bisnis, komunikasi, pemerintahan, organasasi nirlaba dan banyak lagi.

Internet sendiri, jika diibaratkan sebuah jalan bebas hambatan, ia terdiri dari berbagai tingkatan informasi, dimana tingkatan-tingkatan informasi tersebut dikhususkan untuk jenis dokumen yang berbeda. Tingkatan inilah yang disebut dengan istilah ‘protokol’ (protocols). Protokol paling populer adalah World Wide Web, FTP, instant messaging, Telnet, Gopherspace dan email.

World Wide Web (atau singkatnya Web), merupakan porsi atau bagian paling populer dari internet. Web diakses atau dinikmati dengan menggunakan sebuah perangkat lunak peramban web (web browser).

[quote_box_right]Tentang penulisan kata internet dan web:
Penulisan ‘Internet’ dan ‘Web’ dengan huruf kapital, jika ia berlaku sebagai kata benda. Gunakan ‘internet’ dan ‘web’ dengan huruf kecil, jika sebagai kata sifat. Contoh: ‘Saya browsing Internet menggunakan komputer kantor tadi malam dan saya menemukan halaman web yang sangat bagus tentang cara membuat blog.'[/quote_box_right]

2. Browser

Browser (peramban web) adalah sebuah software gratis yang Anda gunakan untuk melihat halaman web, gambar dan hampir semua konten online. Browser, secara teknis, pada dasarnya adalah dibuat untuk menerjemahkan kode HTML dan XML ke dalam bentuk dokumen yang dapat dibaca.

Browser web terpopuler dan paling banyak digunakan saat ini adalah Google Chrome, FireFox, Internet Explorer dan Safari.

3. URL

URL adalah singkatan dari ‘uniform resource locator’, yaitu alamat dari sebuah halaman atau file internet. URL bersama dengan IP addres (alamat IP), membantu kita mengetahui, menemukan dan mem-bookmark sebuah halaman web atau file melalui browser.

URL, umumnya menggunakan tiga bagian pengalamatan dari sebuah halaman web atau file, yaitu: protokol (bagian yang diakhiri dengan ‘//:’), host komputer (biasanya diakhiri dengan ‘.com’) serta nama dari halaman atau file itu sendiri. Contoh:

  • https://erudisi.com/forum/categories/spesialis-jomblo
  • http2://google.erudisi.com/cara-mempercepat-masa-propagasi-domain/
  • ftp://files.erudisi.com/eBookreader.msi
  • telnet://telnet.erudisi.com/main

4. http / https

http adalah singkatan ‘hypertext transfer protocol’, bahasa dari sebuah halaman web. Jika sebuah halaman web memiliki awalah ini, maka tautan, teks dan gambar akan tampil di web browser.

https, adalah singkatan ‘hypertext transfer protocol SECURED’. Ini artinya, bahwa halaman web dimaksud memiliki layer enkripsi khusus untuk menyembunyikan informasi pribadi Anda, seperti password, dan informasi pribadi lainnya.

Saat Anda login ke situs bank online Anda misalnya, atau masuk ke akun email, Anda akan melihat awalan https pada alamat halaman tersebut di browser.

[quote_box_left]:// – Kode aneh yang mengindikasikan ‘ini adalah sebuah protokol jaringan komputer’. Tiga buah karakter ini ditambahkan ke setiap alamat web untuk menunjukkan perangkat bahasa komputer mana yang diterapkan pada halaman yang sedang Anda lihat.[/quote_box_left]

5. HTML dan XHTML

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang membentuk sebuah halaman web. HTML lah yang ‘memerintahkan’ peramban web Anda untuk menampilkan teks dan gambar dengan susunan yang sesuai. HTML terdiri dari perintah-perintah yang disebut dengan ‘tag’, yang tampak seperti ini:

  • <body></body>
  • <a href=”www.erudisi.com”></a>
  • <title></title>

XML, singkatan dari eXtensible Markup Language, anggap saja saudara sepupu dari HTML :). XML sendiri lebih khusus membuat katalog dan database konten dari sebuah halaman web. Perintah XML, tampak seperti ini:

  • <entry>
  • <address>
  • <city>

Nah, sedangkan XHTML, adalah gabungan dari HTML dan XML.

6. IP Address

Atau alamat IP. IP sendiri singkatan dari ‘internet protocol’. Alamat IP komputer Anda terdiri dari 4-bagian, atau pun 8-bagian angka-angka. Sebuah alamat IP dapat terlihat seperti ‘202.67.49.35’ atau tampak seperti: ’51DC:F3:0:2A3D:2BB:FF:FA28:9C8F’, lengkap dengan tanda ‘titik’ atau ‘titik dua’.

Setiap komputer, telepon seluler, dan perangkat yang terhubung ke internet, memiliki paling tidak satu alamat IP untuk tujuan pelacakan.

Di manapun Anda menjelajah web, kapanpun Anda mengirim email atau chatting, dan kapanpun Anda mengunduh file, IP address bertindak seperti layaknya sebuah plat mobil sebagai tanda pengenal agar dapat dilacak dan diketahui sebagai bentuk ‘pertanggungjawaban’.

7. Email

Email (dulu ditulis e-mail), adalah singkatan electronic mail, atau surat elektronik, disingkat dalam Bahasa Indonesia dengan istilah surel. Sama seperti layaknya sebuah surat, Anda dapat berkirim teks kepada orang lain, namun secara elektronik menggunakan internet.

Email biasanya ditangani oleh penyedia jasa webmail, seperti (GMail dan Yahoo), atau dengan menginstall software email (seperti Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird).

Email sendiri memiliki banyak turunan, seperti text messaging, instant messaging, live chat dan videomail.

8. ISP

ISP singkatan dari Internet Service Provider atau Penyedia Jasa Internet. Bisa sebuah perusahaan perorangan atau organisasi pemerintah yang membolehkan Anda terhubung ke jaringan internet.

ISP Anda akan menawarkan layanan beragam dengan harga beragam pula: akses ke halaman web, akses email, hosting website, hosting blog dan sebagainya.

Biasanya ISP juga menawarkan kecepatan akses berbeda sesuai kebutuhan, mulai kecepatan tinggi sampai paket ekonomis dengan kecepatan koneksi pas-pasan.

9. Media Sosial dan Sosial Bookmark

Social media, adalah istilah yang cukup luas, yang mencakup seluruh tool, yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan ribuan pengguna lainnya. Instant messaging dan chatting, adalah dua bentuk paling umum dari media sosial. Begitu pula dengan blog dengan fasilitas komentarnya, forum diskusi, juga website berbagi gambar dan video, semuanya termasuk dalam media sosial. Facebook, Twitter, Instagram dan Google Plus, adalah 3 media sosial paling populer, setara dengan Youtube dan Digg.

Social bookmarking, ini bentuk khusus dari jenis media sosial, di mana penggunanya saling berinteraksi dengan cara merekomendasikan halaman web satu sama lain.

10. Blog dan Blogging

Sebuah blog, bisa dianggap sebagai kolom bagi penulis di era modern. Baik amatiran maupun penulis profesional, sama meluncurkan blog mereka di hampir semua topik apapun: hobi mereka terhadap koleksi barang langka, opini tentang politik sampai kesehatan, mengomentari gosip selebritis, sampai topik teknologi bagaimana merakit robot.

Setiap orang dapat membuat blog, dan tidak sedikit dari blogger yang berhasil meraup pendapatan dari iklan yang tayang di blog mereka. Sebelum melanjutkan ke artikel  berikutnya, Pelajari juga 10 Istilah Marketing Online yang wajib Anda ketahui.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here