Sejarah Singkat Internet

Pernahkah Anda penasaran bagaimana awal mula internet? Internet, ya… sesuatu yang kita gunakan setiap hari, bahkan mungkin beberapa di antara kita menggunakannya untuk menghasilkan uang, menjual barang, menjual jasa, mencari informasi, dan seribu satu macam hal bisa dilakukan dengan internet.

Nah, dalam sejarah singkat internet ini, kita akan melihat beberapa pencapaian penting dalam perkembangan internet sejak pertama kali ditemukan.

1957: Depertemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk sebuah agensi kecil bernama ARPA (Advanced Research Projects Agency) untuk membangun teknologi demi kepentingan militer.

1961 – 1965: Institut Teknologi Massachusetts (MIT), mulai melakukan riset mengenai berbagi informasi dalam lingkup kecil jaringan telepon. ARPA adalah salah satu sponsor utamanya.

1966: Rencana ARPANET pertama kali diluncurkan oleh Larry Roberts dari MIT. Cikal bakal teknologi packet switching mulai digunakan dan jaringan kecil dalam lingkup universitas mulai dibangun.

1969: Departemen Pertahanan Amerika Serikat mempercayakan kepada ARPANET untuk melakukan riset lebih terkait jaringan (network). Node (satu titik dalam suatu jaringan komputer) jaringan resmi yang pertama-pertama adalah UCLA, Standford Research Institute (SRI), UCSB, dan Universitas Utah. Pengiriman informasi dari node ke node berhasil dilakukan dari UCLA ke SRI.

1971: Lebih banyak node masuk ke dalam jaringan, dengan total mencapai 15 node, termasuk Harvard dan NASA.

1973: ARPANET akhirnya mendunia, setelah Universitas College London dan Norway’s Royal Radar ikut bergabung.

1974: Komunikasi antar jaringan sekarang sudah menjadi lebih kompleks lagi. Data sekarang dikirimkan dengan lebih cepat dan efisien dengan desain yang dikenal dengan sebutan TCP (Transmission Control Program).

1976: Unix pertama kali dibangun di AT and T. Ratu Elizabeth berhasil mengirimkan email pertamanya.

1979: USENET, cikal bakal dari semua jaringan grup diskusi mulai dibangun.

1982: Protokol teknologi internet dibuat, yang lebih dikenal dengan sebutan TCP/IP (Transmission Control Protocol and Internet Protocol). Inilah pertama kalinya muncul istilah “internet” untuk menyebut koneksi antar jaringan.

1984: Jumlah penyedia informasi saat ini telah mencapai 1000 lebih, dengan penambahan baru setiap harinya.

1985: Domain pertama yang didaftarkan adalah symbolics.com.

1987: Jumlah host mencapai angka: 10.000!

1988: Worm internet pertama kali berhasil menginfeksi ribuan host.

1991: Tim Berners-Lee membangung World Wide Web.

1993: World Wide Web mengalami pertumbuhan tahunan secara mengejutkan, mencapai 341.634%.

1994: ARPANET merayakan ulang tahunnya yang ke-25.

1995 – 1997: RealAudio pertama kali memperkenalkan teknologi streaming internet, sistem dial-up muncul (America Online, Compuserve), pondasi dasar internet semakin bertambah kokoh dengan hadirnya MCI, Microsoft dan Netscape yang melawan supremasi browser WWW. Dan saat itu tercatat sudah ada lebih dari 70.000 mailing list.

1998 – sekarang: Internet terus berkembang dengan laju perkembangan yang luar biasa. Lebih banyak orang menggunakan internet untuk terhubung satu sama lain, menemukan informasi, membangun bisnis, dan berbagi informasi. Inilah era informasi, di mana orang-orang bertukar informasi dari mana saja, kapan saja dengan sangat mudahnya sepanjang sejarah peradaban manusia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here