4 Cara Agar Anak Bisa Terbuka Kepada Orang Tua

ERUDISI.com – Sebagai orang tua pasti kita menginginkan anak kita bisa bersikap terbuka dan jujur kepada kita tentang apapun itu. Orang tua hanya ingin memastikan

Arga Fica

4 Cara Agar Anak Bisa Terbuka Kepada Orang Tua ( Source Images:iStock)
4 Cara Agar Anak Bisa Terbuka Kepada Orang Tua ( Source Images:iStock)

ERUDISI.com – Sebagai orang tua pasti kita menginginkan anak kita dan jujur kepada kita tentang apapun itu. Orang tua hanya ingin memastikan bahwa anaknya dalam keadaan baik-baik saja tanpa ada satupun yang ditutupi.

Orang tua sangat senang jika anaknya bisa kepadanya, karena orang tua takut jika anaknya sedang mengalami hambatan ataupun masalah. Jadi jika orang tua bisa membantunya sebisa mungkin, setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya.

harus ditanamkan sejak anak masih dini agar anak mempunyai kebiasaan patuh dan penurut, adapun cara yang dapat diterapkan agar anak dapat memiliki sikap terbuka kepada orang tua.

:

1. Ajari Anak Untuk Selalu Berbagi Cerita

Langkah awal yang dapat diterapkan kita sebagai orang tua agar anak mulai memiliki kebiasaan sifat terbuka kepada orang tuanya adalah biasakan anak untuk selalu berbagi cerita ataupun pengalaman yang baru saja dia lewati atau alami baik itu pengalaman mengesankan, menyenangkan maupun sebaliknya.

Untuk itu ketika anak sepulang dari sekolah ataupun sepulang dari bermain tidak ada salahnya jika kita menanyakan tentang bagaimana keadaannya.

Karena pertanyaan tersebut dapat membantu membuka obrolan dengan anak agar dapat bersikap terbuka.

2.Menjadi Teman Yang Baik

Orang tua juga merupakan teman dan bahkan dapat dikatakan sebagai sahabat untuk anak-anaknya, karena orang tua selalu ada untuk anaknya baik di waktu senang atau pun sedih. Jika anak sedang bersedih maka orang tua sebisa mungkin melakukan apapun agar bisa membuat anaknya kembali tersenyum.

Seorang anak juga dapat merasakan kasih sayang dari orang tuanya sehingga anak akan menghargai  perhatian kecil yang diberikan orang tua. Memberikan waktu untuk bermain dan menghabiskan waktu sebentar bersama anak dapat membuat anak merasa nyaman, diperhatikan dan juga disayangi.

Sehingga hal tersebut dapat mendorong anak untuk dapat bersikap terbuka kepada orang tuanya.

3. Pendengar Yang Baik

Ketika anak sedang bercerita alangkah baiknya jika kita mendengarkan dengan baik dan cermat hindari bermain ponsel ataupun melakukan kesibukan yang lainnya, agar anak dapat merasa nyaman dan dihargai.

Jika kita sebagai orang tua kurang bisa menanggapi anak dengan baik maka seorang anak akan memilih untuk diam sehingga cenderung memiliki sikap yang tertutup.

4. Memberikan Nasehat

Jika anak sedang mengalami suatu hambatan sehingga membutuhkan bantuan, masukkan ataupun saran dari orang tuanya. Maka langkah awal yang harus kita ambil sebagai orang tua dalam membantu anak untuk menanganinya adalah kita harus mendengarkan dan menyimak kronologi ataupun cerita dari anak  terlebih dahulu dengan baik.

Selanjutnya kita membantu memikirkan apa penyebab bisa terjadinya suatu hambatan dan juga cara agar anak dapat melewati hambatan tersebut dengan baik.

Jika kita menemukan hambatan terjadi karena kesalahan yang ditimbulkan karena sengaja ataupun tidak di sengaja disebabkan oleh anak, janganlah marah dan emosi selesaikan dengan sikap yang tenang agar kedepannya anak tidak takut untuk bersikap terbuka kembali.

Itulah cara sederhana yang bisa kita terapkan dengan orang tua, sebagai orang tua tentu kita ingin mengetahui apa yang sedang terjadi ataupun sesuatu yang dipikirkan oleh anak kita. untuk itu melatih anak untuk selalu dapat bersikap terbuka kepada orang tua sangatlah penting.

 

Related Post