Menumbuhkan inner Strength anak

Kenapa Inner Strength Penting Bagi Anak? Ini Jawabannya

ERUDISI.com merupakan bagian yang penting orangtua perhatikan dalam membentuk karakter . Betapa inner strength ini akan bermanfaat bagi proses tumbuh kembang anak-anak kita.

Lalu Apa Sih Inner Strength itu?

Kekuatan batin adalah sesuatu yang dibangun sehingga seseorang memiliki kemampuan untuk siap menghadapi situasi sulit dalam hidupnya.

Anak-anak perlu kita ajari bagaimana menggunakan kekuatan batin mereka di masa muda sehingga jika kemudian hari mereka menemui masalah, mereka bisa menghadapi masalah tersebut sendiri.

Anak-anak harus belajar bagaimana menerima perubahan. Perubahan akan terjadi disekitar mereka terutama dalam kehidupan pribadi mereka. Melalui kekuatan batin mereka dapat dengan mudah mengatasinya.

Menumbuhkan inner Strength anak
Source image: First Cry

Kalau tidak, perubahan menjadi terlalu sulit anak-anak pahami. Anak kita harus tahu bagaimana merencanakan dan melaksanakan sesuatu, apa pun situasinya. Ini hanya bisa terjadi jika mereka bisa tetap tenang dan ulet. Inilah kekuatan batin.

Bagaimana Cara Membangun Inner Strength pada Anak?

Kekuatan batin seorang anak bisa orangtua bangun dengan banyak cara:

1. Belajar dari pengalaman hidup

Percayalah cerita orang tua kepada anak mengenai perjalanan hidup yang dilalui akan membekas di hati anak-anak. Ceritakan bagaimana ayah bunda mengatasi setiap masalah hidup yang mereka hadapi selama ini.
Jangan lupa ajak anak menyelami hikmah dari setiap peristiwa yang telah orang tuanya lalui.

2. Dorong Anak Percaya Pada Diri Sendiri

Kita tidak akan pernah bisa mengawasi anak sepenuhnya di luar. Olah karena itu orang tua harus mengajari anak-anak untuk bisa mempercayai diri dan memiliki solusi masalah mereka sendiri.
Anak-anak harus memiliki rasa percaya diri dan percaya pada insting mereka.

Latih anak untuk menyelami dirinya, latih mereka untuk berdialog dengan diri sendiri mengenai kekuatan dari dalam. Biarkan mereka mengungkapkan hasil evaluasi mereka pada diri mereka sendiri.

Cara ini akan membuat anak memahami bahwa mereka memiliki kekuatan di dalam diri yang bisa mereka andalkan dalam semua kondisi.

3. Bantu Anak Tingkatkan Fokus Mereka

Ajarkan anak untuk fokus karena pada masa-masa sulit seseorang dituntut untuk fokus pada masalah yang mereka hadapi. Jika mereka tidak dapat fokus dan mudah dialihkan maka anak kita tidak akan mampu menghadapi masalah dan menanganinya secara efektif.
Mereka perlu berkonsentrasi dan memikirkan solusi termasuk dalam kondisi genting sekalipun. Kehilangan keberanian berarti mereka kalah dalam lika-liku hidup.

4. Dorong Mereka Menjadi Positif

Selalu ajari anak kita untuk bersikap positif tentang semua hal. Pandangan pesimis akan membuat anak kita kehilangan harapannya bahkan sebelum mereka mencoba memikirkan solusi.
Dengan begitu mereka tidak akan pernah mengatasi keadaan.

Apa pun yang terjadi, anak kita harus memiliki keyakinan bahwa, “Saya bisa melakukannya, saya bisa keluar dari ini, saya bisa menghadapi ini”.

Tanamkan ide-ide ini ke dalam diri anak sehingga mereka dapat menghadapi situasi apa pun dan bersikap positif dalam menghadapinya. Kepositifan adalah kunci menuju kehidupan yang bahagia.

Telah terbukti bahwa jika seseorang melakukan hal-hal yang dia sukai pada saat krisis, berarti dirinya bisa menghadapinya dengan lebih baik. Bantu anak kita menjadi positif sehingga mereka bahagia dan bebas stress.

Seberapa Penting Inner Strength bagi Anak?

Betapa kekuatan batin ini sangat penting dimiliki setiap orang, termasuk anak-anak.M Jika kekuatan batin ini ada maka dalam situasi apapun mereka bisa mengandalkan kekuatan dari dalam.

Kekuatan batin akan terlihat dari sikap yang dipilih oleh anak-anak. Anak-anak dengan kekuatan batin yang bagus akan terlihat dari sikapnya. Mereka akan menjadi anak yang berani, percaya diri, baik hati, dan tangguh, saat berinteraksi dengan orang lain maupun diri sendiri.

Nah, bagaimana ayah bunda sudah memiliki mindset untuk menghadirkan inner strength anak kita? Semoga artikel “Pentingnya Inner Strength pada Anak Kita” di erudisi ini bermanfaat ya.

[]

 

 

 

Check Also

mengajarkan disiplin kepada remaja

Fase Perkembangan Remaja yang Harus Diketahui oleh Orang Tua

Fase remaja adalah salah satu fase yang paling sulit untuk dijalani, baik oleh orang tua …