4 Contoh Interaksi Sosial di Kehidupan Sehari-hari

Erudisi.com – Halo, sudah taukah kamu apa itu interaksi sosial? Buat apa sih interaksi sosial? Memang setiap orang harus banget ya melakukan interaksi sosial? Sekilas

Hilda Ayu

4 Contoh Interaksi Sosial di Kehidupan Sehari-hari (Source Image: Pinterest)

Erudisi.com – Halo, sudah taukah kamu apa itu ? Buat apa sih interaksi sosial? Memang setiap orang harus banget ya melakukan interaksi sosial?

Sekilas tentang interaksi sosial

Interaksi sosial adalah kondisi dimana dua orang atau lebih melakukan hubungan timbal balik. Dua orang atau lebih maksudnya adalah antara individu dengan individu atau individu dengan kelompok.

Interaksi sosial terjadi apabila adanya komunikasi dan kontak sosial. Komunikasi adalah percakapan antara dua orang atau lebih yang didalamnya menghasilkan suatu informasi. Misal, kalian berbicara kepada orang tua, itu termasuk komunikasi.

Sedangkan kontak sosial adalah suatu aktivitas yang mana individu atau kelompok melakukan isyarat. Isyarat ini bisa berupa salim, saling tegur sapa, saling tersenyum atau berpelukan.

contohnya ketika kalian hendak berangkat , tentu akan melakukan kontak sosial kepada orang tua yaitu dengan salim mencium tangan.

Tujuan interaksi sosial

Setiap manusia adalah , yang artinya manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. oleh sebab itu, sudah selayaknya sebagai manusia harus saling tolong menolong dan membantu orang lain.

Ketika kita ingin membantu orang lain, tidak mungkin tiba-tiba kita membantu. Harus diawali dengan interaksi sosial.

Tanpa adanya interaksi, kita tidak akan tahu bagaimana kondisi dan keadaan seseorang. Oleh sebab itu, tujuan adanya interaksi sosial adalah supaya merekatkan solidaritas, menjaga hubungan persahahabatan dan persaudaraan.

Tak hanya itu saja, untuk menjalin sebuah hubungan kerjasama, berdiskusi akan suatu hal, melakukan kegiatan jual beli atau perdagangan.

Interaksi sosial memang harus banget dilakukan, sebagai manusia kita nggak tahu jalan pikiran orang lain dan keinginan orang lain. nah agar sama-sama mengerti diperlukan sebuah interaksi sosial.

Contoh interaksi sosial

1. Saat berbelanja

Ketika kalian berbelanja sudah pasti akan terjadi komunikasi dengan penjual. Nah kegiatan tersebut dikatakan sebagai interaksi sosial.

Apalagi ketika kalian berbelanja bareng ibu, sudah pasti terjadi suatu aktivitas tawar menawar harga barang. Tawar menawar juga termasuk interaksi sosial loh.

Hal tersebut dikarenakan ketika tawar menawar terdapat komunikasi dan kontak sosial. Kontak sosial bisa seperti senyuman dari penjual.

Selain tawar menawar, kalian juga akan berinteraksi dengan penjual seperti bertanya kondisi barang apakah baik/buruk.

Selain dengan penjual, kalian juga berinteraksi dengan konsumen lainnya. Misalnya saja bertanya, dimana lokasi kasir atau fitting room.

2. Saat mencari rumah seseorang

Walau saat ini sudah ada aplikasi pelacak lokasi, tetap saja tidak akurat. Lebih baik bertanya langsung kepada warga sekitar.

Ketika kalian bertanya, itu termasuk interaksi sosial. Sebab, pertama kalian akan mengajak warga untuk berbicara tentang alamat rumah yang kalian tuju.

Terkadang nggak langsung menemukan, kalian juga terus diajak berbicara untuk mendapatkan informasi yang valid. Misalnya saja alamatnya di RT atau RW berapa atau jalan apa.

Selain itu, kalian juga akan melakukan kontak sosial berupa berjabatan tangan ketika informasi yang kalian inginkan telah selesai sebagai rasa terimakasih sebab telah dibantu.

3. Saat di sekolah

Ketika di sekolah tidak mungkin kalian diam saja, sudah pasti berbicara dengan teman satu bangku dan dengan . Kegiatan tersebut dikatakan sebagai interaksi sosial.

Tanpa adanya interaksi sosial, tidak mungkin terjadi kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah. Selain itu, kelas akan menjadi hening sebab tidak adanya interaksi antar murid.

Ketika kalian meminjam barang kepada teman, mengajak teman untuk pergi ke toilet, mengajak teman pergi ke kantin, termasuk dalam interaksi sosial

4. Saat berkumpul dengan keluarga

Ketika kumpul dengan keluarga, juga terdapat interaksi sosial. Berbicara dengan orang tua tentang aktivitas yang kalian lakukan selama di sekolah, termasuk interaksi sosial.

Tidak mungkin juga dalam satu hari kalian tidak berinteraksi dengan keluarga. Tanpa adanya interaksi, iklim keluarga akan hening dan tidak adanya kekompakan satu sama lain untuk saling membantu.

Nah itu tadi contoh 4 interaksi sosial di lingkungan sekitar. Semoga membantu kalian ya

Related Post