5 Cara Mudah Mengatasi Perasaan Stres

ERUDISI.com – Hampir semua orang pernah mengalami dan merasakan stres di dalam kehidupannya. Seseorang bisa mengalami stres ketika hati dan pikirannya terlalu merasakan kesal, marah,sedih

Arga Fica

5 Cara Mudah Mengatasi Perasaan Stres foto: (pexels)
5 Cara Mudah Mengatasi Perasaan Stres foto: (pexels)

ERUDISI.com – Hampir semua orang pernah mengalami dan di dalam kehidupannya. Seseorang bisa mengalami stres ketika hati dan pikirannya terlalu merasakan kesal, marah,sedih dan kecewa yang terlalu dalam dengan situasi yang sedang dialaminya.

Sehingga stres juga dapat mempengaruhi suasana hati dan kepribadian seseorang, untuk itu ketika kita sedang mengalami stres jangan biarkan diri kita terus terjebak dalam suasana hati dan pikiran yang  sedang stres.

Kita harus bisa membantu diri kita untuk menenangkan dan yang sedang  ada pada dalam diri kita, supaya hati dan pikiran kita menjadi lebih baik dan tenang untuk itu kita bisa mengatasi rasa stres yang sedang kita alami dengan cara yang sederhana seperti berikut.

Dengan Mudah :

1. Mendengarkan Musik

Percaya atau tidak bahwa musik ternyata merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menenangkan pikiran dan perasaan seseorang meskipun perasaan sedang dalam situasi kurang baik sekalipun, untuk itu tidak ada salahnya ketika kita mulai merasa stres dan lelah dengan situasi yang sedang kita alami kita mendengarkan musik yang kita sukai ataupun musik yang sedang cocok dengan kondisi yang sedang kita alami.

Atau bisa juga kita mendengarkan lagu yang mampu membangkitkan kembali rasa semangat yang ada didalam diri kita agar tidak terlarut dalam perasaan gelisah dan stres.

2. Bercerita Kepada Seseorang

Biasanya orang sedang mengalami stres hati dan juga pikirannya terasa penuh dan sesak akibat memendam semua apa yang dia rasakan dan pikirkan sendirian, tak jarang dia sendiri juga menjadi kewalahan dengan pikirannya sendiri.

Oleh karena itu demi kesehatan mental  ketika ada sesuatu yang membuat hati dan pikiran kita merasa tidak tenang, maka tidak ada salahnya jika kita menceritakan apa yang sedang kita alami kepada orang yang kita percayai karena siapa tau saja orang yang kita percayai dapat memberikan saran ataupun membantu kita.

Bercerita kepada orang lain juga dapat membuat hati dan pikiran terasa lebih tenang dan lega daripada harus menyimpan dan memendam semua perasaan sendirian, untuk itu janganlah ragu untuk berbagi cerita.

3. Mengalihkan Dengan Aktivitas Positif

Jangan jadikan rasa stres sebagai alasan untuk bermalas-malasan dengan berdiam diri saja karena tindakan tersebut dapat membuat pikiran kita menjadi overthinking, ketika stres cobalah pakai untuk melakukan aktivitas positif seperti melakukan olahraga, jalan-jalan  hingga melakukan hobi kesukaan karena itu akan membuat perasaan kita menjadi jauh lebih baik.

Ketika kita berhasil melakukan aktivitas yang kita anggap menyenangkan maka kita dapat melupakan sejenak perasaan stres yang sedang kita alami sehingga mampu menenangkan hati dan pikiran kita yang sedang kurang baik.

4. Tidur

Tidur juga salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa stres yang sedang kita alami karena setelah bangun tidur biasanya badan dan juga pikiran kita menjadi lebih segar dan tenang, meski tidur dapat menenangkan perasaan stres jangan sampai kita memutuskan untuk tidur terus ataupun seharian mengurung diri dengan berada dikamar cukup istirahatlah secukupnya.

5. Menikmati Waktu Sendiri

Saat kita sedang stres suasana hati kita juga akan ikut terpengaruh untuk itu berikanlah waktu khusus buat kita sendiri agar perasaan kita dapat mendapatkan ketenangan, tidak ada salahnya untuk menyendiri terlebih dahulu daripada harus bertemu dengan banyak orang dengan pikiran dan suasana hati yang kurang baik karena tindakan tersebut dapat membuat kita semakin tertekan.

Itulah beberapa cara yang dapat  dilakukan untuk yang sedang kita alami, jangan biarkan rasa stres yang kita alami merusak suasana hati dan pikiran kita.

Related Post