5 Etika Berbicara dengan Orang Lain

ERUDISI.com – Memahami etika saat berbicara dengan orang lain sangat diperlukan agar orang lain merasa senang dan nyaman saat berbicara dengan kita, sikap kita saat

Arga Fica

5 Etika Berbicara dengan Orang Lain foto:(pexels)
5 Etika Berbicara dengan Orang Lain foto:(pexels)

ERUDISI.com – sangat diperlukan agar orang lain merasa senang dan nyaman saat berbicara dengan kita, sikap kita saat berbicara dengan orang lain secara tidak langsung juga dapat mencerminkan kepribadian yang kita miliki.

Jika kita ingin dihargai oleh orang lain maka kita pun juga harus bisa menghargai orang lain, kita sendiri pun ketika berbicara kepada orang lain pasti berharap ingin didengarkan dan diperhatikan begitu pula sebaliknya.

untuk itu pada saat orang lain berbicara kepada kita adapun beberapa etika yang harus diperhatikan, agar sikap kita tidak mengecewakan orang lain simak berikut.

Inilah :

1. Fokus Kepada Lawan Bicara

Jika ada seseorang yang berbicara dengan kita maka kita harus fokus kepadanya sepenuhnya seperti menatapnya dan mendengarkan topik yang sedang dibicarakan nya dengan baik, hindari menundukkan kepala atupun mengalihkan arah pandangan ke benda yang ada disekitar kita.

Meskipun topik pembicaraan tidak ada sangkut paut nya dengan kita, maka kita tidak boleh mengabaikannya dan menyepelekan nya begitu saja. Karena bisa saja dia memilih untuk berbicara dengan kita karena dia percaya bahwa kita mampu memberikan kritikan dan saran yang dapat membantu nya.

2. Hindari Main Ponsel

Saat ini hampir semua orang mempunyai ponsel dan lebih parahnya lagi ada beberapa orang yang kecanduan ponsel karena di dalam ponsel ada sesuatu yang menurutnya menyenangkan seperti game dan berbagai macam jenis media sosial lainnya, kemana-mana juga wajib membawa ponsel seakan-akan ponsel harus tetap berada digenggaman dan tidak boleh terlepas.

Pada waktu berbicara dengan orang lain pun biasanya seseorang yang kecanduan ponsel jarang menatap wajah lawan bicaranya sebab dia sibuk dengan keasikan nya bermain ponsel, hal tersebut dapat membuat orang lain merasa diabaikan dan kurang dihargai.

3. Hindari Memotong Pembicaraan

Saat lawan bicara kita sedang mengungkapkan pendapatnya maka kita tidak boleh secara spontan memotong pembicaraannya, karena tindakan tersebut sangat kurang baik dan terkesan tidak sopan. Jika kita ingin berbicara maka tunggulah sampai lawan bicara kita selesai berbicara barulah kita yang bicara.

Pada saat kita sendiri sedang berbicara kepada orang lain dan ketika kita belum selesai bicara terus ada seseorang yang memotong pembicaraan kita pasti kita akan merasa kesal kepadanya begitu pula sebaliknya, jika kita ingin di hargai oleh orang lain maka kita juga harus bisa menghargai dulu orang lain.

4. Hindari Mendominasi Percakapan

Dalam proses percakapan biasanya terdiri dari dua orang atau lebih dan tujuan dari percakapan biasanya ingin mendapatkan sebuah respon atau pendapat dari orang lain, oleh karena itu jika kita sedang berdiskusi atau bertukar pendapat dengan orang lain maka berilah orang lain waktu untuk mengutarakan pendapat nya jangan sampai kita terus yang asik berbicara.

Berilah orang lain kesempatan untuk berbicara dan dengarkan dengan baik, setelah selesai berbicara maka berikanlah respon balik agar terciptanya keseimbangan dalam proses pembicaraan.

5. Menjaga Ekspresi Diri

Saat seseorang sedang berbicara dengan kita maka kita harus bisa menjaga sikap kita hindari menampilkan ekspresi wajah seperti menampilkan senyum sinis dan menyeringai karena itu terkesan seperti meremehkan orang lain dan tidak sopan.

Itulah beberapa etika yang harus diterapkan saat berbicara dengan orang lain, tidak ada ruginya bagi kita untuk selalu memperhatikan dengan baik seseorang yang sedang berbicara dengan kita sebagai bentuk menghargai orang lain.

Related Post