6 Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Terlihat Percaya Diri

ERUDISI.com – Kepercayaan diri merupakan salah satu sikap yang harus seseorang miliki  karena dengan mempunyai rasa percaya diri, seseorang dapat berkomunikasi untuk membangun dan mempererat hubungan

Arga Fica

6 Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Terlihat Percaya Diri foto: (pexels)
6 Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Terlihat Percaya Diri foto: (pexels)

ERUDISI.com – Kepercayaan diri merupakan salah satu sikap yang harus seseorang miliki  karena dengan , seseorang dapat berkomunikasi untuk membangun dan mempererat hubungan dengan orang lain.

Seseorang yang kurang percaya diri saat berhadapan dengan orang lain dirinya sering merasa cemas,grogi dan gugup dan tak jarang karena sikapnya yang seperti itu orang lain menjadi kurang tertarik dan tidak nyaman dengannya.

Jika kamu juga termasuk salah satu orang yang kurang percaya diri segeralah mencoba lakukan beberapa cara berikut, agar kamu kedepannya dan mulai saat berhadapan dan  berbicara dengan orang lain.

:

1. Menenangkan diri

saat kamu merasakan grogi ketika akan berhadapan dan berbicara dengan seorang yang sudah kamu kenal maupun yang belum kamu kenal, cobalah untuk mengontrol perasaan dan pikiranmu yang sedang rasa grogi bisa dilakukan dengan cara mengambil nafas lalu tahan sebentar dan hembuskan lakukan hal tersebut beberapa kali hingga kamu merasa tenang.

2. Hindari Berpikir Negatif

Seseorang menjadi tidak percaya diri karena dia merasa mempunyai kekurangan dan takut jika orang lain menjauhi dan menganggapnya buruk, jika kamu mempunyai kebiasaan pemikiran seperti ini segeralah hentikan.

Pikiran negatif yang kamu buat sendiri dapat mempengaruhi perasaan dan juga tingkah laku kamu, jika kamu takut orang lain tidak menyukaimu maka kamu akan memaksa dirimu menjadi seseorang yang dia sukai.

Jangan pernah berusaha menjadi orang lain hanya karena ingin disukai oleh orang lain dan untuk mendapatkan teman, sebab teman yang baik pasti akan menerima kamu apa adanya tetaplah menjadi dirimu sendiri.

3. Latihan Berbicara

Jika kamu adalah tipe orang yang kalau berbicara dengan tempo cepat selalu belibet, jika mempunyai waktu luang cobalah untuk mencoba latihan berbicara sendiri.

Dengan cara cobalah  mengucapakan huruf vokal a,u,i,e,o dengan jelas dan tegas berulangkali karena tindakan tersebut dapat melatih otak dan lidah kamu agar tidak belibet lagi dalam mengucapkan kata.

4. Latihan Mengekspresikan Wajah

Untuk kamu perlu memperhatikan setiap ekspresi wajah saat berhadapan dan berbicara dengan orang lain, Jika saat ada orang lain dan kamu memasang ekspresi wajah datar saja maka orang lain akan merasa malas dan bosan denganmu.

Jika kamu ada waktu luang cobalah untuk berbicara dan mengekspresikan wajah di depan cermin. Cobalah latihan bagaimana cara mengekspresikan wajah bahagia, simpati, serius dan lain sebagainya kamu harus bisa belajar bagaimana cara menangapi pembicaraan orang lain dengan ekspresi wajah yang baik dan tepat.

5. Menatap Lawan Bicara

Biasanya orang yang kurang percaya diri saat diajak berbicara dia akan menundukkan kepala atau mengalihkan pandangannya kearah lain, untuk bisa terlihat percaya diri kamu harus bisa menatap mata ataupun wajah lawan ada di depan kamu.

Meski kamu merasa grogi,malu dan canggung tetaplah memberanikan diri untuk menatap lawan bicaramu, jika kamu berani menatapnya maka kamu akan terlihat lebih tegas dan percaya diri.

6. Menjadi Pendengar Yang Baik

Saat orang lain sedang berbicara simaklah dan perhatikan setiap pembicaraannya dengan baik, agar kamu dapat memberikan jawaban maupun respon yang tepat sesuai dengan pembicaraannya.

Jika kamu kurang menyimak dan memperhatikan pembicaraannya maka kamu pasti akan terlihat seperti orang kebingungan, tak jarang kamu juga akan meminta seseorang tersebut untuk mengulang perkataannya dari sikap seperti ini dapat membuat orang tau bahwa kamu terlihat sedang grogi sehingga tidak bisa konsentrasi.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu mulai terapkan agar kamu terlihat lebih percaya diri, karena orang yang mempunyai rasa percaya diri dapat menarik dan membuat nyaman seseorang.

Percaya diri memang diperlukan namun jangan sampai kamu memiliki rasa kepercayaan diri yang terlalu tinggi, karena kepercayaan diri yang terlalu tinggi atau berlebihan juga tidaklah baik.

Related Post