6 Ciri-ciri Orang yang Tidak Bisa Bertanggung Jawab

ERUDISI.com – Saat akan memberikan kepercayaan kepada seseorang kita harus hati-hati dan yang lebih penting kita harus mengenal sifat nya dengan baik terlebih dahulu, jangan

Arga Fica

6 Ciri-ciri Orang yang Tidak Bisa Bertanggung Jawab foto: (Freepik)
6 Ciri-ciri Orang yang Tidak Bisa Bertanggung Jawab foto: (Freepik)

ERUDISI.com – Saat akan memberikan kepercayaan kepada seseorang kita harus hati-hati dan yang lebih penting kita harus mengenal sifat nya dengan baik terlebih dahulu, jangan sampai asal pilih orang atau mempercayai orang lain.

Pilihlah seseorang yang memiliki rasa terhadap diri sendiri maupun pekerjaan, sebab orang yang bisa bertanggung jawab selalu dapat diandalkan dan dipercaya.

Tidak semua orang memiliki rasa tanggung jawab yang besar, kita dapat melihat orang yang kurang maupun tidak bertanggung jawab dengan memperhatikan setiap pembicaraannya dan juga tindakannya dan biasanya memiliki beberapa ciri-ciri seperti berikut.

Inilah :

1. Suka Mengabaikan Orang Lain

Saat kita sedang berbicara pada seseorang perhatikanlah respon orang tersebut dengan baik, apakah dia mendengarkan atau malah mengabaikan kita.

Jika dia mendengarkan kita berarti dia  bisa kita percayai untuk diberikan tanggung jawab, namun jika dia mengabaikan kita maka dia adalah tipe orang yang tidak mau tau dan kurang bertanggung jawab.

2. Suka Meremehkan

Saat diberikan tugas ataupun pekerjaan seseorang yang tidak memiliki rasa tanggung jawab tak jarang dia selalu memandang ringan tugas dan pekerjaannya, dia menganggap bahwa dirinya sudah bisa dan pandai menguasai tugas dan bidang pekerjaannya.

Kita bisa melihat orang yang suka meremehkan tugas maupun pekerjaannya dari tindakannya, orang yang suka meremehkan tugas dan pekerjaannya sering menunda-nunda untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang sudah menjadi kewajibannya.

3. Sering Beralasan

Karena sikapnya yang tidak bisa bertanggung jawab saat tugasnya belum siap maka dia akan melakukan pembelaan diri dengan cara memakai bermacam-macam alasan, sebab dia tidak ingin dimarahi dan disalahkan untuk itu dia akan berusaha berbohong dengan mencari berbagai macam alasan demi mencari aman.

Jika kamu mempunyai teman yang suka beralasan maka kamu harus hati-hati jika ingin mempercayakan sesuatu padanya, jangan sampai kamu menyesal dikemudian hari karena orang yang suka beralasan tentu tidak bisa diberikan tanggung jawab.

4. Tidak Konsisten

Perhatikan setiap perkataan seseorang dengan baik-baik karena kita dapat mengenali karakter seseorang dari perkataannya, orang yang tidak bisa bertanggung jawab pasti perkataannya selalu tidak sama dan tetap alias suka berubah-ubah.

Misalnya saja diawal dia yakin bisa mengerjakan semua tugas yang kamu berikan namun tidak lama kemudian dia bilang bahwa dirinya kurang bisa menguasai tugas yang akan kamu berikan, biasanya teknik ini digunakan untuk menolak dan menghindari tugas karena tidak bisa bertanggung jawab.

5. Sering Melakukan Kesalahan Yang Sama

Seseorang bisa melakukan kesalahan melupakan suatu hal yang lumrah terjadi namun jika sering melakukan kesalahan yang sama itu yang tidak biasa, jika kamu menemukan seseorang yang sudah berulangkali melakukan kesalahan artinya dia belum bisa diberikan tanggung jawab dan masih memerlukan bimbingan.

6. Selalu Menghindari Masalah

Orang yang tidak tanggung jawab adalah orang yang suka lari dari masalah yang telah dia sendiri timbulkan, bukannya memperbaiki kesalahannya agar masalah lekas selesai dia memilih untuk menghindari dan membiarkan masalah begitu saja dan tindakan ini dapat merugikan pihak lain.

Itulah beberapa ciri orang yang tidak bisa bertanggung jawab yang harus kamu ketahui jangan sampai kamu salah memilih orang agar tidak dikecewakan dan dirugikan oleh orang yang tidak bisa bertanggung jawab atas setiap perbuatannya.

Related Post