6 Tips dan 6 Cara Memilih Ponsel Terbaru

Nah, masih merasa bingung cara memilih ponsel android yang akan kamu beli sedangkan khususnya untuk daerah Negara Indonesia ini sudah banyak sekali jenis ponsel terutama android mulai dari merek sampai fitur yang di unggulkan serta promosi sana sini yang bikin kita tambah semakin bingung.

Sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk memilih ponsel sesuai dengan kebutuhan kita, karena jika kita hanya butuh utuk bbm-an atau facebook-an saja hanya dengan ponsel android seharga 500 ribu saja sudah cukup.

Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu jadikan referensi pada saat memilih ponsel baru :

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Sudah kita bahas sedikit diatas tadi bahwa jika kita ingin membeli sebuah ponsel maka kita sudah seharusnya menyesuaikan kebutuhan, misal kita membeli ponsel untuk bermain game lalu kita membeli ponsel yang spesifikasinya kecil maka ini tidaklah sesuai karena untuk bermain game diponsel android terutama game online maka butuh spesifikasi yang lumayan tinggi.

Jika seandainya kita membeli ponsel berspesifikasi rendah maka bukan tidak mungkin saat memainkan game tersebut ponsel kita mengalami kelambatan sistem karena permintaan spesifikasi dari game tersebut tidak terpenuhi oleh ponsel kita dan bahkan bisa jadi game tersebut tidak bisa sama sekali dibuka atau dijalankan.

Jika kita hanya butuh untuk media sosial saja seperti FB, BBM, dll maka kita tidak perlu membeli ponsel yang berspesifikasi tinggi.

2. Sesuaikan Biaya

Biaya yang akan kita keluarkan juga penting untuk kita kaji kembali karena harga sangat menentukan sebuah kuwalitas sebuah ponsel, maka siapkan biaya yang akan kita keluarkan untuk membeli ponsel nantinya

3. Survey dan Bandingkan

Nah, jika kita sudah menentukan ponsel apa yang akan kita beli sekarang mulailah menyurvei terlebih dahulu dan bandingkan, semisal kita sudah mempersiapkan biaya 1 juta rupiah maka coba kita cari terlebih dahulu diinternet atau digerai terdekat ponsel merk apa saja yang berharga sekitaran 1 juta rupiah dan jika kita sudah disuguhi dengen ponsel beberapa tipe maka saatnya kamu bandingkan spesifikasi beberapa ponsel tersebut.

Contoh :
-Merk A Rp : 1000.000
Spesifikasi =RAM 1GB, CPU Dualcore 1000 mhz, Battery 1000 Mah
-Merk B Rp : 1000.000
Spesifikasi =RAM 512MB, CPU Dualcore 1300 mhz, Battery 1100 Mah
-Merk C Rp : 1050.000
Spesifikasi =RAM 1GB, CPU Dualcore 1200 mhz Battery 1500 Mah

Dari perbandingan diatas maka bisa kita tahu bahwa dari segi RAM, CPU, dan Battery sudah berbeda semua dan hargapun tidak jauh berbeda, maka pastinya jika kita diberi pilihan memilih maka kita pasti akan memilih merk C yang berharga Rp : 1050.000 yang spesifikasinya diatas dari merk A dan B dengan harga tidak jauh berbeda.

Namun jika kamu tetap ingin harga pas Rp : 1000.000 maka merek B adalah pilihannya, mengapa harus merk B yang jelas jelas merk A mempunyai RAM 1GB ? Karena CPU dan Battery yang besar juga sangat penting agar saat kita memakai ponsel tersebut tidak lambat atau lemot serta bisa digunakan waktu yang lama dengan kapasitas Battery yang besar.

RAM bisa diatasi dengan tidak terlalu banyak memasang aplikasi maka ram 512mb sudah cukup mumpuni atau bisa juga memasang aplikasi Greenify agar proses yang digunakan hanya yang kita gunakan saja.

4. Perhatikan Garansi

Garansi ponsel baru biasanya 1 tahun penuh dengan syarat dan ketentuan berlaku hal ini juga penting kita perhatikan karena dikhawatirkan ada masalah dengan ponsel tersebut maka kita bisa mengklaim garansi tersebut karena tidak semua ponsel yang baru kita beli tersebut yang tidak ada masalah.

Misal suara ponsel tersebut kecil atau ketika kita sudah mulai pemakaian tiba tiba sinyal yang diterima ponsel tersebut tidak stabil dan itu biasanya diganti dengan yang baru oleh perusahaan ponsel tersebut jika kita mengajukan klaim.

5. Perhatikan Aksesoris yang Didapat oleh Ponsel Tersebut

Perhatikan juga semua aksesoris yang kita dapatkan didalam kotak, umumnya aksesoris yang disertakan dalam ponsel baru yaitu Charger,Data Cable dan Headset.

Jika didalam kotak tersebut tidak ada salah satunya misal Headset lebih baik tanyakan apakah ponsel tersebut memang tidak mendapat Headset atau memang tertinggal saat pemilik toko sedang mencoba coba ke pelanggan lain.

6. Coba Dahulu Semua yang Ada Pada Ponsel Tersebut Termasuk Aksesoris

Bukan tidak mungkin ponsel baru yang dimana jika kita masukan kartu memori lalu ponsel tersebut tidak bisa membaca memori tersebut, hal ini cukup serius jika ada satu kekurangan yang berdasar pada inti inti ponsel tersebut seperti slot kartu sim, slot kartu memori, soket headset, soket kabel data atau tempat isi ulang baterai.

Lebih baik semua itu dicoba terdahulu agar nantinya kita tidak menyesal dikemudian hari.

Sekian tips cara memilih ponsel baru yang akan kita beli, jangan ragu untuk membeli ponsel baru jika itu memang kebutuhan karena pada jaman sekarang ini hidup tanpa ponsel bagaikan taman tak berbunga.

Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here