8 Cara Agar Terhindar dari Aksi Kejahatan

ERUDISI.com – Pelaku kejahatan kini masih terus saja ada dan bahkan mereka mempunyai cara terbaru untuk mengelabuhi calon korban, diantaranya seperti menawarkan berbagai macam bantuan

Arga Fica

8 Cara Agar Terhindar dari Aksi Kejahatan Sumber foto:(pixabay)
8 Cara Agar Terhindar dari Aksi Kejahatan Sumber foto:(pixabay)

ERUDISI.com – Pelaku kejahatan kini masih terus saja ada dan bahkan mereka mempunyai cara terbaru untuk mengelabuhi calon korban, diantaranya seperti menawarkan berbagai macam bantuan ataupun menjanjikan sesuatu yang menawarkan calon korban keuntungan hingga korban tergiur.

Kini yang perlu kita lakukan adalah terhadap kedatangan orang asing yang sekiranya tingkah lakunya patut untuk diwaspadai demi keamanan dan keselamatan diri, untuk itu kita dapat menerapkan cara berikut ini sebagai bentuk kewaspadaan agar terhindar dari aksi pelaku kejahatan.

:

1. Hindari Memakai Perhiasan

Hindari memakai perhiasan yang berlebihan karena itu dapat memicu aksi kejahatan seperti perampokan dan perampasan harta, lebih baik simpan perhiasan di rumah di tempat yang aman agar terhindar dari aksi kejahatan.

2. Jangan Mudah Percaya

Ketika ada seseorang yang menawarkan bantuan maupun progam menarik lainnya yang menawarkan keuntungan dengan mudah, namun kita dimintai jaminan seperti mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu maka jangan mudah langsung percaya karena bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu trik modus kejahatan.

3. Jangan Berkendara Sendirian

Biasanya para pelaku kejahatan sering mengintai mereka yang sedang berkendara sendiri, baik itu perempuan maupun laki-laki yang sekiranya mudah untuk dijadikan sasaran.

Lebih baik mengajak keluarga ataupun teman untuk menemani disaat mau berpergian, apa lagi jika rute perjalanan ada yang melewati daerah sepi dan rawan.

4. Hindari Melewati Jalan Sepi

Pilih lah melewati jalanan yang rame meskipun itu jarak nya lebih jauh dari pada melewati jalan sepi, biasanya para pelaku kurang suka daerah keramaian dan cenderung menyukai tempat yang lebih sepi untuk melancarkan aksi nya.

5. Jangan Meletakan Barang Berharga Di Tas

Saat berpergian alangkah baik nya jika kita menaruh barang berharga seperti dompet dan HP pada saku dalam yang terletak pada jaket, hindari menaruh dompet dan HP pada saku samping dan belakang karena itu sangat mudah untuk diambil oleh orang lain tanpa kita sadari.

6. Hindari Bermain Ponsel Saat Naik Motor

Ada beberapa kasus yang menimpa sebagian orang karena main ponsel ketika naik motor, baik itu sedang menyetir maupun saat di bonceng.

Para pelaku biasanya terdiri dari dua orang melancarkan aksi nya dengan cara merampas ponsel dari genggaman tangan korban dan langsung membawa lari dengan motornya tentunya dengan kecepatan yang tinggi sehingga korban tidak bisa mengejarnya.

7. Mengunci Pintu

Ketika berada di rumah sendirian akan lebih aman jika kita mengunci pintu rumah kita, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kedatangan orang asing atau orang yang tidak dikenal.

Bila waktu sendiri dan kedatangan tamu yang tidak dikenal tentu kita akan merasa was-was karena takut jika dia adalah orang jahat, maka kita bisa memanggil tetangga atau saudara terdekat untuk menemani kita untuk menemani tamu orang tak dikenal tersebut.

8. Nomor Tidak Dikenal

Masih sering terjadi aksi menelpon dan mengirim pesan kepada seseorang dengan mengaku bahwa dirinya, merupakan kerabat maupun teman lamanya yang sedang merantau di luar kota maupun daerah.

Modus tersebut mungkin sudah tidak terdengar asing lagi bagi sebagian orang yang telah mengetahui bahwa pesan tersebut merupakan salah satu modus, namun ada juga seseorang yang percaya bahwa nomor tersebut merupakan nomor kerabat maupun temannya.

Karena pelaku tentunya juga punya taktik untuk membuat orang lain percaya dengannya, umumnya modus ini meminta korban untuk mengirimkan sejumlah nominal pulsa atau juga meminjam sejumlah uang.

Untuk meningkatkan kewaspadaan dan keamanan harta, benda serta keselamatan diri kita dari maraknya tindakan aksi kejahatan, kita bisa menerapkan cara tersebut untuk terhindar dari aksi pelaku kejahatan.

Related Post