Akibat Tidak Menggunakan Pelindung Anti Gores pada Layar Smartphone

Bagaimana agar layar sentuh pada ponsel kamu aman dari goresan? Ya salah satu nya adalah melindungi layar tersebut dengan anti gores.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan bahas efek yang ditimbulkan jika  kita tidak menggunakan pelindung anti gores. Namun sebelum kita bahas lebih jauh lagi, saya akan sedikit jelaskan dimana terdapat dua lapisan di layar ponsel kamu.

Perhatikan di bawah ini:

1. Lapisan paling dalam adalah apa yang kita sebut dengan LCD (Liquid Crystal Display). Nah, LCD ini secara garis besar berfungsi menampilkan apa yang diperintahkan oleh ponsel kita agar menjadi sebuah gambar.

2. Lapisan luar adalah apa yang kita sebut dengan Layar sentuh/Touch screen. layar sentuh ini berfungsi layaknya keypad, fungsinya sama dengan keypad, namun berbeda cara menggunakannya saja.

Gambaran di atas hanya secara garis besar saja. Tapi kita kali ini tidak akan membahas lebih jauh. Lain waktu akan kita bahas lebih jauh tentang apa fungsi secara rinci fungsi kedua perangkat keras tersebut.

Kembali ke topik bahasan kita.

Pernah mendengar layar sentuh tipe gorilla glass?

Gorilla glass adalah salah satu teknologi yang diterapkan di layar sentuh, dimana gorilla glass tersebut kuat terhadap suatu goresan.

Tapi tahukah kamu, bahwa apa pun tipe layar sentuh kamu, meski itu bagus atau pun tidak, semua memiliki kelemahan dan kelebihan. Gorilla glass tersebut tahan meskipun digores dengan benda tajam, seperti silet atau bisa mematikan api rokok sekalipun di layar sentuh tersebut, namun ada yang pernah mencoba menggesekan dengan semen pada sambungan keramik dan pasir, hasilnya adalah gorilla glass tergores.

Nah disarankan gunakan pelindung anti gores di ponsel kamu. Ini demi mencegah tergores nya kaca layar sentuh utama di ponsel kamu.

Jika sudah terjadi goresan apa yang terjadi?

Ini ada beberapa akibat yang akan ditimbulkan oleh tergoresnya layar sentuh:

  • Layar akan terlihat buram dan itu benar-benar akan mengganggu saat kita menatap layar tersebut.
  • Jika sudah tergores meskipun kamu memasang anti gores ini sudah tidak lagi sempurna. Kenapa? Karena yang akan dilindungi sudah tergores, apalagi jika goresan itu sudah bisa dibilang sudah cukup parah.
  • Yang satu ini mungkin akan sedikit menyesal jika terjadi. Jika memang sudah cukup parah, maka jalan satu satu nya adalah mengganti layar sentuh tersebut dan ada salah satu merk ponsel dimana jika kita hendak mengganti layar sentuhnya juga harus mengganti satu paket dengan layar LCD dan itu akan lebih mahal biaya yang harus dikeluarkan.Sedangkan jika kamu sudah mengganti layar sentuh tersebut, maka biasanya tidak akan sempurna seperti saat ponsel kamu baru keluar dari kemasannya.
  • Selain itu pun karena sudah tergores maka layar LCD pun akan terlihat buram dan butuh kontras yang tinggi agar terlihat jelas. Ini akan menambah masalah, karena kontras yang terlalu tinggi akan lebih menguras konsumsi daya baterai. Lagi pula jika kita menggunakan anti gores akan lebih murah biayanya, karena pada saat anti gores tersebut rusak baru kita menggantinya kembali dengan yang baru.

Selain sedikit gambaran di atas, masih banyak yang kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa ditimbulkan. Penggunaan anti gores bukan berlaku di ponsel Android saja, namun untuk tipe ponsel lain yang telah menerapkan teknologi layar sentuh.

Demikian beberapa tips tentang anti gores dan layar sentuh. Mudah-mudahan bisa berguna dan bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here