Arsip Blog: Mengapa Penting?

Arsip blog adalah salah elemen penting dalam blogging. Arsip blog bisa dikatakan sebagai jantung dari konten blog Anda.

Sementara posting terbaru Anda muncul di halaman depan, posting-posting lama bisa jadi akan lebih sulit ditemukan oleh pembaca. Nah, di sinilah arsip blog memegang peranan.

Hampir semua aplikasi blogging telah dilengkapi dengan fasilitas arsip ini, yang membuat pengunjung blog dengan mudah menemukan posting lama Anda kapan saja mereka mau.

Perkembangan arsip blog

Dulu ketika weblog pertama kali muncul dan berkembang, blog lebih berupa sebuah diari pribadi, catatan keseharian penulisnya, dimana entri-entri ditampilkan berdasarkan urutan tanggal publikasinya. Pengunjung harus menggulung jauh ke bawah untuk menemukan entri yang ingin mereka baca.

Namun, saat ini blog telah berkembang sedemikian jauh. Blog saat ini menjadi salah satu sumber informasi utama dalam berbagai bidang, sumber berita, bahkan menjadi alat komunikasi bisnis. Sehingga membuat pembaca dapat menemukan konten dengan mudah adalah menjadi satu hal yang penting.

Akhirnya, fasilitas arsip blog menjadi lebih penting dan bermanfaat bagi pembaca, kemudian penyedia aplikasi blogging menyediakan fitur yang memudahkan pembaca menemukan posting lama blog dengan lebih mudah. Dan posting-posting lama blog itu kemudian dikenal sebagai arsip blog.

Mengapa arsip blog itu penting?

Arsip blog adalah salah satu faktor penting untuk kesuksesan blog Anda karena beberapa alasan. Yang terutama adalah membuat blog Anda ‘berbobot’ dan kredibel. Blog yang memiliki arsip berbilang tahun, tentu akan dianggap lebih solid dibanding blog dengan arsip hanya berbilang bulan.

Pada saat yang sama arsip blog menyediakan cara kepada pengunjung menemukan posting lama Anda, dengan cara yang mudah, terorganisir, baik berdasarkan waktu ataupun berdasarkan kategori artikel Anda.

Bagaimana mengatur arsip blog Anda?

Perlu diingat, masing-masing aplikasi blogging menyediakan fitur dan cara berbeda dalam mengorganisir arsip blog. Jika memungkinkan, tampilkan arsip blog Anda berdasarkan waktu dan kategori, dan tempatkan di sidebar. Kemudian, tampilkan pula kategori setiap posting, di bagian bawah atau bagian atas artikel Anda. Jika memungkinkan pula, tampilkan fasilitas related post, di akhir setiap posting Anda.

Cara lain yang juga cukup baik untuk memaksimalkan visibilitas arsip blog Anda adalah dengan menampilkan arsip berdasarkan kategori di sidebar atau pun di footer blog. Tampilkan 3 – 5 posting terbaru dari kategori populer blog Anda untuk memudahkan pengunjung mengakses arsip blog.

Bisa juga Anda menampilkan posting yang paling banyak dibaca pengunjung, begitu pula dengan posting yang paling banyak dikomentari, posting yang terakhir dikomentari dan sebagainya. Dengan cara ini membuat blog Anda semakin kuat, dengan menampilkan kekayaan arsip blog Anda yang bernilai kepada pengunjung.

Satu hal yang sangat penting adalah, buat mudah bagi pengunjung untuk menggali arsip blog Anda lebih dalam.

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here