Memilih Template yang Baik dan Benar

Cara memilih template yang baik dan benar itu memang umum tapi sangat di perlukan, apalagi saat sekarang ini sangat banyak sekali yang menawarkan template dari yang premium sampai yang gratis. Tetapi disamping itu di dalam kita memilih template kita juga harus tau bobot dan bebet template itu sendiri, karena template adalah suatu struktur kerangka atau pondasi awal dari sebuah bangunan blog maupun website di mana kita harus lebih jeli untuk memilih template yang baik dan benar untuk jangka panjang dan masa depan yang lebih baik.

Memilih template untuk membangun sebuah blog maupun web adalah suatu prosedur awal yang harus kita lakukan dengan serius.

Maksudnya memilih  disini artinya adalah, anda hanya akan menggunakan template hasil karya orang lain baik itu gratis maupun premium (berbayar).

Template yang baik atau bagus artinya template yang secara tampilan nya menarik baik di mata anda sendiri maupun orang lain (pengguna).

Dan benar artinya template yang di buat dengan mengikuti tahapan-tahapan pemerogramman atau pengkodean (HTML, CSS, JavaScript, jQuery, PHP dll) baik di mata Seo maupun struktur data dan lain-lain yang berhubungan dengan teknis.

Menentukan jenis blog/web yang akan di bangun

Menentukan jenis blog/web adalah hal utama yang harus di lakukan misal, sebuah situs toko online atau e-commerce lebih menekankan kepada produk memberikan navigasi yang jelas sehingga tidak membuat rumit pelanggan dan juga harus memberikan kualitas tinggi terhadap gambar. Sebuah situs di bidang desain haruslah terkesan terhadap warna,desain dan tampilan. Sebuah situs perusahaan haruslah menggambarkan kepercayaan yang kuat terhadap klien. Itulah beberapa hal-hal kecilnya.

Membeli template

Jika Anda seorang yang tidak ingin rumit atau memang Anda tidak mempunyai keahlian dalam bidang desain template blog pastinya anda akan mencari template yang sudah jadi dari pihak lain salah satunya adalah membeli.

Dalam membeli template dari pihak lain yang menyediakan beraneka ragam jenis template, ada beberapa hal juga yang harus anda perhatikan dengan baik. Sama seperti yang sudah dijelaskan diatas, jangan tergiur dari segi tampilan. Tetap anda harus mengedepankan keinginan pengguna dan masa depan blog.

Satu poin terpenting jika anda memutuskan untuk membeli sebuah template dari pihak penyedia jasa maupun situs penyedia template premium seperti Envato, Template Scream, Best Theme dan lain-lain adalah, anda harus memperhatikan profil pembuat template tersebut. Apakah si pembuat template itu dapat anda hubungi, atau mereka menyediakan suport dan forum untuk bertanya atau memecahkan masalah bagi para klien atau pengguna template mereka. Apabila itu ada, itu akan sangat-sangat baik.

Suatu saat anda mengalami masalah terhadap template yang anda gunakan pertolongan pertama adalah si pembuat. Karena bagaimanapun lebih dan kurang pada template tersebut, si pembuatnya lah yang jauh lebih mengerti dan memahaminya.

[pull_quote_center]Pengalaman buruk pribadi saya membeli theme wordpress di Envato tepatnya Themeforest. Waktu itu saya tergiur dari segi desain dan tampilan nya saja. Saya tidak memperhatikan betul kelebihan dan kekurangan pada template tersebut. Dan satu hal yang saya rasa rugi besar adalah ternyata profil pembuat theme tersebut tidak menyediakan suport atau pun forum-forum pendukung yang membantu para klien untuk memecahkan masalah. Alhasil masalah yang saya dapat pada theme yang saya gunakan tidak dapat terselesaikan. [/pull_quote_center]

Memilih template

Dalam memilih template sangat banyak yang harus di perhatikan, hal yang mendasar adalah kebanyakan orang memilih template berdasarkan keinginan pribadinya bukan dengan pemikirannya. Dalam memilih template haruslah dibutuhkan pemahaman dan pemikiran yang jelas. Dalam memilih template keinginan pribadi tidaklah di butuhkan, tetapi haruslah mengutamakan masa depan blog/web dengan memilih template yang dibutuhkan pengguna.

Fleksibelitas teknis

Hal teknis dalam pemilihan template sangat penting di perhatikan, kita juga perlu melakukan uji terhadap template yang ingin di gunakan. Sebuah template yang memiliki fitur dan desain yang cantik akan sangat buruk jika terdapat bug (error) dan kekurangan-kekurangan yang lainnya.

Template yang baik setidaknya memiliki fitur berikut:

[quote_box_center]User Friendly
Ramah terhadap pengguna, artinya memiliki struktur dan navigasi yang jelas tidak membuat bingung pengguna seperti nyaman di pandang dan terlihat rapi tidak acak-acakan.[/quote_box_center]

[quote_box_center]SEO Friendly
Template yang di optimalkan dalam mesin pencari. Template yang seo friendly biasanya dalam pembuatan nya akan mengikuti kaidah-kaidah SEO. Sehingga akan jauh lebih baik di mata mesin pencari.[/quote_box_center]

[quote_box_center]Mobile Friendly (Responsive)
Tampilan selalu sesuai di perangkat desktop maupun mobile. pengertian sederhananya template yang responsive adalah template yang dapat menyesuaikan ukuran baik itu lebar dan panjang di perangkat desktop maupun mobile (Hp). Apalagi untuk saat sekarang ini algoritma google lebih mengacu kepada MobileGeddon.[/quote_box_center]

[quote_box_center]Fast Loading
loading yang cepat, template yang fast loading bisanya tidak banyak menggunakan fitur-fitur seperti animasi-animasi penggunaan javascript yang berlebihan. Pengguna akan lebih suka terhadap template yang loading nya sangat cepat sehingga tidak membuat bosan pengguna untuk menunggu.[/quote_box_center]

Untuk mengetahui hal-hal tersebut kita bisa menggunakan alat-alat testing tools seperti berikut:

Webmaster Structured Data Testing Tools.
https://developers.google.com/structured-data/testing-tool/
Alat ini berfungsi untuk menguji baik buruk struktur data pada template seperti kevalidan HTML dan CSS. Apabila struktur data baik tidak ada kesalahan atau error maka dapat dengan mudah di index oleh mesin pencari google dan mesin pencari yang lainnya. Jika terdapat banyak error maka akan sebaliknya sulit untuk di index mesin pencari utamanya google. Jika ada kesalahan atau error yang sangat banyak struktur data pada template tersebut, Saran saya adalah jika bisa memperbaikinya silahkan, jika tidak bisa silahkan cari yang lain.

Chkme.
https://chkme.com/page-seo-tools
Ini adalah salah satu alat untuk menguji skor SEO. Alat ini akan memberikan skor SEO pada template yang ditest, skor standardnya adalah 80% jika pada template tersebut mempunyai kekurangan terhadap SEO alat ini akan menunjukan elemen mana yang harus di perbaiki. Jika skor jauh di bawah 80% Saran saya sama seperti di atas, jika bisa memperbaikinya silahkan dan jika tidak lebih baik cari penggantinya.

Am I Responsive Design. http://ami.responsivedesign.is/
Mobile-Friendly Test tool. https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/
Ke dua alat ini berguna untuk menguji apakah template yang akan kita gunakan memiliki fitur mobile-friendly (responsive). “Template yang dapat menyesuaikan ukurannya terhadap perangkat yang digunakan (Dekstop, Mobile)”.

GT Metrix.
http://gtmetrix.com/
Dengan alat ini anda bisa menguji kecepatan loading suatu blog dengan template yang di gunakan nya. Sama seperti di atas, alat ini akan memberikan skor terhadap template blog yang diuji. Alat ini memiliki skor standar 80% (B), 90% untuk nilai (A). Apabila skor jauh di bawah standar 80% itu akan memperburuk masa depan blog/web anda. “Ingat pengguna akan jauh lebih suka dengan template yang fast loading (loading yang cepat)”.

Itulah beberapa tahapan-tahapan yang saya rasa cukup penting dalam memilih template yang baik dan benar. Dengan itu maka masa depan blog anda akan jauh lebih baik dan semoga selalu sukses di dunia blogging.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here