Kelebihan dan Kekurangan Sistem Moderasi Komentar

Dengan sistem moderasi komentar memang sangat membatu dalam hal menangani atau mencegah komentar-komentar spam yang masuk  dan link-link aktif menuju keluar yang kebanyakan blogger tidak inginkan. Dengan mengaktifkan sistem moderasi komentar ini juga tentunya ada kelebihan dan kekurangannya, maka dari itu akan lebih baik jika anda mengetahui dan mempertimbangkannya lebih dulu kelebihan dan kekurangannya. Sebelumnya beberapa waktu lalu sudah dibahas tentang penggunaan sistem moderasi komentar dan apa itu sistem moderasi komentar, namun kali ini akan kita ulang sedikit dan kita coba lihat dari  segi mana kekurangan dan kelebihan pada sistem moderasi komentar ini.

Sistem moderasi komentar adalah suatu fitur pada sebuah aplikasi blog atau CMS yang berfungsi meninjau dan menyaring komentar yang masuk, dan untuk disetujui atau tidak disetujui untuk ditampilkan atau dipublikasikan.

Kelebihan


Kelebihan atau keuntungan yang kita dapatkan selaku administrator blog/web dengan mengaktifkannya sistem moderasi komentar ini sama seperti diatas yang telah dijelaskan, utamanya adalah kita dapat mencegah terjadinya komentar-komentar spam. Dan kita juga dapat mencegah komentar-komentar yang tidak layak untuk ditampilkan.

Kekurangan


Kekurangan atau kelemahan dari sistem moderasi komentar ini adalah, yang pertama tugas anda selaku administrator blog/web akan bertambah dimana anda harus mengontrol terus komentar-komentar yang masuk.  Kekurangan utamanya adalah, selaku pengguna atau user yang berkomentar akan tidak merasa puas atas komentar yang ia berikan, karena komentar tidak langsung ditampilkan pada kolom komentar melainkan harus melalui proses penyaringan dan persetujuan oleh administrator blog (moderasi).

Dan yang sering terjadi adalah komentar duble, komentar yang sama yang dikirim oleh 1 pengguna, terkadang ada blog/web yang tidak memberikan pesan bahwa komentar telah terkirim atau belum sehingga pengguna pun akan merasa ragu atas komentar yang mereka berikan telah terkirim atau belum, maka dari itu sering pengguna akan melakukan komentar ulang yang isinya kurang lebh sama sehingga terjadinya komentar duble ini.

Dengan semua penjelasan kelebihan dan kekurangan sistem moderasi komentar diatas, terlepas dari itu semua adalah hak anda pemilik blog untuk memilih yang mana yang anda rasa lebih efektif untuk menggunakan dan tidak menggunakan sistem moderasi komentar ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here