Bagaimana Kategori Posting Membantu Pembaca Anda?

Hampir semua aplikasi blogging menyediakan fitur untuk mengatur posting blog berdasarkan kategori. Sama seperti Anda mengorganisir arsip dan surat penting ke dalam kabinet arsip, Anda dapat mengatur posting blog ke dalam kategori-kategori guna memudahkan menemukannya kembali di masa yang akan datang.

Apa itu kategori posting blog?

Apabila Anda rajin update posting blog, maka dalam waktu singkat posting blog akan bertumpuk, ‘terkubur’ dalam arsip blog dan tidak mudah ditemukan kembali. Posting lama biasanya akan diarsip bulanan sesuai tanggal posting, tapi Anda dapat membantu banyak pengunjung blog dengan membaginya ke dalam kategori.

Kategori biasanya ditampilkan di bagian sidebar blog, dimana pembaca dapat dengan mudah mencari informasi yang mereka cari berdasarkan kategori-kategori.

Membuat kategori posting blog

Agar kategori bisa membantu pembaca menemukan informasi yang mereka cari dengan mudah, Anda perlu memberikan label kategori yang tepat pada setiap posting blog.

Pada saat membuat kategori, berpikirlah dari sisi pembaca. Juga penting untuk membuat kategori yang seimbang. Jangan membuat kategori terlalu lebar. Ini kurang bermanfaat bagi pembaca karena kesulitan mencari informasi yang mereka butuhkan secara spesifik. Juga tidak boleh terlalu sempit, sehingga akan ada terlalu banyak kategori yang justru membuat pusing pengunjung.

Tips membuat kategori

Setiap membuat kategori posting blog, ingat pula dari sisi search engine optimization. Mesin pencari juga akan mengenali posting Anda dari keyword yang terdapat pada kategori pada setiap halaman posting. Menggunakan beberapa kata kunci terpopuler blog Anda dapat membantu dari sisi hasil pencarian search engine.

Namun begitu, jangan pula menumpuk keyword pada kategori. Karena Google, juga mesin pencari lainnya tidak menyukai penumpukan keyword berlebihan (keyword stuffing), dan mereka dapat menganggap blog Anda sebagai spam. Jika demikian, maka itu sangat tidak bagus bagi rank blog Anda di mata mesin pencari, karena bisa saja blog Anda dihapus sama sekali dari indeks mereka.

Nah, buatlah kategori yang jelas, cukup spesifik tapi tidak terlalu sempit, mengandung keyword, dan dapatkan apresiasi dari pembaca blog Anda, karena mereka dengan mudah menemukan informasi yang dicari. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here