Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Akibat Jika Tidak Dibersihkan

Menjaga kebersihan gigi memang sangatlah penting. Selain dapat mencegah gigi berlubang, juga mencegah munculnya karang gigi. Apabila karang gigi sudah muncul, mau tidak mau harus segera dihilangkan. Cara menghilangkan karang gigi sendiri sekarang ini sudah beragam dan ada cara alaminya.

Tips dan Cara Menghilangkan Karang Gigi

1. Rutin Menggosok Gigi

Sejak kecil kita semua memang dianjurkan untuk menggosok gigi minimal 2x dalam sehari, yaitu pagi dan malam hari. Dengan menggosok gigi secara rutin, terutama pada malam hari, maka kebersihan gigi akan lebih baik. Apabila seseorang jarang menggosok gigi atau bahkan sering lupa, nantinya akan berakibat fatal.

Salah satunya dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang dan muncul karang gigi di sekitar gigi. Karang gigi yang belum mengeras dapat dihilangkan dengan menggosok gigi secara rutin, namun jika sudah mengeras akan berbeda lagi. Anda mau tidak mau harus berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

2. Gunakan Baking Soda ft Garam

Bahan pembuatan makanan ini dipercaya dapat menghilangkan karang gigi secara alami. Caranya adalah dengan membuat baking soda menjadi pasta untuk gosok gigi. Campurkan baking soda secukupnya dengan sejumput garam, kemudian aduk hingga merata.

Gunakan pasta baking soda dan garam tersebut untuk gosok gigi, kemudian ulangi dengan pasta gigi biasa. Ketika menggunakan baking soda, sebaiknya dalam jumlah yang sedikit karena akan memberikan efek samping tidak nyaman di mulut.

3. Gunakan Pasta Gigi Dengan Kandungan Flouride

Sekarang ini memang ada banyak sekali variasi pasta gigi yang beredar di pasaran. Carilah pasta gigi yang memiliki kandungan flouride. Senyawa tersebut dapat membantu menjaga gigi dari tumbuhnya karang gigi. Disisi lain juga dapat menghilangkan karang gigi apabila kondisinya masih baru dan belum mengeras.

Apabila tidak cocok dengan pasta gigi produk A, maka segera hentikan pemakaian dan gunakan produk lainnya. Penggunaan produk yang tidak sesuai juga akan merusak kondisi gigi lainnya. Oleh karena itu setiap orang memiliki penggunaan pasta gigi yang berbeda-beda tergantung dari sensitivitas ataupun pengalaman masing-masing.

4. Berkumur Dengan Obat Kumur Khusus

Sekarang ini juga ada obat kumur untuk melegakan mulut dari bakteri dan membuat nafas menjadi lebih baik. Ada juga obat kumur khusus untuk menghilangkan karang gigi secara sedikit demi sedikit dan ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebelum menggunakannya, alangkah lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

5. Scalling ke Dokter

Cara menghilangkan karang gigi paling ampuh dan lebih cepat dibandingkan lainnya tidak lain adalah scalling gigi. Proses scalling sendiri membutuhkan waktu yang beragam tergantung banyak atau sedikitnya karang gigi yang ada. Semakin banyak, maka waktu yang dibutuhkan juga semakin lama tergantung dari ketebalannya juga.

Apabila sudah melakukan scalling gigi, maka harus rutin check up selama beberapa bulan sekali untuk mencegah munculnya karang gigi lagi. Biaya scalling gigi sendiri beragam tergantung metode yang digunakan dan faktor lainnya. Namun ini penting dilakukan agar gigi tidak berlubang dan mencegah penyakit gigi lainnya.

Ini Yang Terjadi Jika Karang Gigi Tidak Dibersihkan

Gusi Mengalami Peradangan

Karang gigi umumnya akan muncul di sekitar atau mengelilingi suatu gigi. Kondisi seperti ini akan membuatnya menumpuk dan mendesak gusi yang ada di sekitarnya. Apabila kondisinya berlanjut dan tidak segera dihilangkan, nantinya akan membuat gusi menjadi peradangan.

Peradangan yang tidak segera diobati akan membuat kondisi gusi menjadi lebih parah dan menjadi bengkak. Nantinya proses penyembuhannya juga membutuhkan waktu yang lama dan wajib menghabiskan obat dari dokter untuk mencegah munculnya penyakit ini lagi.

Menjadi Sarang Bakteri

Karang gigi yang bertumpuk bisa juga menjadi sarang bakteri untuk berkembang. Pasalnya karang gigi ini dapat merusak lapisan gigi paling luar, kemudian lapisan setelahnya dan membuat kondisi gigi menjadi tidak sempurna. Adanya celah ini dapat dimanfaatkan oleh bakteri jahat di mulut untuk bersarang di tempat tersebut.

Dapat Memicu Penyakit Lain

Mungkin sebagian orang belum mengetahui bahwa karang gigi dapat menyebabkan penyakit lain. Contohnya disini karang gigi bisa menyebabkan penyakit jantung dan penyakit lainnya. Bahkan ibu hamil disarankan untuk melakukan kontrol gigi agar tidak mengganggu kondisi kandungannya.

Penutup

Menghilangkan karang gigi memang bukan perkara yang mudah, butuh kesabaran dan perawatan ekstra. Sebagai pencegahannya, jangan lupa untuk menggosok gigi minimal 2x dalam sehari. Kurangi juga makanan manis dan sebagainya.