9 Cara Mengusir Tikus yang Mudah, Sudah Pasti Pergi 100%!

ERUDISI.com – Kehadiran tikus di dalam rumah bisa menjadi sumber penyakit. Yuk, atasi masalah tikus di rumah dengan cara mengusir tikus di rumah berikut ini!

Umam

cara mengusir tikus
9 Cara Mengusir Tikus yang Mudah, Sudah Pasti Pergi 100%! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

ERUDISI.com – Kehadiran tikus di dalam rumah bisa menjadi sumber penyakit. Yuk, atasi masalah tikus di rumah dengan cara mengusir tikus di rumah berikut ini!

Bagaimana Mengusir Tikus yang Mudah?

Tertarik untuk mencobanya? Simak cara mengusir tikus di rumah dengan bahan alami berikut ini.

yang Mudah

Jika kamu bosan mencoba menangkap tikus dengan menggunakan perangkap, ada beberapa alternatif cara mengusir tikus di rumah yang bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah.

Kehadiran hewan pengerat ini biasanya menjadi masalah di rumah.

Pasalnya, tikus yang dianggap kotor tidak hanya bisa menjadi sumber kuman dan penyakit di dalam rumah, tetapi juga dapat mencuri makanan serta merusak furnitur dan peralatan di dalam rumah.

Apakah kamu salah satu orang yang pernah merasa kesal karena kabel-kabel di rumah kamu dirusak oleh tikus yang menggerogotinya?

1. Bawang bombay

Bawang bombay merupakan bumbu masakan dengan aroma yang kuat dan tajam. Cara mengusir tikus diyakini membenci bau ini.

Untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah, kamu bisa meletakkan irisan bawang bombay atau bawang bombay yang sudah dihaluskan di sudut-sudut ruangan yang seringkali menjadi tempat persembunyian hewan pengerat tersebut.

2. Minyak pepermin

Meski aroma minyak pepermin mungkin terasa nyaman bagi sebagian orang, namun sebenarnya aroma pepermin tidak disukai tikus.

Cara mengusir tikus rumah dengan minyak peppermint adalah dengan mencelupkan bola kapas ke dalam minyak peppermint dan meletakkannya di tempat persembunyian tikus atau di tempat yang sering dikunjungi tikus.

Alternatif cara mengusir tikus berbau mint adalah dengan menggunakan daun mint segar. Cukup ikat daun mint dan peras hingga tercium bau mint, lalu letakkan di tempat yang disukai tikus.

3. Cuka

Selain aroma mint, aroma cuka yang menyengat juga bisa membuat tikus takut. Jadi, alih-alih menggunakan minyak pepermin, kamu bisa merendam bola kapas dalam cuka dapur dan menaruhnya di kulit tikus untuk menakuti tikus.

4. Kopi

Kopi bubuk atau bubuk terkenal dapat menetralkan bau tak sedap. Hal inilah yang membuatnya juga mampu mencegah dan mengusir tikus rumah. Daya tarik utama tikus adalah makanannya.

Menempatkan ampas kopi atau ampas kopi di tempat kamu menyimpan makanan akan menutupi bau makanan sehingga lebih sulit dideteksi oleh tikus.

Meletakkan ampas kopi di sudut ruangan juga bisa membantu menyamarkan indera penciuman tikus sehingga kesulitan mencari sumber makanan di rumah kamu.

5. Soda kue

Menggunakan racun tikus adalah salah satu cara mengusir tikus paling populer untuk mengusir tikus.

Siapa sangka racun tikus alami juga bisa dibuat dengan baking soda? Cukup campurkan soda kue dengan makanan yang disukai tikus dan letakkan di tempat yang sering dikunjungi tikus.

Dengan memakannya maka perut tikus akan terisi gas dan tikus akan sakit hingga mati.

6. Kulit telur

Cangkang telur yang biasa kamu buang tinggal digiling hingga menjadi bubuk halus. Taburkan bubuk cangkang telur ini pada tempat persembunyian dan sudut ruangan yang sering dilalui tikus untuk mengusir tikus.

7. Merica

Selain bubuk cangkang telur, bubuk merica juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengusir tikus.

Lakukan saja hal yang sama seperti yang kamu lakukan pada bubuk kulit telur. Ladan mengandung senyawa yang sangat menyengat yang dapat mengusir tikus.

8. Kulit durian

Bukan rahasia lagi kalau buah durian mempunyai bau yang menyengat. Cara mengusir tikus ini juga tidak terlalu menyukai bau ini. Setelah puas makan durian, kamu bisa memanfaatkan kulit durian untuk menakuti tikus.

Cukup letakkan kulit durian di tempat yang disukai tikus untuk menyebarkan baunya dan menjauhkan tikus.

9. Daun sirsak

Selain sebagai pengharum, aroma daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengusir semut. Tinggal sobek saja daun sirsaknya dan letakkan di tempat persembunyian tikus.

Zat yang terkandung dalam daun sirsak akan mengeluarkan aroma yang menyengat jika dipecah sehingga dapat menyebabkan tikus lari.

Akhir Kata

Berikut beberapa alternatif cara mengusir tikus rumah agar rumah bebas hama. Untuk mencegah tikus kembali ke rumah kamu, pastikan untuk menjaga kebersihannya.

Hindari juga menumpuk benda-benda yang bisa menjadi tempat persembunyian hewan pengerat tersebut.

Pastikan juga bahwa kamu menyimpan semua makanan di dalam rumah dengan benar dan terlindung dari jangkauan tikus. Tanpa sumber makanan, tentu saja hama tikus pengganggu ini akan menjauh dari rumah kamu.

Selalu ikuti terus artikelartikel menarik lainnya di Erudisi. Tambah ilmu dan pengetahuan sekarang lebih cepat dan mudah.

Related Post