4 Cara Perpanjang SIM Online Surabaya Terbaru 2023!

ERUDISI.com – Bagi masyarakat Surabaya yang ingin memperpanjang SIM sambil berbaring di rumah, berikut informasi cara perpanjang SIM online Surabaya. Bagaimana Cara Perpanjang SIM Online

Umam

cara perpanjang SIM online Surabaya
4 Cara Perpanjang SIM Online Surabaya Terbaru 2023! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

ERUDISI.com – Bagi masyarakat Surabaya yang ingin memperpanjang SIM sambil berbaring di rumah, berikut informasi cara perpanjang SIM online Surabaya.

Bagaimana Perpanjang SIM Online Surabaya?

Jadi bagi yang tidak sempat ke Satpas untuk mengurus perpanjangan SIM, bisa dilakukan sambil berbaring di rumah menggunakan laptop. Berikut cara perpanjang SIM online Surabaya.

Seperti dokumen kendaraan bermotor lainnya, SIM juga memiliki tanggal kedaluwarsa. Masa berlaku SIM adalah lima tahun sejak tanggal penerbitan SIM.

Cara perpanjang SIM online di Surabaya

Pengemudi wajib memperpanjang SIM jika masa berlakunya telah habis dan masih melakukan aktivitas dengan menggunakan kendaraan bermotor. Jika belum diperpanjang, maka pengemudi bisa mendapat denda yang cukup mahal.

Denda SIM yang tidak diperpanjang sama dengan denda tidak memiliki SIM

Pasalnya, SIM yang tidak diperpanjang akan dianggap mati berdasarkan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, kamu harus segera memperbaharui SIM kamu ketika masa berlakunya telah habis.

Berikut cara perpanjang SIM online Surabaya.

1. Kunjungi website Korlantas Polri

Adapun cara perpanjang SIM online Surabaya yang pertama, kamu dapat mengunjungi website Korlantas Polri di link berikut: sim.korlantas.polri.go.id. Agar proses berjalan lancar, disarankan menggunakan laptop.

Pada halaman Korlantas Polri, kamu bisa memilih menu “Pendaftaran SIM Online” untuk memulai proses. Nantinya, laman tersebut akan menampilkan informasi mengenai perpanjangan SIM secara online. Jika sudah terbaca, tekan “Start”.

2. Isi formulir perpanjangan SIM secara online

Setelah itu, kamu harus mengisi detail aplikasi yang meliputi alamat email, polisi kedatangan, Satpas kedatangan, alamat Satpas kedatangan, jenis aplikasi (SIM baru atau perpanjangan) dan jenis aplikasi. SIM (SIM A/C)

Selanjutnya, kamu perlu mengisi data diri mulai dari NIK pemohon, nama lengkap, tinggi badan, golongan darah, dan alamat. kamu juga harus melengkapi data darurat untuk menambah informasi.

3. Konfirmasi dan lakukan pembayaran

Setelah mengisi semua data, ada baiknya kamu mengeceknya kembali. Jika demikian, kamu harus memilih metode pembayaran, tanggal kedatangan, dan mengembalikan akun (jika ingin membatalkan).

Kemudian kamu dapat memasukan kode verifikasi agar bukti pendaftaran perpanjangan SIM dapat dikirimkan melalui email. Lakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih dan nominal yang ditentukan.

4. Datang ke Satpa Pilihan

Jika semua langkah di atas telah dilakukan, maka kamu harus pergi ke Satpa yang dipilih untuk mengatur perpanjangan. Persyaratan yang harus diserahkan adalah KTP, SIM sebelumnya, bukti pendaftaran online dan bukti pembayaran.

Akhir Kata

Demikian informasi cara perpanjang SIM online Surabaya. Bagaimana kamu membuatnya mudah untuk memperbarui kartu SIM kamu secara online? Tulis pendapatmu di kolom komentar.

Selalu ikuti terus artikelartikel menarik lainnya di Erudisi. Tambah ilmu dan pengetahuan sekarang lebih cepat dan mudah.

Related Post