Hindari Penipuan pada Aplikasi BBM

Untuk pengguna smartphone yang menggunakan aplikasi yang bernama BBM agar lebih waspada karena modus penipuan baru baru ini mulai beroprasi dengan menggunakan Link sebuah Website.

Penipuan kali ini bukan hanya kamu yang akan dirugikan namun orang orang yang ada pada kontak kamu mungkin saja bisa dirugikan.

Untuk itu agar kamu bisa terhindar dari penipuan tersebut maka bisa ikuti sedikit cara berikut ini:

1. Jangan Sembarang Klik Link Tautan Sebuah Website
Jika suatu saat kamu mendapat sebuah pesan Broadcast atau biasa disingkat oleh pengguna BBM dengan singkatan BC, maka jika didalam Broadcast tersebut mengajak atau menggiring kamu agar kamu membuka sebuah Link Website alangkah baiknya jika kamu jangan langsung di klik tautan tersebut namun kamu bisa menyalinnya dan kamu tempel pada browser kamu (Copy-Paste) agar BBM kamu tetap aman.
Jika kamu terlanjur mengklik Link tautan tersebut perhatikan saja apa yang kamu buka tersebut? Jika itu hanya sekedar informasi maka tidak jadi masalah namun jika Link Tautan tersebut berisi bukan informasi dan meminta kamu memasukan Email dan Password kamu maka hal ini yang nantinya bisa saja mencuri akun Email kamu bahkan akun BBM kamu

2. Jaga Akun BBM Kamu Sebaik Mungkin.
Untuk menjaga akun BBM kamu agar aman sebenarnya cukup mudah, jangan beritahu orang lain Email yang kamu gunakan untuk akun BBM tersebut dan buatlah password yang kiranya sulit ditebak orang lain.

Bagaimana Cara Penipuan ini Bekerja ?

Cara penipuan ini bekerja yaitu dengan cara menyelipkan sebuah Link pada pesan Broadcast.
Jika kamu mendapat pesan Broadcast entah itu menjelaskan tentang video atau yang lainya yang dimana pesan Broadcast tersebut mengajak kamu agar membuka Sebuah Link maka lebih baik kamu teliti kembali Link apa yang diselipkan pada pesan Broadcast tersebut. Jika memang Link Website tesebut memang kamu kenali maka tidak masalah kamu langsung klik saja untuk membukanya namun jika kamu ragu kamu bisa mencoba menyalinnya dan tempel pada kolom pencarian Browser kamu. Jika didalam Browser tersebut meminta kamu untuk masuk dengan menggunakan Email kamu dan Password kamu maka untuk keamanan lebih baik tidak usah dilanjutkan toh jika kita hanya untuk menonton video pada Youtube misal maka Youtube pun tidak mengharuskan kita untuk masuk ke Youtube dengan akun kita.

Nah, jika mereka sampai berhasil mencuri akun kamu maka mereka akan menyalah gunakan akun kamu dengan cara masuk pada akun kamu melalui aplikasi BBM mereka dan target mereka adalah rekan rekan yang ada dikontak kamu misal kerabat dekat,keluarga,sahabat, dll.

Bagaimana Jika Akun sudah Di Curi Dan Disalah Gunakan ?

Wah sepertinya jika akun kita sudah dicuri kemungkinan meskipun akun itu bisa kembali tidak 100% utuh, masalahnya adalah jika memang mereka mengacak-acak kontak pada BBM kita maka bisa saja mereka melakukan hal DC (Delete Contact) misal atau membuka obrolan yang tidak sopan dengan salah satu rekan kita maka jika rekan kita tersebut tidak terima bisa saja kita menerima sanksi berupa DC, karena yang mereka tahu adalah yang membuka obrolan dengan mereka adalah kita.
Untuk mengembalikannya coba dengan memasukan kembali Email dan Password kita pada aplikasi bbm kita dan jika memang sudah tidak bisa maka jalan satu-satunya adalah dengan mengganti Password kita didalam Email dengan cara sebagai berikut:

1. Jika kamu sudah melakukan Sign In pada aplikasi BBM namun ternyata Password salah atau Email tidak Valid maka klik pada Forgot Password atau lupa kata sandi, disana kamu akan diarahkan dengan memasukan email akun kamu dan jika kamu sudah memasukan Alamat Email kamu maka silahkan cek Email dengan cara membuka Email tersebut di browser kamu atau di PC(Personal Computer) dan kamu akan menemukan pada kotak masuk atau Inbox pada Email kamu yaitu pesan dari Team BlackBerry, klik pesan tersebut disana kamu akan di beri intruksi bahwa kamu hendak mengganti Password akun BBM kamu dan klik tautannya atau Link yang diberikan. Nah disana kamu akan dibawa kehalaman baru dan akan ada kolom-kolom dimana kamu diminta membuat Password baru dan ikuti intruksi tersebut sampai selesai.

Catatan:
Jangan mengganti Password atau kata sandi kamu dengan yang lama.

2. Untuk kamu yang menggunakan PC (Personal Computer) maka sama saja caranya dengan diatas namun kita bukan melalui aplikasi BBM namun dengan cara masuk disitus Web ini.
Silahkan salin dan tempel alamat dibawah ini pada kolom pencarian padafirefox,crome dll.
https://blackberryid.blackberry.com/bbid/login/

Disana kamu akan menemukan halaman dimana halaman tersebut digunakan untuk mengecek apakah akun BBM kamu sudah terkonfirmasi atau belum pada Email yang kamu gunakan. Silahkan klik lupa kata sandi atau Forgot Password dan ikuti intruksinya sampai selesai.

Jika Akun BBM Kembali apakah Kontak Pada Akun Tersebut Bisa Kembali Pulih?

Kalau masalah ini jika kita memang status pada Email terkonfirmasi maka biasanya
Team BlackBerry sudah menyimpan kontak pada akun kamu maka jika akun sudah pulih kemungkinan besar kontak yang dulunya ada pada akun BBM kamu tidak akan hilang.

Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here