Referensi jenis benih sayuran bagi pemula berkebun
Ilustrasi Orang Berkebun Source Image: The Sprunce

Ini 10 Referensi Jenis Benih Sayuran Bisa Ditanam Pemula

ERUDISI.com – Pemula dalam memang membutuhkan referensi jenis benih sayuran yang bisa ditanam. Banyak sekali jenis benih yang bisa kita tanam, tetapi tentu saja pilihlah benih unggulan saat memulai menanam.

Pentingnya Benih Sayuran Unggulan Saat Berkebun

Benih unggul memang sangat penting kita pilih saat memulai menanam. Karena ini start awal agar apa yang kita tanam tumbuh subur dan bisa kita panen.

Jika kita sekedar membeli benih yang tidak memiliki spesifikasi unggulan, maka peluang gagal berkebun akan sangat besar. Jadi jika akan memulai berkebun hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih bibit-bibit unggul untuk ditanam.

10 Jenis Benih Sayuran Yang Bisa Ditanam Untuk Pemula

Jagung Manis

Jagung manis sangat mudah kita tanam meskipun pemula. Menanam jagung hanya membutuhkan jenis tanah hangat organik dengan drainase yang baik.

Caranya buatlah lubang dengan kedalaman 2-3 cm. Lalu masukan 2 butir benih jagung. Setelah itu tutup dengan tanah dan kompos, kemudian siram agar kelembaban tanah terjaga. Jagung akan siap panen jika sudah 50 hari.

Brokoli

Sayuran jenis ini juga sangat mudah kita tanam. Caranya dengan menanam benih dengan jarak 50 x 50 cm. Waktu tanam yang paling bagus  yaitu pada  pagi hari sekitar pukul 6-9 pagi atau sore hari pukul jam 3-5 sore.

Penanaman brokoli dengan meletakkan bibit pada lubang tanam kemudian tutup lubang tanam dengan tanah. Siram dan beri nutrisi secara rutin. Brokoli bisa kita panen pada 65 hari setalah tanam.

Tomat

Tomat juga jadi referensi yang recommended untuk kita tanam. Sangat mudah membuat ini. Bisa langsung pada tanah, pot atau polybag. Rahasia menanam tomat ada pada perlakuan yang kita berikan, jarak antara pohon tomat dan benih yang kita pilih.

Sementara waktu panen setelah 3 bulan dengan saran pemetikan 2-3 hari.

Kacang Polong

Ide berikutnya yang bisa kita tanam adalah kacang polong. Caranya buatlah lubang kecil, jarak lubang tanam yang bisa digunakan sebesar 15—20 cm. Setiap satu lubang tanam bisa kita masukkan sebanyak 2 biji per lubang.

Setelah itu, kita bisa tutup lobang dengan tanah tipis agar tidak bisa burung makan. Jika sudah mulai mengeluarkan daun, jangan lupa berikan kayu penyangga.

Kacang polong bisa panen mulai 50-60 hari setelah masa tanam

Daun Selada

Selada termasuk tanaman yang mudah kita tanam. Caranya pertama dengan melakukan penyemaian bibit, kemudian memindahkan ke media tanam, merawat dan panen. Masa panen bisa sejak 40 hari sesuai varietas seladanya. Bisa juga mulai 50-60 hari menyesuaikan jenis varietas.

Waktu panen sebaiknya pada pagi hari. Mulailah dengan memilih daun yang besar dan segar. Cabutlah sampai akarnya kemudian daun layu buanglah.

Paprika

Nah meski tidak terlalu familiar dengan paprika karena sering kita dapati di luar negeri. Ternyata paprika termasuk tanaman yang mudah kita tanam lho.

Caranya bijinya yang telah kita semai kita pindahkan ke media tanam. Hati-hati saat mengambil jangan sampai akar dan daunnya rusak. Berikan jarak 25 hingga 38 cm per tanaman. Paprika membutuhkan air yang banyak lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari.

Pastikan tanaman ini selalu lembab ya. Masa panen paprika sudah bisa mulai dari 85-95 hari. Paprika berwarna hijau atau merah sudah bisa kita panen. Sesuaikan dengan selera.

Wortel

Jenis sayuran ini juga sangat mudah kita tanam. Apalagi yang memiliki lahan kosong. Siapkan media tanam, kemudian tabur benih dan tutup dengan tanah.
Tabur benih secara merata ke dalam jalur yang sudah dipersiapkan dengan posisi ujung akar berada pada bagian bawah, lalu menutupnya kembali dengan tanah tipis.
Beri jarak 50 cm tiap benih.

Pemeliharaan sangat mudah tetapi gulma dan rumput liar harus terus dibersihkan. Masa panen wortel setelah 12 minggu penanaman.

Jenis Benih Sayuran : Kangkung

Jenis sayuran ini memang sangat mudah kita tanam. Tanaman khas Indonesia ini juga tidak perlu banyak perlakuan saat kita tanam. Kangkung dapat ditanam dengan menanam benih langsung atau stek batang.

Benih bisa kita semai pada bedengan dengan lubang sedalam 1-1.5 cm, jarak antar lubang 15 – 20 cm. Kemudian tutup benih dengan kompos. Cara merawat dengan memastikan kondisi tanah yang lembab karena kangkung membutuhkan air yang banyak.

Panen kangkung bisa kita lakukan setalah 35-45 hari setelah tanam. Kemudian panen secara bertahap dari daun yang mulai tinggi hingga masih kecil.

Bayam

Jenis tanaman ini sangat mudah sekali.. Cukup taburkan benih unggulan pada media tanah yang berkualitas baik. Kemudian pastikan bayam dalam kondisi. lembab setiap hari. Bisa disiram pagi dan sore hari..

Masa panen bayam cukup cepat, hanya 20-25 hari masa setelah tanam. Acuannya jika bayam sudah memiliki tinggi 20 cm dari permukaan tanah.

Mentimun

Salah satu jenis tanaman yang sangat mudah pemeliharaan tapi membutuhkan perhatian khusus..Meski mentimun membutuhkan air yang banyak.

Tapi tanaman ini tidak bisa hidup pada tanah yang tergenang air. Jadi kita perlu mengontrol setiap hari.

Tahap pertama yang bisa kita lakukan dengan membuat  gundukan tanah berukuran 6-8 inci dan setelah itu taruh tiga biji mentimun dengan bentuk segitiga kemudian tutup dengan tanah.

Panen pertama mentimun bisa kita lakukan setelah tanaman berumur lebih dari 75-85 hari.

Itulah 10 jenis benih sayuran yang bisa ditanam oleh pemula. Semoga menginspirasi ya sahabat Erudisi. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada orang tercinta.