Rahasia merawat tanaman alocasia
Alocasia Source Image: Gardening Chores

Rahasia Merawat Si Daun Cantik Alocasia

ERUDISI.com – Rahasia merawat sebenarnya tidak sulit. Tapi memang membutuhkan konsentrasi penuh dan disiplin agar tanaman hias ini tidak cepat kering dan menguning.

Seperti Aglonema, Alocasia juga termasuk hias yang paling banyak dijadikan pilihan untuk dirawat. Selain karena bentuk daun nya yang cantik kadang warna yang timbul dari Alocasia bikin jatuh cinta perawatnya. Coba deh kalau nggak percaya!

Pengalaman Merawat Alocasia

Siapa yang beberapa kali merawat tanaman ini tapi selalu mati, berarti sama kita. Dari beberapa kali pengalaman ini akhirnya dapat pelajaran kalau sudah mati maka media tanam jangan dibuang dahulu. Bisa jadi ada umbi kecil yang nantinya akan tumbuh lagi.

Percayalah selama bonggol belum busuk maka peluang tumbuh calon tanaman baru lagi. Jika itu terjadi maka segeralah untuk mengecek tanaman tersebut agar tidak digerogoti jamur. Ulangi tanam dari awal kembali ya. Jangan lupa perhatian cara merawatnya agar tidak mati lagi.

Rahasia Merawat

Benar sekali memang terkesan mudah, tapi merawat tanaman ini butuh kedisiplinan dan ketelitian agar dia tetap tumbuh. Berikut tips merawat-Alocasia:

Pilihlah Media Tanam Yang Cocok

Media tanam yang cocok adalah yang lembab tapi tidak basah seperti andam campur lumut. Jika media tanam terlalu berat bisa tambah sedikit pasir malang/perlite.

Selain itu agar kelembapan terjaga, maka sering-seringlah menyemprotkan air pada tanaman ini. Jangan sampai media tanam kering. Bahkan disarankan menaruh humidifier di dekat tanaman ini.

Perlu kita perhatikan bahwa akar tanaman ini tidak suka basah sehingga dengan media tanam diatas membuatnya terjaga dan tetap lembab.

Rahasia Merawat Alocasia: Tidak Perlu Sering Ganti Pot

Perlu diingat tanaman ini sangat suka mempertahankan akar dalam pot makanya menggunakan pot besar lebih disarankan. Dari pengalaman biasanya butuh waktu satu tahun tanaman ini berganti pot baru lagi.

Keputusan berganti pot dilakukan jika tanaman sudah memenuhi pot atau adanya indikasi tanaman terkena penyakit baru dilakukan repotting (penggantian pot).

Perlunya Mengatur Pencahayaan

Tanaman ini sangat sensitif dengan cahaya terang dan lebih cocok jika kita tempatkan di ruangan dengan jendela bertirai tipis.

Alasan utama kenapa tanaman ini perlu diperhatikan pencahayaan karena akan mempengaruhi tanaman Alocasia.

Pilihlah area yang memiliki pencahayaan merata tapi tidak terkena matahari langsung. Daunnya yang tipis akan terbakar jika terkena matahari langsung.

Jika memang tidak punya area indoor bisa meletakkan outdoor tapi pada jam-jam terima matahari bisa kita pindahkan ke area yang agak teduh.

Buanglah Segera Daun Layu dan Kuning

Jangan dibiarkan jika ada daun yang layu atau menguning segera buang. Hal ini akan mencegah tanaman terinfeksi penyakit atau tumbuh jamur.
Inilah kenapa Alacosia butuh sekali perhatian dan ketelitian. Semakin berumur tanaman ini makin banyak daunnya.

Gunakan Pupuk yang Tepat

Perlu juga kita perhatikan penggunaan pupuk yang tepat untuk tanaman ini. Pupuk yang disarankan adalah pupuk organik alami dibandingkan pupuk kimia. Lakukan pemupukan dua minggu sekali. Pemberian pupuk akan membuat tanaman ini tumbuh lebih subur dan daun yang lebih sehat.

Perhatikan Tanaman dari Serangan Hama

Nah, ini bagian yang sering terlewatkan oleh orang. Jarang memperhatikan hama yang menyerang tanaman. Tiba-tiba saja tanaman diserang ulat atau kutu putih yang menyebabkan daunnya menjadi rusak.

Kesimpulan

Rahasia merawat Alocasia sebenarnya sangat mudah. Hanya butuh kedisiplinan dan ketelitian saja. Perhatikan media tanam yang harus selalu lembab, cahaya yang tidak terlalu terang, membuang daun layu dan kuning. Jika hal itu dilakukan maka tanaman hias impian kita akan tumbuh subur dan menyejukkan mata pemiliknya. Masya Allah.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.