Ini 6 Waktu Tepat Minum Air Putih Setiap Hari

ERUDISI.com – Kapan sih waktu yang tepat minum air putih? Banyak dari kita keliru, waktu terbaik minum air putih itu adalah pada saat sesudah makan.

Juwita

waktu terbaik minum air putih setiap hari

ERUDISI.com – Kapan sih waktu yang tepat ? Banyak dari kita keliru, waktu terbaik minum air putih itu adalah pada saat sesudah makan. Padahal itu sangat keliru.

Menurut Claire Martin, nutrisionis asal California, Amerika Serikat bahwa minum air putih saat makan atau sesudah makan bisa memperburuk gastroesophageal reflux disease (GERD) atau naiknya asam lambung. Hal ini bisa menyebabkan kembung, perut tak nyaman, dan gangguan pencernaan pada tubuh.

Menurut Kemenkes, kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan, yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

6 Waktu yang Tepat Minum Air Putih

Setelah Bangun Tidur

Waktu yang tepat minum air putih adalah setelah bangun tidur. Selama lebih dari 7-8 jam kita tidak mendapatkan asupan cairan. Biasanya saat bangun tidur kita merasa haus sehingga kita perlu memberikan asupan cairan pada tubuh. Minumlah 1 atau 2 gelas air putih.

Sebelum dan Setelah Berolahraga

Usahakan 30 menit sebelum berolahraga kita sudah mengisi tubuh kita dengan air putih dan kemudian setelah berolahraga kembali kita penuhi kebutuhan cairan kembali.

30 menit sebelum dan sesudah makan

waktu terbaik minum air putih setiap hari
Source image: pexels

Usahakan membiasakan minum 30 menit sebelum makan dan 30 menit sesudah makan. Cara ini sangat tepat membuat tubuh tetap bugar dan perut tidak kembung.

Sebelum Mandi

Biasakan sebelum mandi minumlah. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Apalagi kita mandi menggunakan air hangat. Hindari meminum air suhu dingin, usahakan air yang hangat.

Sebelum Tidur

Pastikan kita sudah memberikan asupan cairan yang cukup setelah lelah beraktifitas seharian. Usahakan minum satu gelas sebelum tidur agar cairan tubuh tercukupi sehingga kita bisa tidur dengan nyenyak.

Saat Merasa Haus

Ya, saat kita merasa haus. Artinya tubuh sedang kekurangan cairan dan memberikan sinyal pada tubuh dengan rasa haus. Maka kita perlu untuk minum. Minumlah sesuai porsinya jangan berlebihan agar perut tidak kembung air.

Itulah waktu tepat minum air setiap hari, agar tubuh kita jadi segar, sehat dan bersemangat.

Terima kasih telah membaca artikel di erudisi. Semoga bermanfaat bisa menemukan jawaban dan inspirasi setiap hari. []

Related Post