Kesehatan mental keluarga
Source image: Harvard Health

4 Jenis Kesehatan Keluarga yang Perlu Ibu Tahu


Erudisi.com – keluarga sangat penting diperhatikan oleh seorang ibu. Bagaimana hal tersebut akan berdampak pada kesehatan seluruh keluarga.

Percayalah sebagai seorang , penting dalam memperhatikan kesehatan anggota-nya. Bukan hanya masalah fisik saja tapi juga hal lain perlu jadi perhatian seorang ibu.

Berikut lima poin yang wajib ibu perhatikan.

1. Kesehatan Makanan Keluarga

Seluruh anggota di rumah akan sehat tentu saja bermula dari makanan. Seorang ibu perlu memiliki kemampuan dalam menentukan makanan terbaik untuk keluarga. Mengetahui asupan gizi dari sebuah makanan. Mengatur jadwal makan, bekal ke sekolah, menyeleksi jajanan, hingga vitamin terbaik.  Semua perlu diketahui oleh seorang ibu dan ayah.

2. Kesehatan Fisik

Seorang ibu perlu memperhatikan kesehatan fisik anggota dengan menerapkan pola hidup sehat. Membiasakan mencuci tangan, mandi, olahraga dan kebiasaan lainnya.
Ibu juga bertugas menstimulasi motorik halus, kasar, bahasa dan sosial . Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka.

Source image: Harvard Health

3 Kesehatan Mental

Menurut World Health Organization (WHO) bahwa kesehatan mental adalah kondisi sejahtera seseorang, ketika seseorang menyadari kemampuan dirinya, mampu untuk mengelola stres yang mereka miliki serta beradaptasi dengan baik, dapat bekerja secara produktif, dan berkontribusi untuk lingkungannya.

Seorang ibu maupun ayah penting mengetahui penyebab dan tanda-tanda mental keluarga bermasalah serta bagaimana menjaga mental agar tetap sehat.

4. Kesehatan Lingkungan

Tak hanya itu, seorang ibu penting lingkungan. Bagaimana seorang ibu bisa mengolah hasil sampah rumah menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan.

Menjadikan rumah bersih dari sampah, genangan air dan penyebab lingkungan tercemar. Kebiasaan ini akan mempengaruhi kesehatan anggota keluarga. Rumah bersih dan sehat idaman semua  bahkan ibu akan jadi orang paling bahagia jika melek kesehatan keluarga sejak dini.

Jadi sangat penting seorang ibu mengetahui dan menerapkan hal diatas agar keharmonisan tercapai dalam bahtera rumah tangga.

Terima kasih telah membaca artikel Erudisi. Selalu temukan jawaban dan informasi bersama kami. Share ya artikel ini agar bisa menambah manfaat lebih banyak. []

Check Also

Makanan menaikkan trombosit darah

3 Makanan Sumber Trombosit, No 1 Paling Familiar

ERUDISI.com – Makanan sumber trombosit sangat banyak sekali. Tinggal kita harus aktif mencari informasi terkait …