Inilah 4 Alasan  Stop Mendengarkan Perkataan Orang Lain

Stop mendengarkan perkataan orang lain karena setiap perkataan yang keluar dari mulut orang lain, tidak semua harus kita ambil hati. Memang terkadang kita membutuhkan kritik

Arga Fica

Inilah 4 Alasan  Stop Mendengarkan Perkataan Orang Lain ( Source Images:iStock)
Inilah 4 Alasan  Stop Mendengarkan Perkataan Orang Lain ( Source Images:iStock)

karena setiap perkataan yang keluar dari mulut orang lain, tidak semua harus kita ambil hati. Memang terkadang kita membutuhkan kritik dan saran  dari seseorang agar kita bisa mengevaluasi dan memperbaiki apa yang perlu kita perbaiki.

Namun kita harus teliti dan menampung kritik dan saran yang positif saja jangan sampai kritikan dan saran negatif dari seseorang dapat membuat kita merasa down dan terpengaruh kemudian dapat menjadikan kita terpuruk.

Perkataan dari orang lain yang tidak perlu kita dengarkan diantaranya cacian, hinaan ataupun perkataan yang tujuannya meremehkan kita. Jika kita mendengarkan dan menyimpan perkataan itu kedalam hati maka dapat menyakiti hati kita.

Jadilah diri sendiri tidak perlu menuruti karena selain dapat menyakiti hati kita. Ada beberapa alasan yang membuat kita harus stop mendengarkan perkataan orang lain.

:

1. Dapat Membuat Overthinking

Setiap perkataan orang lain yang ditujukan kepada kita terkadang dapat membuat kita menjadi overthinking. Karena kita pasti terus kepikiran dengan apa yang dia katakan, jika kita sudah terlanjur overthinking maka kita tidak bisa sepenuhnya fokus kepada tujuan kita.

Hal tersebut dapat mengganggu ketenangan dan produktivitas kita sehingga apa yang kita kerjakan akan menuai hasil yang kurang maksimal. Untuk itu tetaplah fokus terhadap tujuan yang telah kita pilih jangan jadikan perkataan orang lain sebagai penghambat kita dalam meraih tujuan kita.

2. Meragukan Kemampuan Diri

Mendengarkan masukan dan saran dari orang lain juga dapat membuat diri kita menjadi ragu mengenai keputusan ataupun langkah yang telah kita ambil maupun yang akan kita ambil.

Karena masukan dari orang lain dapat mempengaruhi kembali pola pikir kita meskipun kita sebelumnya sudah yakin dengan keputusan yang telah kita buat. Jika orang lain kurang setuju dan yakin dengan keputusan kita maka kita akan ikut menjadi ragu-ragu.

3. Stres

Tidak semua perkataan yang diucapkan orang lain kepada kita bisa kita terima dengan baik. Terkadang orang lain bisa berbicara dengan sesuka hatinya tanpa memikirkan perasaan kita, sehingga tak jarang setiap perkataan yang keluar dari mulutnya dapat membuat kita tersinggung ataupun sakit hati.

Oleh karena itu kita tidak perlu menyimpan ataupun memikirkan setiap perkataan dari orang lain yang kurang bisa menghargai kita.

4. Insecure

Melalui terkadang dapat membuat kita menjadi insecure sehingga merasa tidak percaya diri. Jika kita sampai kehilangan rasa kepercayaan diri kita maka kita akan menjadi orang yang tidak enakan dan juga orang yang mudah merasa bersalah.

Insecure juga bisa menjadi penghambat bagi diri kita sendiri karena kita tidak percaya kepada diri sendiri bahwa kita sebenarnya mampu berkembang dan melakukan sesuatu dengan baik.

Itulah beberapa alasan mengapa kita harus stop mendengarkan perkataan orang lain karena perkataan negatif dari orang lain dapat merugikan diri kita sendiri, tetap semangat dan teguh terhadap tujuan yang telah kita putuskan.

Related Post