Kesehatan mental keluarga
Source image: Harvard Health

Inilah Makanan yang Menyehatkan Jantung Kita

ERUDISI.com – Makanan yang menyehatkan jantung sangat perlu diperhatikan. Mengingat sendiri merupakan penyakit mematikan nomer 1 di dunia. Di Indonesia data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 mencatat prevalensi penyakit jantung yang tinggi sebesar 1,5 persen.

Ini artinya kesadaran masyarakat akan pentingnya mencegah penyakit jantung perlu ditingkatkan lagi. Salah satunya adalah dengan memperhatikan pola dan asupan makanan. Pola makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan risiko penyakit jantung.

Jenis Makanan Pemicu Penyakit Jantung

Banyak sekali makanan yang sering kita anggap biasa tetapi menyebabkan penyakit jantung. Berikut diantara makanan yang bisa menyebabkan penyakit-jantung ini diambil dari berbagai sumber:

Makanan yang Tinggi Lemak dan Kolesterol

Perlu kita ketahui bahwa kolesterol dan lemak berlebih bisa menghambat aliran oksigen ke jantung. Pengidap penyakit ini dianjurkan untuk mengurangi konsumsi santan, jeroan, daging merah, kulit ayam, kuning telor, makanan manis, makanan manis dan banyak lagi.

Daging Olahan

Jenis makanan ini mengandung bahan pengawet yaitu nitrit dan garam yang tinggi. Garam yang berlebih dapat menyebabkan tekanan darah yang tinggi sehingga menjadi pemicu penyakit jantung.

Makanan Cepat Saji

Meski cepat sekali penyajian, olahan jenis ini mengandung lemak jahat yang jadi pemicu penyakit jantung. Apalagi jenis ini tidak mengandung giz dan serat yang menyebabkan penyakit lainnya.

Makanan dan Minuman Manis

Sudah tidak rahasia makanan dan minuman manis mengandung gula yang tinggi yang menyebabkan obesitas. Obesitas inilah yang akan menyebabkan penyakit jantung.

Obesitas sendiri dapat mengurangi elastisitas pembuluh darah hingga mengalami penyempitan. Kondisi ini membuat orang dengan obesitas rentan terserang aterosklerosis yang bisa berujung pada penyakit jantung koroner. Subhanallah, kita tentu tidak menginginkan hal ini terjadi.

Sebelum itu semua terjadi, kita perlu menjaga asupan dan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan jantung.

Jenis Makanan yang Menyehatkan Jantung

Tapi tak perlu parno dulu, masih banyak makanan yang bisa mencegah penyakit tersebut. Rahasia kita hanya perlu seimbang dalam mengkonsumsi bebrgau makanan. Berikut diantaranya:

Sayuran Hijau

Nutrisi yang terdapat pada sayuran hijau bisa menekan resiko penyakit jantung. Diantara sayuran hijau yang bagus buat jantung kita adalah brokoli, bayam, kangkung, pakcoy, dan asparagus.

Sayuran tersebut mengandung vitamin C, vitamin E, folat, kalium, kalsium, dan serat yang sangat membantu fungsi jantung kembali normal. Bahkan bisa membersihkan lemak dalam tubuh.

Kentang

Kandungan kalium dalam kentang dipercaya dapat menekan risiko penyakit ini. Kentang bisa kita jadikan pengganti nasi lho. Tapi disarankan mengkonsumsi dengan mengukur atau rebus saja. Hindari menggoreng kentang, karena minyak goreng mengandung lemak jahat yang tidak baik untuk jantung.

Ikan Salmon

Ikan ini mengandung omega-3 yang mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan jadi makanan terbaik untuk jantung. Tetapi hindari menggoreng ikan salmon ya.

Oatmeal

Oatmeal memang makanan yang sudah terpercaya dalam menurunkan kadar kolesterol. Oatmeal mengandung serat yang bagus buat tubuh. Jadikan oatmeal sebagai pengganti nasi.

Tomat

Tomat mengandung senyawa antioksidan bernama likopen. Senyawa ini mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kesimpulan

Tentu saja salah satu penyebab penyakit itu adalah karena makanan yang tidak sehat sehingga kita perlu memperhatikan apa yang kita makan.

Termasuk makanan yang menyehatkan jantung. Jika perlu kita jangan hanya memperhatikan makanan yang masuk pada tubuh kita saja, tetapi juga keluarga kita.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.